Skip to content

Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman

July 22, 2010
tags:


وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّن بَعْدِ إِيمَانِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا وَاصْفَحُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
QS. al-Baqarah (2) : 109

Islam adalah agama yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad dan para Rasul yang datang sebelum beliau.

أَمْ كُنتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِن بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَـٰهَكَ وَإِلَـٰهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَـٰهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

Adakah kamu hadir ketika Yaqub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan beribadah kepada Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami bagi-Nya adalah muslimuun (orang-orang islam).
QS. al-Baqarah (2) : 133

Namun mengapa ada diantara Ahli kitab, yang menghalang-halangi manusia dari jalan Allah?

Tahukah anda orang Yahudi dan orang Nasrani/yang dikenal dengan panggilan orang Kristen? Allah telah menurunkan Kitab Taurat, yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, dan Allah iringkan jejak mereka dengan Isa putera Maryam, dan Allah telah memberikan Kitab Injil kepadanya.

Namun kenapa ada diantara mereka yang memandang orang-orang salah, lantaran mereka beriman kepada Allah, dan beriman kepada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya?

Tidak sedikit gangguan yang dihadapi orang-orang yang beriman di dunia ini. Seperti yang mereka lakukan kepada Bilal. Mereka menyiksanya dengan siksaan yang keras. Mereka ingin agar bilal kembali kepada kekufuran setelah dia beriman. Mereka ingin agar Bilal keluar dari ajaran Islam. Dan mereka melakukannya karena Bilal percaya kepada Allah dan kepada apa yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW.

Perhatikanlah bagaimana mereka berbuat zalim kepada orang-orang yang beriman. Didalam diri mereka ada hasud, setelah nyata bagi mereka kebenaran.

Contoh orang-orang yang berpenyakit semacam ini pun bisa kita peroleh contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti orang yang berhenti merokok kemudian dia menjumpai teman-temannya dan menasehati mereka. Kemudian ada diantara mereka yang menerima nasehatnya dan ada juga diantara mereka yang menginginkan dia kembali menghisapnya.

Atau seperti para pemabuk. mereka tidak senang kepada temannya yang telah menghindari perbuatan tersebut, setelah jelas bagi mereka bahwa minum minuman yang memabukan itu adalah dari perbuatan syaithan. Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka lantaran meminum khamar, dan menghalangi mereka dari mengingati Allah dan shalat.

perhatikanlah ayat berikut:

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا ۚ وَإِن تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَ‌ٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.
QS. Ali Imran (3) : 186

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau memberi petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi.
QS. Ali Imran (3) : 8

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
QS. Ali Imran (3) : 9

One Comment leave one →
  1. July 30, 2016 3:59 am

    Masing-masing agama mempunyai misi dakwah…
    Kalau orang Kristen jelas berdakwah bahwa Yesus adalah Tuhan dan Jurus-Selamat
    Kalau muslim ogah percaya ya gak masalah, tidak ada paksaan untuk percaya

    Jadi QS. al-Baqarah (2) : 109 itu adalah tuduhan buta terhadap Kristen, sebab Kristen tidak pernah mendengki kepada ajaran islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: