Skip to content

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti Milah mereka

July 23, 2010
tags:


وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
QS. al-Baqarah (2) : 120

Sering sekali orang-orang Yahudi dan Nasrani, mengadakan gangguan yang menyakitkan hati. Seperti menghina Rasul mereka dan mengadakan upaya dengan mulut-mulut mereka untuk memadamkan cahaya Allah. Mereka tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti milah mereka.

Segala puji bagi Allah. Telah datang kepada kita petunjuk yang benar. Banyak sekali ajaran-ajaran yang keliru, yang ditulis oleh tangan-tangan mereka. Maka janganlah kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu.

Perhatikanlah kisah nabi Syuaib. Allah mengutus beliau kepada kaum Madyan dengan membawa bukti yang nyata. Namun pemuka-pemuka dari kaum Syuaib yang menyombongkan diri malah berniat akan mengusir beliau dan orang-orang beriman yang bersamanya dari kota mereka, atau mereka mengembalikan Nabi Syuaib kembali kepada milah mereka. Tidakkah mereka memperhatikan orang-orang yang dibinasakan sebelum mereka?

Tatkala Syuaib berkata:

وَيَا قَوْمِ لَا يَجْرِمَنَّكُمْ شِقَاقِي أَن يُصِيبَكُم مِّثْلُ مَا أَصَابَ قَوْمَ نُوحٍ أَوْ قَوْمَ هُودٍ أَوْ قَوْمَ صَالِحٍ ۚ وَمَا قَوْمُ لُوطٍ مِّنكُم بِبَعِيدٍ

Wahai kaumku, janganlah hendaknya pertentangan antara aku (dengan kamu) menyebabkan kamu menjadi jahat hingga kamu ditimpa azab seperti yang menimpa kaum Nuh atau kaum Hud atau kaum Shaleh, sedang kaum Luth tidak jauh dari kamu.
QS. Hud (11) : 89

Namun, seperti kepada nabi Muhammad, Allah pun Memberikan pertolongan kepada Rasul-rasul yang datang sebelum beliau. Allah menyelamatkan Nabi Nuh dan orang-orang yang bersamanya di dalam bahtera, setelah kaumnya mendustakannya. Allah menyelamatkan Nabi Hud beserta orang-orang yang bersamanya dengan rahmat yang besar dari-Nya. Begitu pula kepada nabi Shaleh, dan nabi Luth.

وَإِلَىٰ مَدْيَنَ أَخَاهُمْ شُعَيْبًا ۗ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَـٰهٍ غَيْرُهُ ۖ قَدْ جَاءَتْكُم بَيِّنَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ فَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا ۚ ذَ‌ٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Dan kepada penduduk Mad-yan saudara mereka Syuaib. Ia berkata: ” Wahai kaumku, beribadahlah kepada Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Maka sempurnakanlah takaran dan timbangan dan janganlah kamu kurangkan bagi manusia barang-barang takaran dan timbangannya, dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman “.
QS. al-A’raf (7) : 85

وَلَا تَقْعُدُوا بِكُلِّ صِرَاطٍ تُوعِدُونَ وَتَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِهِ وَتَبْغُونَهَا عِوَجًا ۚ وَاذْكُرُوا إِذْ كُنتُمْ قَلِيلًا فَكَثَّرَكُمْ ۖ وَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُفْسِدِينَ

Dan janganlah kamu duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti dan menghalang-halangi orang yang beriman dari jalan Allah, dan menginginkan agar jalan Allah itu menjadi bengkok. Dan ingatlah di waktu dahulunya kamu (berjumlah) sedikit, lalu Allah memperbanyak (jumlah) kamu. Dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan.
QS. al-A’raf (7) : 86

وَإِن كَانَ طَائِفَةٌ مِّنكُمْ آمَنُوا بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ وَطَائِفَةٌ لَّمْ يُؤْمِنُوا فَاصْبِرُوا حَتَّىٰ يَحْكُمَ اللَّهُ بَيْنَنَا ۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحَاكِمِينَ

Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya..
QS. al-A’raf (7) : 87

قَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا مِن قَوْمِهِ لَنُخْرِجَنَّكَ يَا شُعَيْبُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَكَ مِن قَرْيَتِنَا أَوْ لَتَعُودُنَّ فِي مِلَّتِنَا ۚ قَالَ أَوَلَوْ كُنَّا كَارِهِينَ

Pemuka-pemuka dari kaum Syuaib yang menyombongkan diri berkata:” Sesungguhnya kami akan mengusir kamu hai Syuaib dan orang-orang yang beriman bersamamu dari kota kami, atau kamu kembali kepada milah (agama) kami “. Berkata Syuaib: “Dan apakah kendatipun kami tidak menyukainya? ”
QS. al-A’raf (7) : 88

قَدِ افْتَرَيْنَا عَلَى اللَّهِ كَذِبًا إِنْ عُدْنَا فِي مِلَّتِكُم بَعْدَ إِذْ نَجَّانَا اللَّهُ مِنْهَا ۚ وَمَا يَكُونُ لَنَا أَن نَّعُودَ فِيهَا إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّنَا ۚ وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا ۚ عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا ۚ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

Sungguh kami mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agamamu, sesudah Allah melepaskan kami daripadanya. Dan tidaklah patut kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah, Tuhan kami menghendaki (nya). Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.
QS. al-A’raf (7) : 89

وَقَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ كَفَرُوا مِن قَوْمِهِ لَئِنِ اتَّبَعْتُمْ شُعَيْبًا إِنَّكُمْ إِذًا لَّخَاسِرُونَ

Dan pemuka-pemuka kaum Syuaib yang kafir berkata: “Sesungguhnya jika kamu mengikuti Syuaib, tentu kamu jika berbuat demikian (menjadi) orang-orang yang merugi “.
QS. al-A’raf (7) : 90

فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka.
QS. al-A’raf (7) : 91

الَّذِينَ كَذَّبُوا شُعَيْبًا كَأَن لَّمْ يَغْنَوْا فِيهَا ۚ الَّذِينَ كَذَّبُوا شُعَيْبًا كَانُوا هُمُ الْخَاسِرِينَ

Orang-orang yang mendustakan Syuaib seolah-olah mereka belum pernah berdiam di kota itu; orang-orang yang mendustakan Syuaib mereka itulah orang-orang yang merugi.
QS. al-A’raf (7) : 92

فَتَوَلَّىٰ عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ ۖ فَكَيْفَ آسَىٰ عَلَىٰ قَوْمٍ كَافِرِينَ

Maka Syuaib meninggalkan mereka seraya berkata:” Wahai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku telah memberi nasehat kepadamu. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir? ”
QS. al-A’raf (7) : 93

Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman. kita harus bertawakkal kepada Allah dan berdo’a.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.

Amin


125 Comments leave one →
  1. September 16, 2012 3:29 am

    ayat al baqoroh ayat 120 ini menunjukan keadaan pada waktu nabi Mummad SAW masih hidup, karena yahudi dan nasrani pada waktu itu memang membenci kaum muslim, namun ayat ini tidak lah bersifat kekal/selamanya atau seluruhnya, karena pada jaman sekarang kalau ada orang bersifat seperti itu hanyalah segelintir orang, karena pada zaman sekarang orang sudah tidak mau pusing dengan urusan orang lain, seperti ayat yang menjelaskan watak kaum quraisy hanya menjelaskan keadaan pada jaman nabi masih hidup , karena jaman sekarang kaum qurais sudah tidak ada lagi , pada nabi masih hidup, pamannya abu thalib yang beragama nasrani justru mendukung dan melindungi nabi, berarti ayat tersebut tidak ditujukan untuk semua orang tapi hanya untuk kaum yang memusuhi nabi. Ayat ini sering diterjemahkan secara sempit oleh kaum muslim sehingga mereka mudah membenci orang yang beragama lain tanpa sebab yang jelas karena salah menafsirkan ayat ini, tentu akan menciptakan citra yang buruk terhadap kaum muslim sendiri karena orang muslim mudah membenci dan memusuhi kaum lain tanpa sebab yang jelas hanya karena kurang mendalami ayat ini, karena citra agama apapun sangat dipengaruhi oleh akhlaq dan watak kaumnya, kalau kaumnya mudah membenci tanpa sebab temtu citra agama juga kurang baik

    • asmaraningtyas permalink
      July 17, 2013 7:21 am

      woowww..perlukah alquran kita edit? cobalah yg paling ringan baca komenta komentar di forum forum terbuka seperti yahoo dll di internet. ente akan merakan betapa kebencian itu masih ada. cobalah pelajari lagi semua ajaran liberalisme, pandangagn mereka ttg hak asasi, feminimism, toleransi ala mereka, kebebasan yang mereka tuntut dan bman kata mereka kalau muslim tidak ikut arus yang mereka buat…semu kental dgn usaha untuk memberangus islam dan agar ilsma ikut dg pandangan hidup mereka….jongan sok pintar…ente pikir Allah berpandangan sempit dlam berfirman? bertobatlah..

      • Abbas permalink
        August 19, 2014 6:32 pm

        Setuju mbak!
        Walaupun orang-orang itu sudah berbuat baik (bahkan kalau dilihat sekilas, mngkin lbih baik dari kita), misal:
        -Dermawan
        -Hidup rukun dgn kita, tak pernah ada masalah
        -Diberi kekuasaan, mereka profesional (kerjaannya bagus) (Ahok, mungkin?)
        -dan lain2, yg sepertinya mereka sama sekali tidak mempedulikan apapun agama kita.

        Tapi ada satu hal yg tidak ada dalam diri mereka: Iman.
        Sungguh, jauh didalam hari mereka, akibat ajaran agama mereka, mereka masih menyimpan ketidaksukaan pada kita.

        Setuju dengan mbak asmaraningtyas, mereka yg diberi kekuasaan membuat kebijakan atau pendapat2 yg sebenarnya mengarah pada agama mereka. Memang tidak terlihat secara jelas, apalagi bagi orang yg imannya masih kurang. Tapi usah2 mereka itu pasti ada, Allah Maha Mengetahui.

        Buat Anda yg merasa tersinggung, mohon maaf, kami muslim berkata begini karena peringatan Tuhan kami. Lagipula, Anda tahu persis apa isi hati Anda. Kalau memang Anda sama sekali tidak benci pada kami, masih ada bibit benci yg siap tumbuh itu dalam hati Anda. Itu karena Anda tetap berpegang pada agama Anda.
        Sudahlah, “untukmu agamamu, untukku agamaku”. Tapi Anda harus tau kenapa kami selalu berpikir atau berburuk sangka begini. Tuhan kami yang memperingatkannya.

        Buat kita yg muslim, janganlah habis membaca ini kita langsung nujuk muka mereka dan bilang: “Oi, kafir!” Gk gitu jg kali! Cukup waspada dan simpan aja didalam hati.

        Menurut saya (koreksi kalau salah), Islam memang melarang berburuk sangka, kecuali terhadap orang kafir. Itupun pada hal2 tertentu.

        Allah Maha Mengetahui isi hati hambanya yg beriman maupun yg tidak.
        Maha Benar Allah dalam Segala Firman-Nya, sehingga tidak perlulah kita edit lagi firman-Nya itu.

      • gamalizyur bin phedakshya azurkivdo'od permalink
        August 31, 2014 5:28 am

        >>Agama Kristen diteliti oleh seluruh dunia , dapat dilihat secara jelas dan terbuka mulai dari latar belakangnya, kemurnian tokoh-tokohnya, IMANnya, perjuangannya, mukjizatnya, psikoanalisis pada tokohnya, kesaksian dari para keluarga mereka yang hidup hingga sekarang, rentetan jaman yang terukur , terbilang dalam sejarah, bahkan dalam segi tertentu tersimpan awal mula berdirinya agama islam dan latar belakang gerakan islam yang tercatat pada masyarakat timur tengah.
        >>Mengenai ayat di atas ‘orang yahudi dan nasrani tidak akan senang sebelum kamu mengikuti kemauan….. jika dilihat dari pendapat yahudi dan kristiani : bukan kehendak yang menjadi pangkal permasalahan, >> tetapi sejarah dan kenyataan isi kitab suci yahudi-kristen dituduh palsu…. tidak pernah dipalsukan.
        >>ingat banyak cara dari islam untuk meyakinkan kepalsuan kitab yang tidak berhasil.
        contoh : kata munhamana, dalam teks araami, yang langsung dianggap muhammad adalah contoh penyesatan dan fitnah kepada alkitab. munhamana sendiri artinya (Roh)penghiburan yaITU ROH Yesus atau Tuhan/ Allah sendiri.
        >>Jadi, untuk agama islampun perlu dipelajari segala unsurnya mulai dari sisi tokoh-tokohnya, sampai pada isi dan keakuratan sejarah pada kitabnya.
        Jika agama yahudi dan kristen selalu dipandang mau sebagai agama yang asli, yang tidak pernah jadi palsu , yang merupakan pengalaman manusia bersama Tuhan yang telah dicatat dan diresapi secara turun temurun.
        Satu yang jelas bagi seluruh dunia tentang islam saat ini. Islam bukan tentang iman atau agama tetapi sebuah kekuasaan yang dibungkus seperti agama.
        Yang dikehendaki oleh orang kristiani dn yahudi adalah yang terbaik, Yang berasal dari Allah sendirilah yang adanya, Jadi PANTASLAH ika ada yang mengatakan kitab yahudi dan kristen palsu, orang kristen dan yahudi pantas memberi jawaban: KITAB SUCI YAHUDI DAN KRISTIANI TIDAK PERNAH DIPALSUKAN, KEBENARAN INTI IMAN KRISTIANI BISA DIBUKTIKAN DENGAN CARA APAPUN SECARA SASTRA, SEJARAH, JASMANI MAUPUN ROHANI ,DAN SECARA GAIB MAUPUN SPIRITUAL.

    • fachrozi permalink
      August 8, 2016 7:44 am

      vm2insert PERMALINK
      September 16, 2012 3:29 am
      ayat al baqoroh ayat 120 ini menunjukan keadaan pada waktu nabi Mummad SAW masih hidup, <===== anda salah besar..anda dapat ilham dari mana ..ayat ini tdk kekal sampai akhir jaman..kata siapa yahudi dan nasrani tdk memusuhi Islam..anda mesti perbanyak wawasan baru ikut komentar…..akan ada perang akhir jaman…dimana kaum yahudi menunggu al masih mereka (Dajjal)…. dlam rang perang akhir jaman inilah..permusuhan itu tetap ada dan lestari..kalau anda muslim..hati2;ah berkomentar mengenai al Qur`an..

      • Meureun Kitanyaho permalink
        August 9, 2016 1:22 am

        F: ..kata siapa yahudi dan nasrani
        tdk memusuhi Islam..

        MK: Kata Yesus:
        Kasihilah musuhmu dan berdoalah
        bagi mereka yg menganiaya kamu.

        Yg tak mau kuat itu berarti
        Urg itu bukan pengikut Kristus.

        Salam Damai!

    • ihsan permalink
      December 2, 2016 8:32 am

      terus ini apa ? jaman mana https://www.facebook.com/ssparulian.ian?fref=ufi

  2. September 17, 2012 4:28 am

    Seseorang memberi komentar kepada masternya yang masih se-agama, “bahwa menurut kitab suci kita mengatakan agama itu dan ini tidaklah rela sebelum orang – orang dari agama kita berpindah ke agama mereka”.

    Sang master dengan tenang menjawab. “Apakah kamu tidak memperhatikan, orang – orang dari agama kita pun sama agar semua manusia harus se-agama dengan kita. Kita pun tidak ikhlas sebelum orang yang beragama lain pindah ke agama kita.”

    • September 18, 2012 3:07 am

      vm2insert, kalo saya pribadi tentu mau mengikuti ajaran yang benar, dan setelah mengetahui kebenarannya, saya ingin memberitahu yang lain.
      begitu pula dengan orang yang mengajarkan ajaran agama selain islam. mereka ingin agar orang yang beriman kembali kufur seperti mereka.

      • gamalizyur bin phedakshya azurkivdo'od permalink
        August 31, 2014 6:05 am

        “Janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” (Mat 10:28) adalah salah satu pernyataan Yesus yang menjiwai kehidupan Joseph dan dia mengucapkannya saat berhadapan dengan ancaman pembunuhan.

        Buku Le Prix à Payer telah diterjemahkan dari bahasa Prancis ke bahasa Inggris dan diterbitkan oleh Ignatius Press dengan judul The Price to Pay: A Muslim Risks All to Follow Christ.

        nama asli orang dalam buku ini muhamad musawi of irak

    • asmaraningtyas permalink
      July 17, 2013 7:26 am

      muslim senang kalau ada yg dapat hidayah dan masuk islam tapi tidak membenci orang yg bergama lain, krn dalam pandangan muslim orang yg bergama lain itu bakal masuk neraka jd kita tidak benci tapi kasihan….umat lain sya lihat sangat membenci muslim dan mereka melancarkan anyak jurus dan fitnah untuk hancurkan islam, disetiap kasus ham yg melbatkan mereka coba selidiki sceramamedalam pada orang orang terdekat dan bukan dr berita yg diwartakan media. ente akan tahu betapa jahatnya mereka…

    • Khrl permalink
      August 25, 2013 5:52 pm

      Si vm2insert yth, anda muslim / tdk? Baru sekali sy baca komen anda, sy langsung mengambil hipotesis bahwa anda bukan muslim. Is it?
      Kalo anda benar muslim, sedari TPA anda pasti diajari ustad anda bahwa pada ayat albaqarah diatas sudah jelas tidak merujuk kepada kepercayaan dimana Yahudi dan Nasrani namun ada pengartian khusus di dalamnya. Yahudi di maksdkan yang kasar dan sering berbuat kerusakan dan Nasrani di maksdkan kepada yg saling mengasihi satusamalain.
      Dan firman Allah swt tdk pernah ingkar, kt liat kasus2 pemurtadan sekarang. Banyak pihak2 yang mencoba merusak islam dunia dengan cara di hancurkan (mesir, syria, palestin dll) dan pemurtadan yg lain yg dilakukan dgn seolah2 kasihsayang misalnya melakukan pengobatan gratis, pemberian sembako, atau apalah kepada umat muslim yang imannya mereka lemah krn berada pada garis kemiskinan.
      Saya harap sebagai islam yg baik, jagalah islam agar tetap di hati. Assalamu alaikum!

    • Abbas permalink
      August 19, 2014 6:41 pm

      Tapi Allah juga berfirman: “Untukmulah agamamu dan untukmulah agamaku” Kita memang berharap mereka jga beriman seperti kita, tapi kita tidak ngotot untuk itu. Berharapnya biasa2 saja. Lagipula, tidak semua manusia bisa beriman, Allah berfirman (kira-kira begini): “Dan telah Kami tetapkan diantara mereka orang-orang yang tidak akan beriman” Menurut saya itu artinya: Ada manusia yg memang Allah ciptakan dia untuk tidak beriman selama-lamanya. Sungguh Allah Maha Berkehendak, lagi Maha Mengetahui.

  3. September 17, 2012 4:30 am

    وَ لَنْ تَرْضَى عَنكَ الْيَهُوْدُ وَلاَ النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللهِ هُوَ الْهُدَى وَ لَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِيْ جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلاَ نَصِيْر
    (120) Dan sekali-kali tidaklah ridha terhadap engkau orang-orang Yahudi dan Nasrani itu, sehingga engkau mengikut agama mereka. Katakanlah : Sesungguhnya petunjuk Allah, itulah dia yang petunjuk. Dan sesungguhnya jika engkau turuti kemauan-kemauan mereka itu, sesudah datang kepada engkau pengetahuan, tidaklah ada bagi engkau selain Allah akan pelindung dan tidak pula akan penolong.

    Surat al baqarah ayat 120 menjelaskan keadaan ketika nabi Mummad S.A.w masih hidup, pada waktu itu baginda nabi Muhammad S.A.W sedang getir menghadapi orang – orang yang membencinya, beliau berusaha menasehati orang – orang yang memusuhinya namun tidak berhasil, maka turunlah ayat ini yang menjelaskan watak dan karakter dari orang – orang yang memusuhinya itu.
    Tetapi ayat itu bukanlah ditujukan kepada semua orang yang berbeda keyakinan dengan nabi Muhammad S.AW, tapi maksudnya ditujukan kepada orang – orang yang memusuhi nabi saja, karena faktanya pamanya sendiri Abu Thalib yang beragama nasrani justru membela dan melindungi nabi Muhammad, Abu Thalib juga mendukung apa yang dilakukan oleh nabi Muhammad.
    Sementara pada jaman sekarang apabila ada orang yang memiliki watak seperti yang dijelaskan dalam surat al baqarah ayat 120 hanyalah sebagian kecil saja, karena masyarakat pada jaman sekarang sifat teloransinya sudah lebih tinggi, apalagi banyak kelompok orang yang tidak mau “pusing” dengan urusan kepercayaan orang lain, yang penting tidak saling mengganggu, bagimu agamu bagiku agamaku, bagimu pendapatmu bagiku pendapatku.
    Surat al baqoroh ayat 120 ini memang sering ditafsirkan secara sempit oleh sebagian kaum muslim, sehingga beberapa orang muslim mudah membenci dan mudah berprasangka buruk kepada orang yang beragama lain setelah membaca ayat ini, padahal secara fakta yang dibencinya kadang tidak pernah melakukan kesalahan ataupun kejahatan kepada yang membencinya, seolah-olah ayat ini menjadi provokator untuk menimbulkan rasa benci di hati kaum muslimin terhadap agama lain jika penafsirannya kurang tepat.
    Perhatikan pula ayat sebelumnya, yaitu al baqarah ayat 119 :
    إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَ نَذِيْرًا وَلاَ تُسْأَلُ عَنْ أَصْحَابِ الْجَحِيْم
    (119) Sesungguhnya telah Kami utus engkau dengan kebenaran, pembawa berita gembira dan peringatan ancaman. Dan tidaklah engkau akan ditanya dari hal ahli-ahli neraka.
    Dari ayat 119 ini jelaslah bahwa firman Allah ini ditujukan secara pribadi kepada nabi Muhammad S.A.W , selanjutnya diteruskan lagi dalam ayat berikutnya yang masih berhubungan, jadi ayat 120 dari surat al baqarah menunjukan keadaan ketika ayat ini turun, dan keadaan serta watak suatu kaum bisa berbeda setiap zamannya, termasuk watak kaum yang ada di tempat lain.
    Jika sebagian kaum muslim yang salah menafsirkan ayat ini mudah membenci atau mudah berprasangka buruk kepada orang yang berkepercayaan lain, tentunya akan mempengaruhi i image dan citra agama islam sendiri di dunia internasional, seolah-olah agamanyalah yang mengajarkan kebencian kepada kaumnya. Padahal agama seharusnya dapat membersihkan jiwa manusia dari sifat – sifat “kotor” seperti kebencian, iri, serakah, fitnah, mementingkan hawa nafsu, insting suka membunuh seperti binatang buas, dan berbagai sifat “kotor lainnya, agar jiwa kita menjadi bersih ketika menghadap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bila sudah waktunya nanti.

    http://kongaji.tripod.com/myfile/al-baqoroh_ayat_119-123.htm

    • November 21, 2012 4:28 pm

      lah kalau memang Ayat Al Baqarah :120 cuma untuk di jaman Nabi Muhammad berarti Al Qur’an bukan kitab sampai akhir zaman dong.

      Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani.
      [1] Alif, Laam, Miim.
      [2] Kitab Al-Quran ini, tidak ada sebarang syak padanya (tentang datangnya dari Allah dan tentang sempurnanya); ia pula menjadi petunjuk bagi orang-orang yang (hendak) bertakwa;
      [3] Iaitu orang-orang yang beriman kepada perkara-perkara yang ghaib dan mendirikan (mengerjakan) sembahyang serta membelanjakan (mendermakan) sebahagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
      [4] Dan juga orang-orang yang beriman kepada Kitab “Al-Quran” yang diturunkan kepadamu (Wahai Muhammad) dan Kitab-kitab yang diturunkan dahulu daripadamu, serta mereka yakin akan (adanya) hari akhirat (dengan sepenuhnya).
      [5] Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah orang-orang yang berjaya.

      Sekadar tazkirah :

      1. Al-Quran mukjizat terbesar yang diturunkan tuhan untuk manusia.
      2. Salah satu rukun iman ialah setiap orang islam wajib percaya kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi iaitu Taurat kepada Nabi Musa a.s, Injil kepada Nabi Isa a.s, Zabur kepada Nabi Daud dan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.
      3. Penurunan kitab atau wahyu menunjukkan sifat Rahman (Pemurah) dan Rahim (Pengasihani) kepada manusia.
      4. Tujuan Allah menurunkan kitab-kitab melalui nabi dan rasul-Nya adalah sebagai petunjuk kepada manusia dalam menjalani kehidupan didunia ini serta memberitahu tentang hari kebangkitan selepas mati.
      5. Wahyu diturunkan untuk memberi khabar gembira dan peringatan kepada manusia.
      6. Khabar gembira bagi orang yang percaya dengan apa yang diturunkan oleh Allah iaitu orang-orang yang beriman dan beramal soleh yang meraka akan mendapat balasan syurga.
      7. Peringatan kepada orang yang ingkar, tidak mahu percaya (kafir) dengan apa yang diturunkan oleh Allah serta orang yang melakukan kerosakan di muka bumi yang mereka akan mendapat azab neraka.
      8. Turunnya kitab-kitab menjelaskan kembali tugas serta tanggungjawab yang patut ditunaikan oleh manusia sebagai khalifah di bumi.
      9. Manusia telah diberi tanggungjawab oleh Allah sebagai pencipta dan manusia tidak dapat memilih untuk mengelak dari menerima tanggungjawab tersebut.
      10. Penurunan kitab adalah sunnah sejak dahulu lagi, tuhan yang mencipta manusia dan tuhanlah juga memberi petunjuk kepada manusia.
      11. Al-Quran menyatakan kitab-kitab yang pernah diturunkan kepada Nabi-nabi sebelum nabi Muhammad adalah benar, yang datang dari Allah walaubagaimanapun telah diubah oleh orang-orang yang derhaka sehingga hilang keasliannya sebagai kitab Allah.
      12. Allah telah menyempurna agama-Nya melalui Al-Quran sebagai petunjuk dan sunnah yang patut diikuti oleh manusia untuk kesejahteraan manusia.
      13. Semua nabi-nabi membawa seruan agama yang sama sejak dari zaman Nabi Adam a.s sehingga Nabi terakhir junjungan besar Nabi Muhammad SAW iaitu TIADA TUHAN SELAIN ALLAH YANG ESA (Satu) dan TIADA SUATU PUN YANG BERSEKUTU DENGANNYA.
      14. Seruan yang sama telah bergema sejak azali dan terus berkekalan hingga ke hari kiamat.
      15. Perkara yang berbeza antara nabi-nabi adalah syari’at. Syari’at berbeza kerana Allah sebagai pencipta Maha Mengetahui ajaran terbaik untuk sesuatu ummat.
      15. Tiada yang berbeza antara orang-orang Yahudi, Kristian dan Islam selain dari mengikut wahyu terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan dan penerus kesinambungan agama Allah di muka bumi ini.
      16. Sekiranya masih ragu-ragu, CARILAH KEBENARAN ITU, Allah pasti akan memberi petunjuk kepada mereka yang mahukan kebenaran.
      17. Pintu rahmat tuhan sentiasa terbuka, pohonlah rahmat itu selama hayat dikandung badan dan sebelum nafas terhenti.
      18. Tiada pilihan lain, HANYALAH JALAN ITU, TIADA YANG LAIN…..

    • andy permalink
      December 1, 2015 1:28 am

      saya ini pernah tinggal dibeberapa negara kafir, kelakuan orang-orang kafir terhadap kaum muslim minoritas benar-benar menyakitkan, kita diintimidasi, dicemoh, diteror, dicaci dan lain-lain, sungguh apa yang disampaikan oelh Al-Qur’an itu benart kalau orang kafir tidak akan senang sebelum mengikuti agama mereka, ngk usah jauh dalam mengambil contoh karena itu terjadi di negara kita seperti kasus ambon ketika ornag nasrani yang mayoritas maka akan tdapat terjadi seperti itu, kalau Indonesia pada umumnya yang mayoritas muslim, orang nasrani dapat hidup tenang karena tolransi dari umat muslim, coaba kalau sebaliknya, maka pasti orang muslim tidak akan tenang mereka terus di teror, diintimidasi, dicaci, dicemoh dll.

      • December 3, 2015 3:29 am

        Tapi herannya,
        Jutaan pengungsi Surya justru hijrah ke Eropah. Seyogianya hijrah itu ke negara2 teluk yg alim dan kaya raya, atau ke negara2 muslim lainnya yg tidak ada perang saudara. Apa yg ke Eropa ini adalah paradok hijrah?
        Walahualam!

        Salam Damai!

  4. muzammil.aceh permalink
    November 26, 2012 4:29 am

    buktikan agama mana yang benar…..? ( seungguhnya agama yang benar adalah ISLAM)

  5. renno permalink
    November 28, 2012 9:38 am

    izin share …….

  6. Yuki permalink
    July 29, 2013 11:08 pm

    QS. al-Baqarah (2) : 120 memang ayat terkonyol yg digunakan untuk memfitnah kaum lain,.
    mereka lupa bagaimana merka menyebut ‘subhanallah’ berulang2 ketika ada alien yg jadi mualaf,.ayat yg paling tidak toleran dan sangat duniawi sekali,.ibarat virus di seberang laut tampak tapi pantat gajah di pelupuk mata tidak tampak,menjijikan..

    • Khrl permalink
      August 25, 2013 5:58 pm

      Sy harap umat islam lain tidak perlu show off, nasrani memang kebanyakan mau merusak islam dengan bagaimana mereka bertutur lembut penuh kasih sayang sampai akhirnya mereka memurtadkan kita. Begitu pula yahudi. Sebaliknya. Sama dengan Yuki ini, entah khidupan setelah ini Yuki jadi apa di alam sana. Di alam Sorga yg di janjikan Tuhannya. Wassalam

      • Yuki permalink
        September 1, 2013 10:45 pm

        bener kan? jadi toleransi beragama yg digaung2kan muslim sesungguhnya adalah semu karena dilandasi kecurigaan,dan msh bnyk ajarn lain baik di alq atw haditz yg memusuhi agama lain.org muslim awam yg ga tau apa2 atau yg tlalu moderat mungkin bisa bilang muslim toleran,.mash untung ada pancasila jd msh ‘terlindungi’, tp ntah sampai kpn pancasila ini bertahan,wallahualam,.

      • September 7, 2013 6:42 am

        Dari pada menandingin tuhan cap yesus vs allah cap arab bikin pusing, mending bahas nyawa kita. Naon eta? Setiap yg bernyawa pasti mati, katanya. Apakah nyawa itu bisa mati juga? Di sini ada diskusi sama Fanya, sambung-menyambung nyawa. Cing!
        http://tertiga.wordpress.com/tertiga-guide-tubuh-jiwa-roh/#comment-2379

        Salam Damai!

  7. August 22, 2013 7:18 am

    Reblogged this on Dey Faith Fully and commented:
    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti Milah mereka

  8. September 10, 2013 1:03 pm

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani
    tidak akan senang kepadamu
    hingga kamu mengikuti Milah mereka

    Apa ada Muslim dan Kristen masuk Yahudi?
    Aku belum pernah tau adanya, sebaliknya.

    Yahudi dan Islam banyak masuk Kristen
    Juga yg Kristen masuk masuk Islam.
    Tapi Yahudi masuk Islam tidak.

    Yahudi terpaksa terus berperang,
    Keknya ini diakibatkan dosa Daud.
    Dan ini Firman Tuhan kpd Raja Daud:
    “… pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.”

    Apa saja kemungkinan mereka terus berperang?
    Karena mereka hanya ingat pd Firman (Mat.5:43b)
    Walau sunggu tau apa inti dari Taurat (Luk.10:25-37)

    Dari Lukas itu, ahli Taurat tak sudi berkata:
    “Org Samaria lah yg telah berbelaskasih itu”, (Luk.10:37)
    Karena org Samaria dianggap bukan manusia bagi Yhudi.

    Bagi Yahudi,
    Sesama manusia hanya yg sebangsa saja,
    Di luar bangsanya direken bukan manusia.

    http://hbis.wordpress.com/2009/01/28/tulisan-gembong-jaringan-isalam-liberaljil-yang-menghebohkandari-luthfie-asyaukanie-untuk-israel/#comment-8148

    Bangsa Yahudi udah nggak bisa diharapkan, keknya.
    Sebab itu mungkin, ditetapkan 144.000 saja yg selamat.
    Selebihnya diberikan kpd suatu bangsa yg berpanjikan Yesus.

    Dari Mateus itu, (… bencilah musuhmu):
    Yang tadinya mata ganti mata dan gigi ganti gigi,
    Di-down grade jadi satu mata ganti tujuh mata,
    Dan satu gigi pun hrs dgn diganti tujuh gigi,
    Maka dah lebih caok dari pada carok, kan?
    Dgn kata lain, Yahudi kini telah menjadi:
    “Revenge Specialist” saja.

    Salam Damai.

    • September 14, 2013 9:49 am

      Apa saja kemungkinannya mereka itu jadi “Revenge Specialist”?
      Kemungkinan utamanya adalah soal tanah, Tanah Perjanjian.
      Tanah itu menyatukan mereka, itu juga yg memberaikannya.

      Kita tau perjalan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir.
      Kononnya dari Mesir itu hrs ke Tanah Penjanjian,
      Yg mana tanahnya?

      Kej.28:13: Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman:
      “Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak;
      tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu
      dan kepada keturunanmu.

      +++

      TEMPO Interaktif, Roma – Uskup Agung Umat Katolik menyatakan Israel bukan Tanah Perjanjian. Demikian kesimpulan konferensi Uskup Agung yang berlangsung di Tahta Suci Vatikan.

      “Israel tidak bisa menggunakan alasan Tanah Perjanjian untuk mengklaim teritori Palestina,” ujar Cyril Salim Bustros, Uskup Gereja Melkite Yunani, seperti dikutip CNN, Senin (25/10).

      Pascaperang Dunia II, kaum Yahudi berkumpul di tepi barat Laut Tengah, dan mengklaim wilayah itu sebagai Tanah yang Dijanjikan Tuhan dalam kitab suci mereka, Taurat.

      Wilayah itu merupakan tempat leluhur Yahudi, yang dipimpin Nabi Musa, tinggal setelah lari dari kejaran Firaun dan menyeberang Laut Merah. Kaum Yahudi, yang menganggap diri sebagai Umat Terpilih, tidak memandang 1,5 juta bangsa Palestina yang sudah berada di sana sebelumnya.

      Bustros mengatakan tidak dapat menerima penggunaan “Perintah Tuhan” untuk melakukan ketidakadilan. Menurutnya, Umat Kristiani tidak lagi memandang Tanah Perjanjian bagi kaum Yahudi. “Karena ‘Perjanjian’ sudah terhapus dengan hadirnya Kristus,” ujarnya.

      Para Uskup Agung menyatakan “Kerajaan Tuhan” meliputi seluruh dunia. “Tidak ada ‘Umat Terpilih’, semua laki-laki dan perempuan di setiap negara adalah ‘Orang-orang Terpilih’,” kata Bustros.

      Konferensi dua pekan ini berlangsung atas permintaan dunia internasional, terutama Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk membahas pendudukan Israel di Tanah Palestina. Synoda atau konferensi ini berakhir setelah sidang terakhir yang dipimpin langsung Paus Benedictus XVI, Sabtu lalu.

      Pernyataan itu mengundang kemarahan Israel. “Konferensi itu dibajak gerakan anti-Israel,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Danny Ayalon. “Ini adalah serangan politik, bagian dari Proganda Arab.”

      Ayalon menuding pernyataan Bustros sebagai fitnah. Dia menegaskan komentar itu bukan pernyataan resmi Vatikan.

    • September 19, 2013 8:04 pm

      Jadi, orang-orang Yahudi tidak mengharapkan kita mengikuti milah mereka, karena agama mereka berkait erat dgn adat dan budaya mereka. Pun tidak ada himbauan “Marilah …!” dari agama atau adat budaya mereka. Dan sesungguhnya kita pun tak sudi masuk mengikuti milah mereka itu.

      Kalau pernyataanku benar,
      Maka judul poster ini keliru,.
      Atau ada salah sebelumnya.

      Salam Damai!

    • andy permalink
      December 1, 2015 1:31 am

      kurangh informasi lo, orang yahudi banyak yang masuk Islam koq hampir setiap hari di asia, eropa dan amerika, termasuk di palestina

      • December 3, 2015 3:41 am

        Demi bisnis,
        Apa pun dilakukan,
        Asalkan menguntungkan.
        Coba cek informasi-nya, Sob!

        Salam Damai!

  9. September 25, 2013 9:12 am

    ana bkn ahli agama..
    mengenai surat albaqarah : 120
    sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yg tidak kamu (manusia) ketahui (seperti isi hati manusia, pikiran manusia bahkan masa yg akan datang) allah maha mengetahui baik yg ghaib maupun tidak..
    lalu kenapa ada tentang perdebatan arti ayat tersebut? kembalikanlah semuanya kpd allah (wallahu alam) ambil makna yg baik, dan buang makna yg buruk..intinya berbaik sangkalah kpd allah, sesungguhnya allah swt menyayangi hamba2 nya
    Al-Qur’an kn petunjuk dan peringatan untuk manusia agar tidak jatuh dalam kesesatan.

    • September 25, 2013 4:32 pm

      QS. al-Baqarah (2) : 120

      Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu
      xxx
      Kita pun tidak senang kpd mereka.
      Mereka mengaku sbg bangsa pilihan,
      Di luar bangsa mereka bukan manusia,
      Coba!

      hingga kamu mengikuti agama mereka.
      xxx
      Kalau kita tidak senang,
      Apakah mereka senang
      Kita masuk milah mereka?
      Ah!
      Hanya Allah yg mengetahui!

      Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”.
      xxx
      Ya,
      Petunjuk itu sudah diberikan.
      Dan petunjuk itu sudah ditinggikan,
      Supaya semua orang dapat melihatnya.
      Kita tak usah lagi ngemis2 “Tunjukanlah!”

      Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka
      setelah pengetahuan datang kepadamu,
      maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
      xxx
      Bukan hanya kemauan kita yg tak ada,
      Mereka pun tak mau menerima kita.
      Maka kukatakan judulnya keliru.

      Salam Damai!

      • September 26, 2013 10:59 am

        Sebagai pertimbangan kita,
        Org Yahudi tak bergaul dgn org Samaria,
        Walau org Samaria itu keturunan Yakub juga.

        Nah, apalah kita yg bukan apa-apa pun bagi mereka.
        Apa mungkin mereka senang jika kita jadi Yahudi?

        Manusia bagi mereka hanyalah
        Yg sebangsa, yaitu bangsa Yahudi,
        Yg menjaga ketat adatnya, adat Yahudi,
        Yg memelihara budayanya, budaya Yahudi,
        Yg patuh beragama Yahudi, agama Yahudi..
        Hanya mereka saja sbg sesama manusia itu.

        Salam Damai!

  10. Bang Uddin permalink
    October 26, 2013 1:11 am

    Kita sebagai umat muslim harus tau cara kelicikan kristen terhadap islam…

  11. October 26, 2013 6:01 am

    @Bang
    Kita sebagai umat muslim harus tau cara kelicikan kristen terhadap islam…
    xxx
    Cara kelicikan?
    Maksudmu cerdik lah seperti ular,
    Dan tulus lah seperti merpati, gitu?

    Waspadalah kita thp para penyesat,
    Cerdik lah spt ular tulus lah spt merpati.
    Kalimat ini dari Yesus, bukan dari sapa2.

    Salam Damai!

  12. fateh permalink
    November 12, 2013 2:17 am

    Baca la surah al kafirun
    Bg kamu agma kmu,bg ak agama ak..

    • November 12, 2013 5:58 pm

      Utk mu agama mu,
      untuk ku agama ku?

      Aku lebih suka berkata:
      Tuhan ku ada pada mu,
      Tuhan mu ada pada ku,
      Walau Tuhan Hanya Satu
      Dan di Surga pula ada-Nya.

      Aku tampak tak elehan (tulis: elegan) berkata:
      Utk mu lah agamamu, dan untukku agamaku,
      Karna segala yg utk mu dan yg utk ku beda.

      Oksigen yg untuk mu
      Bukan lah utk ku
      Misalnya.

      Hehe!
      Surat non kafir tak hanya sekitab,
      Tanya juga rumput yg bergoyang.
      Segala sesuatu dijadikan oleh-Nya.

      Salam Damai!

      • November 29, 2013 2:31 pm

        Jadi,
        Bukan hanya agama, tapi segalanya
        Segala yg utk mu bukan lah utk ku
        Segala yg utk ku bukan utk mu

        Salam Untuk!

      • July 25, 2014 11:49 am

        Jadi,
        Bukan ada yg hrs diperebutkan,
        Walau segalanya hanya satu,
        Tapi semua kita kebagian.

        Salam Damai!

  13. benbrian permalink
    January 1, 2014 5:57 am

    SURAT AL-BAQARAH (2) Ayat 120
    Muhammad Rusli Malik
    وَلَن تَرْضَى عَنكَ الْيَهُودُ وَلاَ النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللّهِ مِن وَلِيٍّ وَلاَ نَصِيرٍ
    [Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah senang kepadamu (Muhammad) hingga kamu mengikuti millah (pola hidup atau agama) mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan jika seandainya kamu benar-benar mengikuti hawa nafsu (kehendak) mereka setelah datang ilmu kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.]
    [And the Jews will not be pleased with you, nor the Christians until you follow their religion. Say: Surely Allah’s guidance, that is the (true) guidance. And if you follow their desires after the knowledge that has come to you, you shall have no guardian from Allah, nor any helper.]
    1). Upaya sejak dini memisahkan risalah dan pembawa risalah-nya terungkap jelas melalui ayat ini. Yaitu dengan cara memalingkan Rasul dari risalah yang dibawanya. Agen utama mereka ialah orang-orang Yahudi dan Nashrani. Pertama-tama mereka datang membujuk Rasul, tetapi karena gagal, mereka kemudian melakukannya dengan menyebarkan intrik dan indoktrinasi. Pertama-tama mereka menyebarkan berita yang diakuinya sebagai ajaran yang bersumber dari Kitab Suci mereka. “Dan mereka (kaum Yahudi) berkata: ‘Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja.’ (2:80). Tujuannya, menjustifikasi supremasi mereka terhadap Rasul dan pengikutnya tanpa harus meninggalkan kebiasan-kebiasaan lama mereka seperti ajaran baru Nabi Muhammad. Paling tidak, kalau umat Rasul sudah mau berpandangan bahwa “semua agam sama saja”, sudah cukuplah. Tidak perlu mereka pindah agama, cukup mengakui supremasi agama-agama lain. Lalu, mereka (yahudi dan Nashrani) sama-sama datang kepada Rasul dan berkata:“Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nashrani.” (2:111). Harapannya, Rasul ‘memakan’ pancingan mereka. Dan dengan begitu mereka memalingkan Rasul ke pihak mereka, bersekutu dengan mereka, menjalankan agenda-agenda mereka, membiarkan mereka mengeksplorasi dan mengeksploitasi kekayaan negara dan bangsanya, menggelontorkan investasi dengan cara membeli aset-aset yang berada di bawah kontrol Madinah; kendati—secara de-facto—Rasulullah tetap sebagai ‘Kepala Pemerintahan’ yang sah dan dipanuti oleh umat, bangsa, dan negaranya. Itu sebabnya, di sini, Allah tidak menggunakan kata الدِّينِ (ad-dĭyn, aturan hidup), tapi kata مِلّة (millah, pola hidup, cara berfikir). Artinya Rasul tidak perlu mengganti الدِّينِ (ad-dĭyn, aturan hidup), gelar kerasulan, dan baju keagamaannya. Mereka (Yahudi dan Nashrani) juga tidak perlu muncul ke permukaan. Mereka cukup berada di balik layar saja. Yang kelihatan memimpin tetap Rasul. Tetapi yang Rasul musti lakukan ialah melaksanakan rencana-rencana kerja mereka. Apakah Rasul termakan oleh muslihat seperti itu? Tidak. Karena Beliau adalah Khalifah Ilahi yang sah, yang dikontrol langsung oleh Allah sebagai Mursil-nya, yang tak pernah lagi berfikir tentang kepentingan pribadi dan dunianya, maka perangkap politik seperti itu tidak mempan baginya. “Dan betapa banyaknya negeri-negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu, yang (tekita) Kami membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka. Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Tuhannya sama dengan orang yang (syaitan) menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk itu dan mengikuti hawa nafsunya?” (47:13-14)
    2). Anak kalimat لَن تَرْضَى عَنكَ [lan tardhā ‘anka, sekali-sekali tidak akan pernah redha kepadamu (Muhammad)] menarik untuk diselami. Tiga kata yang ada di anak kalimat ini masing-masing memiliki maknanya yang dalam, kaitannya dengan masa depan Islam (terhitung sejak zaman Rasul hingga kini dan di masa-masa mendatang). Pertama, kata لَن (lan) adalah huruf nafĭ (negasi) yang termasuk jenis taukĭd (kata penguat atau penegas), untuk menegaskan bahwa negasi yang terjadi di situ sifatnya berkelanjutan, seterusnya, selama-lamanya, sama lamanya dengan usia keberlakuan al-Qur’an. Karena Kitab Suci samawi terakhir ini berlaku hingga Hari Kiamat, maka fungsi لَن (lan) sebagai negasi taukĭd di ayat ini juga berlaku sampai Hari Kiamat. Kedua, kata تَرْضَى (tardhā) yang kata dasarnya رضى (ra-dhi-ya), oleh al-Mawrid al-Qareeb Dictionary diartikan dengan “to be satisfied (with), content (with); to content oneself (with), to be pleased (with); to accept (to), agree (to), approve (of)”. Sedangkan penulis Kamus Kontemporer Arab-Indonesia mengartikannya dengan “merestui, meridhai, senang”. Makanya penulis Kamus al-Munawwir menyebutnya sebagai lawan dari kata سَخِطَ (sa-khi-tha) yang berarti “marah, murka, benci”. Ketiga, kata عَنكَ (‘anka), yang aslinya berasal dari dua penggal kata: عَن (‘an) dan كَ (ka). Kata عَن (‘an) sebetulnya adalah bagian dari kata تَرْضَى (tardhā), sehingga lengkapnya harus berbunyi تَرْضَى عَن (tardhā ‘an). Sehingga yang paling penting di dalam kata عَنكَ (‘anka) ini ialah huruf كَ (ka)-nya yang merupakan dhamĭr mukhathab mufrad (kata ganti orang kedua tunggal) untuk Rasulullah. Disinilah menariknya, huruf كَ (ka)-nya untuk Rasulullah, sementara Rasulullah manusia biasa (secara bilogis) yang kematiannya juga pasti. Padahal tadi dikatakan bahwa kata لَن (lan) menunjukkan negasi taukĭd yang sifatnya berkelanjutan, selama-lamanya. Kalau huruf كَ (ka)-nya hanya dibatasi pada Rasulullah saja, secara otomatis makna yang dikandung kata لَن (lan) menjadi terbatas, bahkan masa berlakunya sangat-sangat singkat dibanding usia keberlakuan al-Qur’an, keberlakuan risalah kenabian. Agar ayat لَن تَرْضَى عَنكَ (lan tardhā ‘anka) terus berlaku, seperti disifati oleh kata لَن (lan), sepanjang keberlakuan al-Qur’an dan risalah kenabian, maka yang bisa difahami di situ ialah bahwa ayat ini memberikan indikasi yang begitu jelas tentang mustinya selalu ada satu sosok ilahi di setiap masa yang mengganti posisi Rasul di huruf كَ (ka)-nya. Sosok-sosok inilah yang akan menerima keberlakuan ayat 120 ini pada dirinya. Kalau sekiranya yang dituju bukan satu sosok khusus, maka ayatnya akan seperti ini: “Mereka akan bersumpah kepadamu, agar kalian ridha kepada mereka. Tetapi jika sekiranya kalian ridha kepada mereka, maka sesungguhnya Allah tidak ridha kepada orang-orang yang fasik itu.” (9:96)
    3). Menurut al-Wahidi, ayat ini turun berkenaan dengan permintaan cease-fire (gencatan senjata) orang-orang Yahudi dan Nashrani kepada Rasul dalam suatu peperangan. Mereka berharap bahwa dengan cease-fire (gencatan senjata) dan waktu tangguh yang diberikan kepada mereka itu, Rasul sekaligus ridha dan sepakat dengan مِلّة (millah, pola hidup, cara berfikir) mereka. Sedangkan menurut as-Suyuthi, mengutip Ibnu Abbas, ayat ini turun berkenaan dengan pemindahan kiblat salat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram, yang membuat orang Yahudi dan Nashrani kecewa dan berputus asa dalam mengusahakan agar Nabi ridha dengan مِلّة (millah, pola hidup, cara berfikir) mereka. Baik salah satunya atau kedua-duanya benar, tetap tidak bertentangan dengan fakta bahwa melalui ayat ini Allah swt meyakinkan kita melalui Rasul bahwa إِنَّ هُدَى اللّهِ هُوَ الْهُدَى [inna ɦudallaɦ ɦuwal ɦudā, Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)], sehingga bagaimanapun canggih, rapih, indah, dan sistematisnya cara mereka menarik perhatian kita untuk ridha kepada مِلّة (millah, pola hidup, cara berfikir) mereka, kita tetap harus berkeyakinan bahwa Islam sebagai هُدَى اللّهِ (ɦudallaɦ,Petunjuk Allah)-lah yang benar. Dengan modal keyakinan seperti itu, kita boleh bergaul dengan siapapun dan dengan agama atau keyakinan apapun, dengan penuh percaya diri, dan dengan prinsip-prinsip yang tak mudah melorot. Penggunaan frase هُدَى اللّهِ (ɦudallaɦ,Petunjuk Allah) menjelaskan dua hal. Satu, risalah yang dibawa Nabi Muhammad bukanlah inisiatif dan kreasi pribadinya, bahkan bukan produk kejeniusan manusia atau makhluk manapun. Risalah Islam adalah Risalah Allah, yang merupakan bukti Kasih Sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya dari kalangan jin dan manusia. Allah tidak ingin membiarkan mereka tersesat. Allah tidak ingin membiarkan mereka menderita dunia-akhirat. Maka Dia mengutus Rasul-Nya untuk membimbing mereka menerapkan risalah tersebut, tanpa perhitungan untung-rugi. Maka kalau manusia menolaknya, manusia itu sendirilah yang merugi. Dua, selain dari yang dibawah oleh Nabi Muhammad, dipastikan bukan هُدَى اللّهِ (ɦudallaɦ), bukan Petunjuk Allah. Sehingga sampai kapan pun dan dengan formula intelektual apapun tetap tidak mampu membawa manusia keluar dari belitan problem hidupnya (individu dan masyarakat). “…Barangsiapa yang menjadikan syaitan (dari kalangan manusia) menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata” (4:119).
    4). Bahkan bukan hanya merugi. Siapa yang mengikuti مِلّة (millah, pola hidup, cara berfikir) mereka, dengan meninggalkan risalah Islamnya, maka Allah memastikan akan menarik diri sebagai Pelindung dan Penolong mereka: وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللّهِ مِن وَلِيٍّ وَلاَ نَصِيرٍ [wa lainit-taba’ta aɦwā-aɦum ba’dalladzĭy jā-aka minal-‘ilmi mā laka minallaɦi min waliyyin wa lā nashĭyr, dan jika seandainya kamu benar-benar mengikuti hawa nafsu (kehendak) mereka setelah datang ilmu kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu]. Ada dua jenis pernyataan yang dikandung ayat ini: pernyataan yuridis dan pernyataan logis. Pertama, pernyataan yuridis. Ialah bahwa apabila Nabi atau sosok ilahi pelaksana risalah mengikuti kehendak (hawa nafsu) mereka (Yahudi dan Nashrani), maka Nabi sekalipun, sosok ilahi sekalipun, tidak akan dapat perlindungan dan pertolongan dari Allah. Ini adalah hukum takwini (hukum alam) dan tasyri’i (hukum syariat) yang sangat jelas yang perlu difahami oleh kita semua, pengikut Rasulullah, yang mencita-citakan risalah Islam sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara. Kedua, pernyataan logis. Apabila kita menjadi mangsa bangsa-bangsa lain, menjadi pecundang, menjadi korban ipoleksosbudhan, menjadi bahan mainan, menjadi korban represi dan opresi, menunjukkan kita tidak mendapatkan pertolongan dan perlindungan-Nya. Dan tidak mendapatkan pertolongan dan perlindungan-Nya, logikanya, kita mengikuti kehendak (hawa nafasu) mereka, masuk dalam perangkap yang mereka pasang.
    Pertanyaannya, apakah ayat ini menunjukkan bahwa Rasul sekalipun ‘nyaris’ masuk ke dalam perangkap mereka sehingga diingatkan oleh ayat ini? Tidak. Karena penggalan ayat ini dimulai dengan sebuah pengandaian: وَلَئِنِ (wa lain, dan jika seandainya). Pengandaian bukanlah kejadian. Ayat ini hanya bersifat tarbiyah (pendidikan) kepada kita agar tetap berpegang teguh dan patuh kepada sosok ilahi pelaksana risalah. Begitu lepas dari sosok ilahi ini, kita pun dengan serta-merta diterkam oleh pukat harimau mereka (bangsa Yahudi dan Nashrani). “Dan demikianlah, Kami telah menurunkan (al-Qur’an) itu sebagai hukum (peraturan yang benar) dalam Bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah.” (13:37)
    AMALAN PRAKTIS
    Hidup adalah interaksi. Islam adalah sumber segala kebaikan. Selayaknya, dalam interaksi itu, umat Islamlah yang paling banyak memberi kebaikan. Tetapi faktanya, justru sebaliknya. Dimana letak masalahnya? Kita mengalami kekosongan sosok ilahi sebagai pelaksana risalah yang berfungsi sebagai ‘ibu’ terhadap anak-anaknya. Kita adalah anak-anak yatim yang terlantar, yang menunggu belas kasihan bangsa lain.

  14. Riki R permalink
    July 11, 2014 7:50 am

    وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
    QS. al-Baqarah (2) : 120

    Ayat tersebut memang benar adanya, buktinya aja udah ada di komentar-komentar diatas… jangan sampai terkecoh dengan komentar yang memojokan, biarlah mereka berpendapat apa yang mereka inginkan, itu memang sudah sifat mereka, jangan dipermasalahkan yang penting tidak merugikan… jangan terlalu masukan kehati…

  15. Johne443 permalink
    August 2, 2014 10:26 pm

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging cdbcdfkfagad

  16. FREDERIK permalink
    October 11, 2014 7:31 am

    AYAT TERSEBUT BERLAKU SAMPAI AKHIR ZAMAN (KIAMAT)…………!!!

    COBA BUKTIKAN DALIL HADITS DAN
    DARI AHLI TAFSIR “TERNAMA”
    (semisal Ibn Tirmidzi, Ibn Ahmad, Bukhari, Muslim, dll)

    ……….BAHWA AYAT ITU HANYA BERLAKU pada zaman Rasulullah saja………!!!!!

    HUKUM & KETENTUAN ALLAH SWT itu adalah MUTLAK………..!!!

  17. FREDERIK permalink
    October 11, 2014 7:33 am

    KESEPAKATAN & PERJANJIAN DAMAI ANTARA YAHUDI/NASRANI
    DENGAN UMMAT ISLAM…………………….pastilah tidak akan lama (abadi)……..

    dan pasti akan dikhianati (oleh mereka)……………!!!!

  18. FREDERIK permalink
    October 11, 2014 7:34 am

    ALLAHU AKBAR……………….3x

  19. December 17, 2014 2:19 am

    Itulah kebenaran Al-Quran,,

    Banyaknya misionaris, harusnya menguatkan umat islam, akan kandungan Ai-Quran, ternyata apa yang ada di dalam Al-Quran adalah kebenaran..

    Bukan dongeng / cerita yang di karang seseorang dan di jadikan panduan hidup, padahal di dalamnya tidak ada aturan hidup di dunia dan akhirat..

    Al-Quran adalah panduan hidup manusia di dunia agar bahagia di akhirat,,

  20. December 21, 2014 9:59 pm

    conggor kalian,,sama hoaknya congorrrrrr alooh swt..http://www.satuharapan.com/read-detail/read/perempuan-murtad-sudan-akan-dibebaskan

  21. Hermdi permalink
    February 19, 2015 4:44 am

    وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
    QS. al-Baqarah (2) : 120

    Iya setuju, dengan pendapat Riki R diatas. Ayat diatas benar lah adanya. Kita bisa buktikan dengan komentar-komentar mereka diatas yang begitu tidak suka nya dengan Islam. Jadi kita tidak perlu terpancing dengan komentar-komentar mereka. Bukti : Jika memang Islam tidak suka (phobia) dengan agama lain, mungkin di Indonesia akan selalu terjadi konflik, tapi buktinya sampai saat ini Indonesia aman-aman saja bagi umat lain (minoritas) yang tinggal bersama dengan umat mayoritas (Islam). Jika kita berkaca dengan menengok negara Barat yang mana Islam menjadi minoritas…lihat seperti apa kehidupan disana…
    Itu mengapa, karena Islam berprinsip pada Al-Qur’an yang kutipannya “Untukmulah agamamu dan untukmulah agamaku”

    • Hermdi permalink
      February 19, 2015 4:46 am

      Maaf ada ralat, maksudnya : “Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku”

  22. Rusdy permalink
    March 28, 2015 2:54 pm

    Bacaan malam berat:

    http://hubungantersembunyi.blogspot.com/

  23. Ahmad Gusfandy permalink
    June 27, 2015 2:56 am

    Ayat “Dan sungguh Orang-orang Yahudi Nasrani tidak akan pernah ridho kepadamu sampai kamu mau mengikuti agama mereka. Katakanlah: Sesungguhnya petunjuk Alloh itulah petunjuk (yang benar), dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu maka Alloh tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu” (QS. Al-Baqoroh:120) menunjukkan kalau ngga allohnya yang bodoh ya nabi Muhammad seorang yang tolol.
    Agama Yahudi itu bukan agama syiar. Umat Yahudi masa bodoh dengan orang non-Yahudi dan tak kenal yang namanya dakwah agama karena tak ada dalam ajarannya.
    Bagi orang Yahudi, muhammad itu hanyalah manusia yang nggak bisa mengendalikan syahwat kepada anak kecil dan tak sedikitpun orang Yahudi ingin Muhammad dan orang islam ikut agamanya.
    Itu makanya Orang Yahudi di seluruh dunia hari ini tak lebih dari 20 jt orang walau agamanya jauh duluan lahir daripada Nasrani apalagi islam.
    Al-baqoroh 120 menunjukkan alloh swt tidak maha tahu alias tuhan-tuhanan.

  24. Firda Amelia Safira permalink
    July 9, 2015 1:13 am

    Hai teman-teman . . . ! ! !
    Kita kan tidak boleh memaksakan kehendak orang lain, walaupun ia menganut agama Yahudi, Nasrani, ataupun penyembah berhala sekali pun, di agama Islam kita ini yang, aman, damai dan tenteram, tidak ada yang namanya pemaksaan, semua itu terserah saja, agama Islam bukanlah agama yang suka memaksakan kehendak orang lain.
    Biar sajalah, biar mereka (nasrani, yahudi dll) malu sendiri, ngapain meng-agung2 kan agama mereka ( yg belum tentu benar itu) ?
    Namanya juga Manusia, pemikiran kitakan terbatas, berbeda jauh dengan tuhan,,,
    Memangnya Yesus\Nabi Isa itu tuhan ? beliau kan hanya manusia biasa . yang disalib Itu, Yudas Iskariot kan ???
    Sama-sama manusia itu tidak boleh saling melampaui, apalagi berhak untuk menonjolkan diri sendiri sebagai yang terbaik.. . . . kita kan enggak ada yang terbaik, semuanya pasti punya dosa…

  25. July 9, 2015 7:13 am

    FAS: Hai teman-teman . . . ! ! !
    MK: Hai FAS! (Firda AS)

    FAS: Kita kan tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, walaupun ia menganut agama Yahudi, Nasrani, ataupun penyembah berhala sekali pun,
    MK: Ya! Keknya, hanya komunis dan rasis yg suka memaksakan kehendak!

    FAS di agama Islam kita ini yang, aman, damai dan tenteram,
    tidak ada yang namanya pemaksaan, semua itu terserah saja,
    MK: Yes! Semua terserah pd diri masing2, bebas memilih.

    FAS: agama Islam bukanlah agama yang suka
    memaksakan kehendak kepada orang lain.
    MK: Islam Indonesia mayoritasnya lembut semua, tidak banyak yg menyukai kekerasan, apa lagi memaksakan kehendak. Mungkin hanya beberapa yg tertekan atau yg ter-iming2 janji nikmat sehingga ada yg keluar jalur lembut atau moderat. Tapi apakah mungkin contoh ayat2 di bawah ini salah menterjemahkan atau salah tafsir, sehingga mudah diinjeksikan kpd atau dicaplok oleh kaum muda yg galau lalu menjadi bersifat keras, sehingga Islam (utamanya Islam Arab) itu berkesan keras.

    Contoh ayat2 itu ialah:

    1. Adapun org2 yg kafir, maka akan Ku-siksa mereka dgn siksa yg sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.[QS 3:56]

    2. Hai Nabi, berjihadlah (melawan) org2 kafir dan org2 munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah jahannam. Dan itu adalah tempat kembali yg seburuk2-nya.[QS 9:73]

    3. Hai org2 yg beriman, perangilah org2 kafir yg di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan dari pd-mu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta org2 yg bertakwa.[QS 9:123]

    4. Hai Nabi, perangilah org2 kafir dan org2 munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah neraka Jahannam dan itu adalah se-buruk2 tempat kembali.[QS 66:9 ]

    FAS: Biar sajalah, biar mereka (nasrani, yahudi dll) malu sendiri, ngapain meng-agung2 kan agama mereka ( yg belum tentu benar itu) ?
    MK: Biar sajalah agama itu. Ada yg lebih penting dari itu,
    Yaitu, bagaimana kita memperbaiki ahklak kita kpd-Nya.

    FAS: Namanya juga Manusia, pemikiran kitakan terbatas, berbeda jauh dengan tuhan,,,
    MK: Ya! Pikiran yg terbatas ini jangan lah kita hambur2kan utk menyalah2kan org lain atau menyalah2kan agama lain atau ada pula yg mencoba memperbaiki tuhan org lain. Habis energi pikir utk hal yg sia2, lalu mana lagi pikir utk memperbaiki diri sendiri, kan?

    FAS: Memangnya Yesus\Nabi Isa itu tuhan ?
    MK: Nah! Maksudku pikiran yg spt ini sia2.
    Biar saja mereka menyebut-Nya sesukanya.

    FAS: beliau kan hanya manusia biasa .
    MK: Ya! Dia lah yg terkemuka di dunia dan di akhirat.
    Kemukakanlah apa2 yg terkemukanya, jgn dikebelakangkan.
    Dan nggak perlu mengemukakan yg terkebelakang, itu mubajir.

    FAS: yang disalib Itu, Yudas Iskariot kan ???
    MK: ??? mungkin yg disalib di tempat lain, kali.

    FAS: Sama-sama manusia itu tidak boleh saling melampaui, apalagi berhak untuk menonjolkan diri sendiri sebagai yang terbaik.. . . . kita kan enggak ada yang terbaik, semuanya pasti punya dosa…
    MK: Yes! Hanya Isa AS yg suci!

    Salam Damai!

  26. July 9, 2015 8:51 am

    Jika kita baca Alkitab sampai tammat,
    Mudah diketahui bahwa Yesus itu manusia
    Manusia yg meragakan kasih Tuhan kpd kita.

    Banyak nabi telah diutus Tuhan,
    Tapi manusia tetap tidak taat,
    Maka Tuhan menjadi manusia.

    Tuhan?

    Dari Alkitab itu diketahui bw:
    Yesus bisa taat pd hukum alam
    Walau Dia pernah menentangnya.

    Yesus bisa taat pd hukum adat
    Walau dia pernah menentangnya.

    Yesus bisa taat pd hukum dunia
    Walau dia pernah menentangnya.

    Yesus taat pd hukum taurat
    Karna dia-lah pengenapannya.

    Tak se-org pun taat hukum Taurat.
    Selain dia yg Empunya hukum itu.

    Hukum dosa adalah kematian.
    Maka kematian berlaku pd-nya,
    Karna dia memikul dosa manusia.

    Jika segala hukum2 itu ada pd-Nya
    Bahkan Dia mengalahkan kematian-Nya:
    Bangkit, bersaksi dan lalu naik ke surga,
    Taklah berlebihan bw Yesus ialah Tuhan,

    Tuhan segala hukum, Tuhan semesta alam.
    Jika belum percaya bahwa Dia itu Tuhan
    Perca pd pekerjaan2-nya saja dulu:

    Semua kerja-Nya berkenan kpd Allah.
    Yesus datang pertama sbg pelayan
    Yesus datang ke-dua sbg majikan

    Dia terkemuka di dunia–akhirat.
    Mari kemukakan yg terkemuka saja.
    Jangan kemukakan yg terkebelakang,
    Atau membelakangkan yg terkemuka itu.

    Salam Damai!

  27. Budi Muhammad Natsir permalink*
    July 10, 2015 3:41 pm

    dan mereka berkata” yahudi atau nasrani berada dalam petunjuk yang benar”
    akan tetapi milah ibrahim itu hanif dan ibrahim bukan orang yang musyrik. begitu yang saya pahami dari ayat sebelum juz pertama berakhir.

    dalam al-Quran ada disebutkan bahwa orang yahudi berkata bahwa uzair anak Allah. dan orang Nasrani berkata bahwa Isa al-masih adalah anak Allah. dari sini saya mulai berfikir bahwa akan ada ajakan kepada ummat Nabi Muhammad supaya mereka mengikuti milah mereka yaitu menjadi orang yang musyrik.

    • July 10, 2015 5:41 pm

      Hai Budi!
      Lama tak jumpa,
      Semoga baik2 saja.

      Aku nanya ayat2 keras di atas,
      Apakah itu tidak salah menterjemahkan?
      Apa mungkinkah ayat itu pendorong sifat keras?

      Karna kau beda,
      Bahasamu lembut,
      Apa pula rahasianya?

      Soal Yahudi, kau tak usah mulai berpikir diajak.
      Mereka pasti menolak siapa pun yg non Yahud.
      Karena Yahudi bukan hanya persoalan agama,
      Tapi dia juga adalah bangsa, adat dan budaya.

      Jadi tak usah mulai berpikir diajak.
      Mulailah berpikir menjadi rahmat.
      Rahmat bagi semesta alam.

      Ssalam Damai!

      • Budi Muhammad Natsir permalink*
        July 10, 2015 6:04 pm

        Alhamdulillah baik. Saya sibuk dagang. Kadang saya iri lihat ustadz lain tiap hari ngajar dan belajar. Kenapa saya hanya diam di pasar..
        Maren, injil dan taurot itu untuk bani israil. Untuk kaum isa dan musa. Kalo untuk kita berdua di taun 2015 ini kitabnya alquran.

      • July 10, 2015 6:26 pm

        Bukankah Quran itu utamanya u/ Arab?
        Yesus dan Muhammad ditolak di Israel.
        Hukum Kasih tak ada UU yg menolaknya.

        Salam Damai!

      • bedede permalink
        November 15, 2015 6:25 am

        islam turun di arab karena arab dalam keadaan jahiliyah. islam bukan arab, dan arab bukan islam, kami dituntut untuk menjadi orang islam, bukan orang arab.

      • November 16, 2015 9:22 am

        I like this:
        “islam bukan arab, dan arab bukan islam,
        kami dituntut untuk menjadi orang islam,
        bukan orang arab.”

        Salam Damai!

  28. Budi Muhammad Natsir permalink*
    July 12, 2015 4:33 pm

    Nabi Hud untuk kaum ad. Nabi syuaib untuk madyan. tapi Nabi kita kaaffatan linnaasi. untuk seluruh ummat. dan rahmat bagi alamsemesta. Nb Musa dan isa udah lama banget. kitabnyapun yg originalnya udah gak tau dimana. apa yg membuat kamu susah menerima Nabi kita yang baik? Nabi musa Isa dan Muhammad itu kan sama-sama utusan Tuhan. hukum kasih tak ada uu yg nolak. tapi yesus adalah Tuhan tak ada dalam Uu

    • July 13, 2015 4:15 am

      BMN: Nb Musa dan isa udah lama banget.
      kitabnya pun yg originalnya udah gak tau dimana
      MK: Inti sarinya aja, Gan! Repot cari2 yg asli.
      Itu diturunkan melalui Musa Alkitab di G.Sinai.
      Entah menapa dasa titah itu tiada zaman Quran.

      Titah-1:
      Akulah Tuhan Allahmu, seru Tuhan kita.
      Tidak boleh ada allah lain, kecuali Aku.
      Maksudnya:
      Kita hrs lebih takut, lebih kasih dan lebih yakin dan percaya
      terhadap Allah, dari pada terhadap segala-galanya.

      Titah-2:
      Jangan perbuat bagimu patung yg menyerupai apapun,
      yg ada di langit, atau yg ada di bumi,
      atau yg ada di dlm air utk disembah
      atau bertakwa kpd-nya.
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah,
      sebab itu jgn bersembah sujud kpd allah lain
      atau meminta kehidupan dari padanya, dan
      jangan memanggil roh2
      atau berkeyakinan kpd tenungan dukun, dan
      jangan yakin kpd benda2 bermakna sakti.

      Titah-3:
      Jangan menyebut nama Tuhan Allah dgn sembarangan,
      karena Allah akan menghukum org yg menyalah-gunakan namaNya.
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan mengutuki, mengumpat, memakai guna2, berbohong, menipu dgn memakai nama Allah; sebab hanya dlm penderitaan, kesusahan dan di dlm doa serta pujianlah kita layak menyebut nama Tuhan Allah.

      Titah-4:
      Ingat dan sucikanlah hari yg dikuduskan itu. Lakukanlah segala pekerjaanmu di dlm enam hari; tetapi pada hari yg ketujuh ialah Sabat bagi Allah Tuhanmu. Engkau tidak boleh bekerja pada hari itu, juga anakmu laki2 atau perempuan, pembantumu laki2 atau perempuan, ternakmu atau org lain yg berada di tempat kediamanmu. Sebab Allah menciptakan langit dan bumi dan segala isinya di dlm enam hari. Kemudian Ia beristirahat pada hari yg ketujuh. Itulah sebabnya Allah memberkati hari itu dan menguduskannya.
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan menganggap rendah akan ajaran dan Firman Allah; hendaklah kita menganggap itu kudus, dan hendaklah kita tekun mendengar dan mempelajarinya dgn gembira.

      Titah-5:
      Hormatilah Bapa dan Ibumu agar engkau berbahagia
      dan lanjut umurmu di bumi yg diberikan Allah kpd mu.
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan kita bersikap remeh terhadap orangtua kita, terhadap pemerintah dan terhadap org yg lebih tua. Jangan kita menimbulkan kemarahan mereka, tetapi hendaklah kita selalu menghormati dan mengasihi mereka, menuruti dan menyelami jiwa mereka, serta senantiasa berbuat baik kpd mereka.

      Titah-6:
      Jangan engkau membunuh!
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan kita mengancam kehidupan tetangga kita (sesama manusia) maupun mendatangkan bahaya kpd-nya, melainkan kita hrs bersahabat dan membantu kebutuhan hidup mereka.

      Titah-7:
      Jangan engkau berzinah!
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu kita hrs senantiasa hidup suci dan bersih dan bersikap sopan dlm kata dan perbuatan. Org yg telah berumah tangga hrs setia dan saling mencintai.

      Titah-8:
      Jangan engkau mencuri!
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan kita mencuri uang atau harta sesama manusia, atau mempergunakan tipu daya menjatuhkan usaha dan niaga sesama manusia utk kepentingan kita. Kita hrs membantu memajukan usaha mereka serta memeliharanya.

      Titah-9:
      Jangan engkau berdusta!
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan kita mendustai, mengkhianati, menfitnah, maupun bersaksi palsu serta merendahkan martabat sesama manusia. Kita hrs saling melindungi dan menyatakan hal-hal yg baik saja mengenai sesama manusia apabila belum nyata dan jelas diketahui kesalahannya.

      Titah-10:
      Jangan engkau mendambakan akan rumah sesamamu. Jangan engkau mendambakan akan istrinya, atau pembantunya laki2 maupun perempuan, ternaknya atau segala sesuatu milik mereka.
      Maksudnya:
      Kita hrs takut serta kasih kpd Allah, sebab itu jangan kita mempergunakan tipu daya utk memiliki harta sesama manusia serta harta warisannya. Kita hrs membantu mereka memelihara hartanya. Dan jangan kita menghasut, baik istri maupun pembantunya dan menipu ternaknya. Kita patut menasehati mereka serta membujuknya agar tetap cinta dan setia kpd tugasnya.

      Gimana coba, titah itu,
      Apa bisa manusia biasa taat?
      Semua kita telah berdosa, ya kan Bud?

      Salam Damai!

  29. bedede permalink
    November 15, 2015 6:15 am

    itu yang ga iman ama qur’an, pasti yahudi ato nasrani.

    • November 16, 2015 9:26 am

      Ya! Aku mengimani Allah pencipta langit dan bumi.
      Aku tidak mengimani ciptaan, baik kitab atau nabi.

      Jadi kau benar:
      “itu yang ga iman ama qur’an,
      pasti yahudi ato nasrani”

      Salam Damai!

  30. Rizal permalink
    December 28, 2015 7:33 am

    Asslamualakum Wr. Wb
    Lebih baik kita membahas injil aja, yg bahasanya amburadul, dan jelas sekali bukan firman dr tuhan. ngg usah dech bahas al-qur’an yg diamanapun Al Qur’an berada selalu sama isinya dan tdk punya versi (karena Allah menjaganya), lain halnya injil yg mempunyai banyak versi
    Wasalam.

    • December 28, 2015 10:46 am

      Rizal: Lebih baik kita membahas injil aja,
      MK: Ya! Tidak ada yg lebih baik dari itu!

      Rizal: yg bahasanya amburadul,
      dan jelas sekali bukan firman dr tuhan.
      MK: Apa itu injil asli yg kau imani?

      Rizal: ngg usah dech bahas al-qur’an
      MK: Ya! Lebih baik bahas injil saja, Sob!

      Rizal: yg diamanapun Al Qur’an berada
      selalu sama isinya dan tdk punya versi
      MK: Maka tidak berguna utk dibahas!
      Karna isinya hanya saling menyalahkan
      Saling mengkafirkan walau pd sesama
      Sesama yg beriman pd-Al Quran.
      Apa lagi pd yg tak seiman, kan?
      Begitu pastinya!

      Rizal: (karena Allah menjaganya),
      MK: Mungkinkah Injil&Taurat tak dpt dijaga-Nya.
      Mungkin kah Allah hanya bisa menjaga Quran?
      Atau mungkin injil dan taurat bukan kitab-Nya!

      Rizal: lain halnya injil yg mempunyai banyak versi
      MK: Semu versi,
      semua kitab para nabi
      dan hukum Taurat
      Menjelaskan dua hal saja: yaitu: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Hanya ke dua hal itu lah dijelaskan dan diragakan oleh Yesus. Baca pelan-pelan jika belum percaya, Sob!

      Salam Damai!

  31. Rizal permalink
    December 28, 2015 8:18 am

    Ass. Wr. Wb.
    Coba kita pikirkan sejenak…
    Masa Tuhan memikul dosa manusia ciptaannya, Sedangkan yg memberi hukuman terhadap dosa itu sendiri adalah Tuhan. logikanya gimana sih…???. Tuhan itu maha Sempurna, Tp klu Tuhan dilahirkan maka akan jadi tidak sempurna, karena setiap yg di lahirkan pasti punya kelemahan, seperti halnya Yesus (Isa Almasih).
    Sedangkan yg di tegaskan oleh Al Qur’an dan Rasulullah tentang Yahudi dan Nasarah, “mereka tidak akan senang kpd mu sebelum kamu mengikuti milah mereka”, maksudnya mereka akan selalu berusaha untuk melencengkan akidah kaum muslimin sedikit demi sedikit dengan cara mereka seperti yang mereka lakukan terhadap Injil. bukan berarti yg nggak beriman dengan Al Qur’an hanya Yahudi dan Nasarah. dan itu terbukti, mana pernah ajaran hindu dan budha melecehkan ajaran ISLAM.

    Wassalam

    • December 28, 2015 10:52 am

      Rizal: Coba kita pikirkan sejenak…
      MK: Yg terbesar dari Allah ialah kasih-Nya
      Dari segala ke-mahaan-Nya itu demi manusia.
      Karna manusia ialah ciptaan kesayangan-Nya.

      Rizal: Masa Tuhan memikul dosa manusia ciptaannya,
      MK: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

      (bersambung)

    • December 29, 2015 7:57 am

      Zal: Sedangkan yg memberi hukuman terhadap dosa itu sendiri adalah Tuhan.
      MK: Upah dosa adalah maut
      Janji Tuhan masa dicabut.
      Kasih Tuhan terus berlanjut.

      Zal: logikanya gimana sih…???.
      MK: Dia hrs mati memikul dosa,
      Agar kita bisa diselamatkan-Nya.

      Zal: Tuhan itu maha Sempurna,
      MK: Pada-Nya ada segala hukum.

      Zal: Tp klu Tuhan dilahirkan maka akan jadi tidak sempurna,
      MK: Kita pun akan disempurnakan-Nya jika percaya [Yoh3:16]

      Zal: karena setiap yg di lahirkan pasti punya kelemahan,
      seperti halnya Yesus (Isa Almasih).
      MK: Jelaskanlah, Zal, kelemahan Yesus itu,
      Hingga Dia menjadi terkemuka di dunia dan akhirat.

      Zal: Sedangkan yg di tegaskan oleh Al Qur’an dan Rasulullah tentang Yahudi dan Nasarah, “mereka tidak akan senang kpd mu sebelum kamu mengikuti milah mereka”,
      MK: Ya! Karana hanya Yahudi yg menjadi Yahudi.
      Tak mungkin Yahudi senang jika kita ikuti mereka.

      Zal: maksudnya mereka akan selalu berusaha untuk melencengkan akidah kaum muslimin sedikit demi sedikit dengan cara mereka seperti yang mereka lakukan terhadap Injil.
      MK: Ya! Hanya yg beriman pd ciptaan (kitab)
      yg ketakutan kitab-nya seperti melenceng.

      Zal: bukan berarti yg nggak beriman dengan Al Qur’an hanya Yahudi dan Nasarah.
      MK: Itu sudah pasti, karna iman adalah dasar dari segala sesuatu yg kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yg tidak kita lihat. Berimanlah kpd Allah semata, Allah Yg Esa, karena pada-Nya adalah segalanya.

      Zal: dan itu terbukti, mana pernah ajaran hindu dan budha melecehkan ajaran ISLAM.
      MK: Semuanya tentu akan terkuak pd saatnya.
      Kita hrs tidak takut dilecehkan spt kpd Yesus.
      Kita hrs kuat walau diludahin sekali pun.
      Hanya hewan yg keinjek mengigit.

      Salam Damai!

  32. Rizal permalink
    December 28, 2015 8:29 am

    Mohon Bapak / Ibu Meren kitatu, sudi memberitau saya, Kitab Sucinya Apa, Versi mana tahun brp?

    • December 28, 2015 10:53 am

      Sama saja isinya.
      Isisnya tentang kasih
      UUD surgawi ialah kasih

      Salam Damai!

      • ricky permalink
        February 25, 2016 12:03 am

        kalo saling berdebat ga akan ada habisnya apa lagi masalah agama jdi sebenarnya kalianlah yang mempermasalahkannya bukan agama

      • February 25, 2016 7:45 am

        Permasalahan selalu ada di mana2
        Perbedaan membuat hidup mengalir
        Jika semua sama, maka menggenang

        Pandanglah permasalahan dlm damai
        Pandanglah perbedaan dlm damai
        Upaya menyamakan itu sia-sia.

        Kalau kita mendengar kata “cangkir”
        Maka dlm tempurung kita ada gambar “cangkir”
        Andai gbr itu di-print-out sama, maka kita adalah robot.

        Salam Damai!

  33. May 14, 2016 12:14 pm

    Sudah g usah ribut kan separuh tubuh kita juga masih tergolong orang yahudi dan nasrani…
    Kenapa gw bilang begitu..
    1. Kita masih suka pacaran kan kalau muslim itu no/tidak pernah pacaran karna pacaran itu khusus pasutri…
    2. Kita juga masih memakan/menggunakan produk mereka kan. Contoh memakan coklat, nabati, dll dan juga kita menggunakan google, yahoo, dll karna apa kita itu nggak mau pusing dan repot kan…
    3. Sifat… Kita masih menggunakan sombong, angkuh, dll terutama bohong atau menipu…
    4. Masih bayak dalam diri kita yang masih termasuk golongan orang orang kafir contoh utama penyembelihan hewan… Kita juga masih sering menyembelih hewan dengan cara mencekik, memlintir,dll terutama sreeel lempar masuk air panas . itu aja dah masuk golongan mereka karna kita masih suka makan darah dan bangke…
    Cukup sekian dulu ya… Karna kalau dilanjutin ga cukup 1-2 tahun.

  34. May 16, 2016 9:31 am

    Akur, rud!
    Adam dgn satu larangan, gagal total!
    Kita dgn ratusan larangan, sukses?

    Dunia ini telah tercemar
    Tidak ada lagi yg suci
    Perbaikilah diri

    Salam Damai!

  35. Sutan permalink
    June 2, 2016 6:00 am

    Telah satu setengah tahun Perang Bani Nadhir berlalu. Suasana damai menyelimuti Madinah. Selama rentang waktu itu, Rasulullah saw memfokuskan diri untuk meyebarkan agama dan memperbaiki kondisi masyarakat Madinah. Kehidupan kaum Muslim penuh ketenangan. Tak ada perang besar yang menyita stamina dan pikiran. Situasi tersebut tidak disukai orang-orang Yahudi yang terusir dari Madinah.

    Di kota Madinah ada Yahudi dengan 3 kabilah terbesar, yaitu Bani Qainuqa’, Bani Nadhir, dan Bani Quraizhah. Bani Qainuqa’ dan Bani Nadhir sudah diusir dari kota Madinah (chapter: Qainuqa’ Melanggar Perjanjian dan Perang Bani Nadhir), mereka lari ke Khaibar.
    Mereka geram menyaksikan kaum Muslim hidup bahagia. Suatu makar, yaitu mengajak pasukan dari kabilah-kabilah Arab yang anti Islam untuk memerangi kaum Muslim, mereka rancang setelah mereka menetap di Khaibar.

    Na’udzu billlah Yahudi ini..
    Ada satu pertanyaan di masa sekarang, apakah perlu kita berhusnudzan terhadap orang-orang Yahudi?

    Sementara husnudzan itu disyariatkan, sedangkan su’udzan itu tidak boleh.

    Maka jawabannya adalah, untuk orang Yahudi, tidak perlu lagi husnudzan, juga tidak perlu suudzan, tapi kita harus iman terhadap al-Qur’an yang menyatakan, “wa lan tardho..”

    Siapa yang mengatakan umat Islam suudzan terhadap orang Yahudi? Kami tidak suudzan.
    Jadi kita tidak suudzon terhadap orang Yahudi, tapi dengan adanya ayat ini, jauh dari istilah suudzon, kita yakin bahwa Yahudi tidak akan pernah ridho terhadap Islam. Kalau husnudzan dan suudzan ditempelkan tehadap orang Yahudi itu terlalu kecil.

    Apakah kita harus husnudzan terhadap Yahudi? Tidak. Su’udzan? Tidak.
    Tapi kita yakin bahwa Yahudi tidak akan ridho terhadap Islam.

    Kembali kepada Yahudi di Khaibar.
    Di Khaibar ini ada 3 pucuk pimpinan Yahudi, yaitu : Huyyay bin Akhtab, Sallam bin Abul Huqaiq, Kananah ibn Rabiah, mereka ini adalah gembongnya Yahudi di Khaibar. Mereka telah mengumpulkan orang Arab sejumlah 10 ribu lebih pasukan untuk menggempur Madinah.

    Na’udzu billah..
    Sampai sekarang, yang namanya Yahudi, kalau mau menyerbu umat Islam, itu selalu mengundang ini, mengundang itu. Sehingga, ketika ada satu tempat orang Islam digempur, apakah oleh satu pasukan saja? Tidak. Ada pasukan gabungan dari sana-sini, itu sudah adatnya Yahudi.

    Yahudi tidak mampu melakukannya sendiri, mereka gunakan tangan orang lain. Otaknya butek tidak sanggup menghancurkan umat Islam, mereka pakai otak orang lain. Begitulah Yahudi.

    Orang Yahudi pada waktu itu kalau dikumpulkan bala tentaranya mungkin tidak cukup banyak, tapi dia datang ke Quraisy Makkah. Mereka tahu kalau Quraisy ini memusuhi Islam, ditawarkan, yuk kita perangi Islam. Mereka mendorong orang-orang Quraisy menyerang Nabi saw dan berjanji akan membantu rencana ini.

    Mereka datang ke bani Ghathafan, dan kabilah-kabilah yang lain, semuanya mereka datangi demi menggalang kekuatan untuk menggempur Islam di Madinah. Na’udzu billah..

    Karakter Yahudi menurut al-Qur’an
    1. Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras… (QS. al-Baqarah 2: 74)
    2. Maka celakalah orang-orang yang menulis kitab dengan tangan mereka (sendiri), kemudian berkata, “Ini dari Allah,” (dengan maksud) untuk menjualnya dengan harga murah. Maka celakalah mereka karena tulisan tangan mereka, dan celakalah mereka karena apa yang mereka perbuat. (QS. al-Baqarah 2: 79)
    3. Dan sungguh, engkau (Muhammad) akan mendapati mereka (orang-orang Yahudi), manusia yang paling tamak akan kehidupan (dunia), bahkan (lebih tamak) dari orang-orang musyrik. Masing-masing dari mereka, ingin diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari azab. Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (QS. al-Baqarah 2: 96)
    4. Dan sungguh, di antara mereka niscaya ada segolongan yang memutarbalikkan lidahnya hanya membaca Kitab, agar kamu menyangka (yang mereka baca) itu bukan dari Kitab dan mereka berkata, “Itu dari Allah.” Padahal itu bukan dari Allah. Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui. (QS. Ali Imran 3: 78)
    5. …Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya. Dan, mereka berusaha menimbulkan kerusakan di bumi. Dan, Allah tidak meyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. al-Ma’idah 5: 64)

    • June 6, 2016 3:46 am

      Yahudi emang begitu, Sob!
      Perang terus sejak eksodus dari Mesir.

      Firman Tuhan kpd Raja Daud:
      “… pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.”
      Baca: http://pelangikasihministry2.blogspot.co.id/2012/11/berbagai-perang-yang-dihadapi-bangsa_24.html

      Dan mengapa Yahudi selalu hadir pd peristiwa dunia?
      https://kerajaanagama.wordpress.com/2010/04/21/terbongkar-kebohongan-yahudi-tentang-sejarah-tembok-ratapan/comment-page-2/#comment-12282

      Akan tapi Yesus berkata kpd kita:
      “Kasihilah musuhmu dan berdoalah utk-nya”

      Salam Damai!

    • June 7, 2016 6:38 am

      Maren Kitatau PERMALINK
      June 6, 2016 3:46 am
      Please Note: Your comment is awaiting moderation.

      Yahudi emang begitu, Sob!
      Mereka perang terus sejak eksodus dari Mesir.

      Dan Firman Tuhan kpd Raja Daud: “… pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, org Het itu, utk menjadi isterimu.”

      Baca: pelangikasihministry2.blogspot.co.id/2012/11/
      berbagai-perang-yang-dihadapi-bangsa_24.html

      Dan mengapa Yahudi selalu hadir pd peristiwa dunia?
      kerajaanagama.wordpress.com/2010/04/21/
      terbongkar-kebohongan-yahudi-tentang-sejarah-
      tembok-ratapan/comment-page-2/#comment-12282

      Akan tapi Yesus berkata kpd kita umat-Nya:
      “Kasihilah musuhmu dan berdoalah utk-nya”

      Salam Damai!

  36. Arifin permalink
    September 26, 2016 6:08 pm

    skip dulu debat soal agama. kita masih asik disini sedang mereka yg antitesis thd monoteisme siap dgn tatanannya. jgn buat ayat per ayat menjadi bertolak belakang. siapa kita yg dgn mudahnya menafsirkan quran.

  37. October 6, 2016 3:45 pm

    وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
    QS. al-Baqarah (2) : 120

    SEBAGAI PEMBANDING, silakan simak hadits shoheh di bawah ini:

    KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
    HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
    NOMER TARQIM: 2. 18/24.

    Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

    Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

    Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

    PERTANYAAN:
    Apakah orang Yahudi dan Nasrani pernah melakukan pemaksaan kepada muhammad dan pengikutnya sebagaimana muhammad memaksa kafir dengan menghunus pedang untuk masuk islam? (Sesuai laporan dari Hadits shoheh di atas)

    • Wicked Sloth permalink
      November 18, 2016 8:07 am

      Bismillaah akhiy, demi Allah Nabi Muhammad SAW tidak pernah menghunuskan pedang ke arah non-muslim untuk memaksanya menjadi orang muslim. Satu-satunya alasan kenapa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menghunuskan pedang atau berperang adalah ketika dalam peperangan saja atau ketika umat Islam secara tiba-tiba mendapatkan serangan yang mengharuskan umat Islam untuk melawan, namun tentu tidak di kehidupan sehari-hari.

      Sungguh umat Islam adalah umat yang paling memiliki toleransi kepada pemeluk agama manapun. TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN MUHAMMAD ADALAH UTUSANNYA. Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah mampu menghancurkan umat Islam, itulah sunnatullah.

      • November 18, 2016 9:01 am

        @ muslim “wicked sloth”

        muslim “wikced sloth” menulis:
        Bismillaah akhiy, demi Allah Nabi Muhammad SAW tidak pernah menghunuskan pedang ke arah non-muslim untuk memaksanya menjadi orang muslim. Satu-satunya alasan kenapa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menghunuskan pedang atau berperang adalah ketika dalam peperangan saja atau ketika umat Islam secara tiba-tiba mendapatkan serangan yang mengharuskan umat Islam untuk melawan, namun tentu tidak di kehidupan sehari-hari.

        Sungguh umat Islam adalah umat yang paling memiliki toleransi kepada pemeluk agama manapun. TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN MUHAMMAD ADALAH UTUSANNYA. Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah mampu menghancurkan umat Islam, itulah sunnatullah.

        **** TANGGAPAN Sha-sha ****
        Mungkin perlu dibaca ulang secara pelan-pelan?

        KUTIPAN:
        KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
        HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
        NOMER TARQIM: 2. 18/24.

        Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

        Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

        Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”
        ~~~~~~~~~~~~~
        PERTANYAAN nya diganti deh:
        Apa yang bakal diperbuat oleh muhammad kalau ada manusia yang ogah bersyahadat?
        Apa yang bakal diperbuat oleh muhammd kalau ada manusia yang ogah menegakkan shalat? ogah menunaikan zakat?

        muhammad sudah menjawabnya di dalam hadits itu , bukan?

  38. ahyanuar permalink
    November 24, 2016 2:36 am

    @sha sha,

    PERTANYAAN nya diganti deh:
    Apa yang bakal diperbuat oleh muhammad kalau ada manusia yang ogah bersyahadat?
    Apa yang bakal diperbuat oleh muhammd kalau ada manusia yang ogah menegakkan shalat? ogah menunaikan zakat?
    muhammad sudah menjawabnya di dalam hadits itu , bukan?
    =========================
    cckckckckckck sejauh ape lo memahami ilmu Hadist????
    sejauh ape lo sdh KATAM mempelajari Al Hadist???
    sejauh ape lo memahami bible lo??? ckckckckck

    jika lo paham Al Hadist, silahkan lo jabarkan lengkap hadist yg lo bawa itu???
    gw pengen liat sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye??? bisa???
    ckckckckckck

    • November 24, 2016 3:17 am

      @muslim “ahyanuar”

      muslim “ahyanuar” bertanya:
      cckckckckckck sejauh ape lo memahami ilmu Hadist????
      sejauh ape lo sdh KATAM mempelajari Al Hadist???
      sejauh ape lo memahami bible lo??? ckckckckck

      jika lo paham Al Hadist, silahkan lo jabarkan lengkap hadist yg lo bawa itu???
      gw pengen liat sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye??? bisa???
      ckckckckckck

      ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
      Lha? Kan? Tinggal membaca Haditsnya saja? Apa yang elo baca ya itulah yang dimau oleh muhammad:

      Baca ulang pelan-pelan:

      KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
      HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
      NOMER TARQIM: 2. 18/24.

      Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

      Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

      Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

      TERLIHAT JELAS:
      Bahwa muhammad DIPERINTAHKAN oleh rabb-nya supaya:
      MEMERANGI orang kafir yang ogah bersyahadat
      MEMERANGI orang kafir yang ogah shalat
      MEMERANGI orang kafir yang ogah menunaikan zakat
      Darah orang yang ogah ber-islam adalah HALAL

      TAPI kalau orang itu mau bersyahadat, mau shalat, mau ber-zakat ,maka darah dan hartanya AMAN dari amuk muhammad

      Itulah yang bisa ditangkap dari makna hadits di atas itu.

      • ahyanuar permalink
        November 24, 2016 3:41 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
        Lha? Kan? Tinggal membaca Haditsnya saja? Apa yang elo baca ya itulah yang dimau oleh muhammad:
        Baca ulang pelan-pelan:
        ==========================
        wkwkwkwkwkwk gw tanya sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye, lo masih minta gw suruh baca, ckckckck kalo lo ngaku katanya KATAM itu artinya lo belum bisa memahaminye, betul??? masa lo kgk tau ilmu Al Hadist gimane??? hayooo coba terangkan giman pemahaman lo dimari hadist yg lo bawa tsb????

        cuyyyy pertanyaan lo itu basian dari kapen tau… itu artiny alo copasan cari fitnahan dari yg lalu dan lo tidak mau mencari atas jawaban fitnahan tsb, silahkan lo googling buat cari jawaban lo itu, gimana??? bisa dibawakan juga dimari gk???

        gw suka nantang orang yg suka NGAKU NGAKU, makanya gw tantang buat buktiin kebenaran ngaku ngaku nye ntu…

        ckckckckck

      • November 24, 2016 4:03 am

        @ muslim “ahyanuar”

        muslim “ahyanuar” bertanya:
        jika lo paham Al Hadist, silahkan lo jabarkan lengkap hadist yg lo bawa itu???
        gw pengen liat sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye??? bisa???
        ckckckckckck

        Sha-Sha menjawabnya:
        Lha? Kan? Tinggal membaca Haditsnya saja? Apa yang elo baca ya itulah yang dimau oleh muhammad:

        Baca ulang pelan-pelan:

        KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
        HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
        NOMER TARQIM: 2. 18/24.

        Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

        Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

        Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

        TERLIHAT JELAS:
        Bahwa muhammad DIPERINTAHKAN oleh rabb-nya supaya:
        MEMERANGI orang kafir yang ogah bersyahadat
        MEMERANGI orang kafir yang ogah shalat
        MEMERANGI orang kafir yang ogah menunaikan zakat
        Darah orang yang ogah ber-islam adalah HALAL

        TAPI kalau orang itu mau bersyahadat, mau shalat, mau ber-zakat ,maka darah dan hartanya AMAN dari amuk muhammad

        Itulah yang bisa ditangkap dari makna hadits di atas itu.

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        wkwkwkwkwkwk gw tanya sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye, lo masih minta gw suruh baca, ckckckck kalo lo ngaku katanya KATAM itu artinya lo belum bisa memahaminye, betul??? masa lo kgk tau ilmu Al Hadist gimane??? hayooo coba terangkan giman pemahaman lo dimari hadist yg lo bawa tsb????

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Lha? Kan? Sudah jelas pemahaman tentang hadits di atas itu? Apanya yang kurang jelas? Aneh lu…

        Pemahaman atas naskah tertulis ya harus dengan cara MEMBACA-nya kemudian dicoba memahami bahasanya, kalau gak mengerti bahasanya bisa dibantu dengan TERJEMAHAN nya….gitu ajah koq repot?
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        muslim “ahyanuar” bertanya:
        cuyyyy pertanyaan lo itu basian dari kapen tau… itu artiny alo copasan cari fitnahan dari yg lalu dan lo tidak mau mencari atas jawaban fitnahan tsb, silahkan lo googling buat cari jawaban lo itu, gimana??? bisa dibawakan juga dimari gk???

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Kutipan Hadits yang Sha-Sha hadirkan itu BUKAN FITNAH tapi bisa ditemui di “www.lidwa.com”, nomer tarqim nya juga Sha-Sha sertakan biar semua orang bisa mencari dengan mudah.
        Jadi: Mustahil ada bantahan atas hadits shoheh itu karena memang kebenarannya tidak mungkin bisa dibantah.
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        muslim “ahyanuar” menulis:
        gw suka nantang orang yg suka NGAKU NGAKU, makanya gw tantang buat buktiin kebenaran ngaku ngaku nye ntu…

        ckckckckck

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Ya silakan ente mengajukan berbagai pertanyaan buat menguji pengakuan Sha-Sha …ente boleh bertanya tentang islam atau Kristen, semua akan Sha-Sha jawab dengan ke-ilmu-an.

      • ahyanuar permalink
        November 24, 2016 4:22 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Kutipan Hadits yang Sha-Sha hadirkan itu BUKAN FITNAH tapi bisa ditemui di “www.lidwa.com”, nomer tarqim nya juga Sha-Sha sertakan biar semua orang bisa mencari dengan mudah.
        Jadi: Mustahil ada bantahan atas hadits shoheh itu karena memang kebenarannya tidak mungkin bisa dibantah.
        ===========================
        ckckckckckc ketika lo MENGAKU katanye KATAM, maka gw nanya sejauh ape lo memahami n mempelajarinye, betul?? nahh kalo lo paham n ngerti ilmu Al Hadist maka seharusnye lo TAHU n PAHAM perkara ape yg sedang dibahas n dipertanyakan, bukan ujug ujug keluar statement bgitu yang tanpa dasar, betul gk???
        nah kalo lo maen kutip n lo asumsikan seolah ada perintah memerangi, maka itu lo jelas TANPA ILMU apa apa dan berdasarkan asumsi lo doank, jadi dipastikan bhw dng PENGAKUAN lo yg katanya KATAM merupakan DUSTA, PENIPU dan BULLSHIT, setuju???? knp? krn agama lo ngebolehin umatnye buat TIPU TIPU dan DUSTA itu fakta sha asal lo tau!!! kalo mau bukti, akan gw kasih dari berbagai sumber, gimana???
        ——————————————
        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Ya silakan ente mengajukan berbagai pertanyaan buat menguji pengakuan Sha-Sha …ente boleh bertanya tentang islam atau Kristen, semua akan Sha-Sha jawab dengan ke-ilmu-an.
        ===========================
        ckckckckckck pertanyan pertanyaan gw buat lo sudah TERUJI lo cuma NGASAL jawabnye, jadi ILMU lo SE SENDOK aje, mau bukti???

        https://perhatikanlah.wordpress.com/2010/09/27/bukti-yesus-bukan-tuhan/#comments

        silahkan lo baca baca lagi debatan kita, silahkan lo jabarkan disini…

      • November 24, 2016 4:48 am

        @muslim “ahyanuar”

        muslim “ahyanuar” menulis:
        ckckckckckc ketika lo MENGAKU katanye KATAM, maka gw nanya sejauh ape lo memahami n mempelajarinye, betul?? nahh kalo lo paham n ngerti ilmu Al Hadist maka seharusnye lo TAHU n PAHAM perkara ape yg sedang dibahas n dipertanyakan, bukan ujug ujug keluar statement bgitu yang tanpa dasar, betul gk???

        nah kalo lo maen kutip n lo asumsikan seolah ada perintah memerangi, maka itu lo jelas TANPA ILMU apa apa dan berdasarkan asumsi lo doank, jadi dipastikan bhw dng PENGAKUAN lo yg katanya KATAM merupakan DUSTA, PENIPU dan BULLSHIT, setuju???? knp? krn agama lo ngebolehin umatnye buat TIPU TIPU dan DUSTA itu fakta sha asal lo tau!!! kalo mau bukti, akan gw kasih dari berbagai sumber, gimana???

        ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
        Kan? Sha-Sha sudah menghadirkan kutipan hadits nya? Bagaimana itu bisa dibilang TIPU-TIPU? Bagaimana itu bisa dibilang NGASAL?

        Baca ulang pelan-pelan:

        KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
        HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
        NOMER TARQIM: 2. 18/24.

        Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

        Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

        Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

        TERLIHAT JELAS:
        Bahwa muhammad DIPERINTAHKAN oleh rabb-nya supaya:
        MEMERANGI orang kafir yang ogah bersyahadat
        MEMERANGI orang kafir yang ogah shalat
        MEMERANGI orang kafir yang ogah menunaikan zakat

        ARTINYA: Darah orang yang ogah ber-islam adalah HALAL

        TAPI kalau orang itu mau bersyahadat, mau shalat, mau ber-zakat ,maka darah dan hartanya AMAN dari amukan muhammad

        Itulah yang bisa ditangkap dari makna hadits di atas itu.

  39. November 24, 2016 4:04 am

    @ muslim “ahyanuar”

    muslim “ahyanuar” bertanya:
    jika lo paham Al Hadist, silahkan lo jabarkan lengkap hadist yg lo bawa itu???
    gw pengen liat sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye??? bisa???
    ckckckckckck

    Sha-Sha menjawabnya:
    Lha? Kan? Tinggal membaca Haditsnya saja? Apa yang elo baca ya itulah yang dimau oleh muhammad:

    Baca ulang pelan-pelan:

    KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
    HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
    NOMER TARQIM: 2. 18/24.

    Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

    Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

    Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

    TERLIHAT JELAS:
    Bahwa muhammad DIPERINTAHKAN oleh rabb-nya supaya:
    MEMERANGI orang kafir yang ogah bersyahadat
    MEMERANGI orang kafir yang ogah shalat
    MEMERANGI orang kafir yang ogah menunaikan zakat
    Darah orang yang ogah ber-islam adalah HALAL

    TAPI kalau orang itu mau bersyahadat, mau shalat, mau ber-zakat ,maka darah dan hartanya AMAN dari amuk muhammad

    Itulah yang bisa ditangkap dari makna hadits di atas itu.

    muslim “ahyanuar” menyahut:
    wkwkwkwkwkwk gw tanya sejauh ape lo memahami dan mempelajarinye, lo masih minta gw suruh baca, ckckckck kalo lo ngaku katanya KATAM itu artinya lo belum bisa memahaminye, betul??? masa lo kgk tau ilmu Al Hadist gimane??? hayooo coba terangkan giman pemahaman lo dimari hadist yg lo bawa tsb????

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Lha? Kan? Sudah jelas pemahaman tentang hadits di atas itu? Apanya yang kurang jelas? Aneh lu…

    Pemahaman atas naskah tertulis ya harus dengan cara MEMBACA-nya kemudian dicoba memahami bahasanya, kalau gak mengerti bahasanya bisa dibantu dengan TERJEMAHAN nya….gitu ajah koq repot?
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    muslim “ahyanuar” bertanya:
    cuyyyy pertanyaan lo itu basian dari kapen tau… itu artiny alo copasan cari fitnahan dari yg lalu dan lo tidak mau mencari atas jawaban fitnahan tsb, silahkan lo googling buat cari jawaban lo itu, gimana??? bisa dibawakan juga dimari gk???

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Kutipan Hadits yang Sha-Sha hadirkan itu BUKAN FITNAH tapi bisa ditemui di “www.lidwa.com”, nomer tarqim nya juga Sha-Sha sertakan biar semua orang bisa mencari dengan mudah.
    Jadi: Mustahil ada bantahan atas hadits shoheh itu karena memang kebenarannya tidak mungkin bisa dibantah.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    muslim “ahyanuar” menulis:
    gw suka nantang orang yg suka NGAKU NGAKU, makanya gw tantang buat buktiin kebenaran ngaku ngaku nye ntu…

    ckckckckck

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Ya silakan ente mengajukan berbagai pertanyaan buat menguji pengakuan Sha-Sha …ente boleh bertanya tentang islam atau Kristen, semua akan Sha-Sha jawab dengan ke-ilmu-an.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 4:27 am

      @sha sha,

      DAN bawakan disini kisah atau sejarah Nabi Muhammad yang memerangi tanpa dasar, monggo????

      cckckckckckckck

      GIMANA DENGAN INI…

      Sha-Sha menulis:
      Dan simak Rasul Paulus mengajar:
      Roma
      12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
      muslim “ahyanuar” menyahut:
      wkwkwkwkwkw ngasih makan aje dianggep HEBAT, coyyyy brp banyak orang dulu yg ngasih makan sama orang??? ckckckkcck paulus ngasih makan aje dianggep ngajarin kasih n dianggep rasul, wkwkwkwk gada yg laen ape kerjaannye dia??? wkwkwkw
      **** TANGGAPAN Sha-Sha ****
      Hanya orang-orang Pengikut Kristus saja yang belajar pada ajaran KASIH…sampai-sampai diperintahkan untuk mengasihi seteru/musuh segala.
      ==========================
      wkwkwkwkwkwk cuyy kerjaan nye si apulus itu cuma MEMBANTAI dan MEMBUNUH, ape lo sdh baca sejarahnye paulus??? ckckckckckck
      1 Samuel 22
      19 : “Saul juga memerintahkan untuk membunuh seluruh penduduk Nob, kota imam itu; laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi, juga sapi, keledai dan domba, semuanya dihabisi nyawanya.”
      seperti itukah yg lo maksud ajaran KASIH????? hanya otak PEA yg bisa bilang bgitu cuy…
      wkwkwkwkwkwk
      padahal di 1 samuel 22 kondisinya lagi berseteru, wkwkwkwkwkwk apakah di ayat 19 tsb ada ajaran kasih nye??? ckckckckckck
      ASBUN mlulu lo tuhhhhh kalo mau BEGO BEGO in orang jangan dimari cuy…
      lo debat aje sama pendeta pendeta lo di gereja, bisa gk???
      wkwkwkwkwkwk

      PLOTOTIN yg ini sha : 19 : “Saul juga memerintahkan untuk membunuh seluruh penduduk Nob, kota imam itu; laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi, juga sapi, keledai dan domba, semuanya dihabisi nyawanya.”

  40. November 24, 2016 4:50 am

    @muslim “ahyanuar”

    muslim “ahyanuar” menulis:
    ckckckckckc ketika lo MENGAKU katanye KATAM, maka gw nanya sejauh ape lo memahami n mempelajarinye, betul?? nahh kalo lo paham n ngerti ilmu Al Hadist maka seharusnye lo TAHU n PAHAM perkara ape yg sedang dibahas n dipertanyakan, bukan ujug ujug keluar statement bgitu yang tanpa dasar, betul gk???

    nah kalo lo maen kutip n lo asumsikan seolah ada perintah memerangi, maka itu lo jelas TANPA ILMU apa apa dan berdasarkan asumsi lo doank, jadi dipastikan bhw dng PENGAKUAN lo yg katanya KATAM merupakan DUSTA, PENIPU dan BULLSHIT, setuju???? knp? krn agama lo ngebolehin umatnye buat TIPU TIPU dan DUSTA itu fakta sha asal lo tau!!! kalo mau bukti, akan gw kasih dari berbagai sumber, gimana???

    ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
    Kan? Sha-Sha sudah menghadirkan kutipan hadits nya? Bagaimana itu bisa dibilang TIPU-TIPU? Bagaimana itu bisa dibilang NGASAL?

    Baca ulang pelan-pelan:

    KUTIPAN: (dikutip dari http://www.lidwa.com)
    HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
    NOMER TARQIM: 2. 18/24.

    Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Musnadi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Rauh Al Harami bin Umarah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Waqid bin Muhammad berkata; aku mendengar bapakku menceritakan dari Ibnu Umar,

    Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; tidak ada ilah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat.

    Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah”

    TERLIHAT JELAS:
    Bahwa muhammad DIPERINTAHKAN oleh rabb-nya supaya:
    MEMERANGI orang kafir yang ogah bersyahadat
    MEMERANGI orang kafir yang ogah shalat
    MEMERANGI orang kafir yang ogah menunaikan zakat

    ARTINYA: Darah orang yang ogah ber-islam adalah HALAL

    TAPI kalau orang itu mau bersyahadat, mau shalat, mau ber-zakat ,maka darah dan hartanya AMAN dari amukan muhammad

    Itulah yang bisa ditangkap dari makna hadits di atas itu.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:36 am

      @sha sha,

      ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
      Kan? Sha-Sha sudah menghadirkan kutipan hadits nya? Bagaimana itu bisa dibilang TIPU-TIPU? Bagaimana itu bisa dibilang NGASAL?
      ============================
      ckckckckck makanya gw kasih link sbg jawaban atas pertanyaan NGASAL lo sha, nahh pertanyaan gw, apakah lo sdh baca n paham sm jawaban di link tsb??? jika paham makasa jabarkan disini, bisa?
      tapi gw yakin lo gk akan mau baca nye,,, ia khan…
      nihh gw akan jawab hadist yg lo bawa itu, TOLONG di SIMAK dan pahami, krn tanpa mau memahami maka artinya lo tidak punya ilmu.

      PERTAMA : lo mengutip hadist tsb sekedar kutip dan berasumsi saja pada perikop hadist nye tanpa mau cari sanad dan hukumnye, itu makanya gw nanya sejauh ape lo paham n mengerti hukum Al Hadist, betul?
      PADA DASAR NYA ISLAM TAK MEMAKSA AGAMA APALAGI DENGAN ANCAMAN MATI DAN HARTA NYA DI RAMPAS JIKA TAK MASUK ISLAM
      Islam tak pernah memaksa kan agama.tak ada pemaksaan agama dalam islam,apalagi dengan ancaman mati dan di rampas harta nya jika tak mau masuk islam.

      Al-Baqarah:256

      لَآ إِكْرَاهَ فِى ٱلدِّينِ ۖ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشْدُ مِنَ ٱلْغَىِّ ۚ فَمَن يَكْفُرْ بِٱلطَّٰغُوتِ وَيُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱسْتَمْسَكَ بِٱلْعُرْوَةِ ٱلْوُثْقَىٰ لَا ٱنفِصَامَ لَهَا ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

      Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

      Diriwayatkan oleh Abu Daud, Nasai dan Ibnu Hibban, dari Ibnu Abbas, katanya, “Ada seorang wanita yang sering keguguran, maka dia berjanji pada dirinya, sekiranya ada anaknya yang hidup, akan dijadikannya seorang Yahudi. Maka tatkala Bani Nadhir diusir dari Madinah, kebetulan di antara mereka ada anak Ansar, maka kata orang-orang Ansar, ‘Kami tak akan membiarkan anak-anak kami,’ maka Allah pun menurunkan, ‘Tak ada paksaan dalam agama.’” (Q.S. Al-Baqarah 256) Ibnu Jarir mengetengahkan, dari jalur Said atau Ikrimah dari Ibnu Abbas, katanya, “Tak ada paksaan dalam agama.” Ayat itu turun mengenai seorang Ansar dari Bani Salim bin Auf bernama Hushain, yang mempunyai dua orang anak beragama Kristen, sedangkan ia sendiri beragama Islam. Maka katanya kepada Nabi saw., “Tidakkah akan saya paksa mereka, karena mereka tak hendak meninggalkan agama Kristen itu?” Maka Allah pun menurunkan ayat tersebut.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:37 am

      Al-Kahfi:29

      وَقُلِ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَآءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَآءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّآ أَعْتَدْنَا لِلظَّٰلِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا۟ يُغَاثُوا۟ بِمَآءٍۢ كَٱلْمُهْلِ يَشْوِى ٱلْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ ٱلشَّرَابُ وَسَآءَتْ مُرْتَفَقًا

      Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.

      Jika pun terjadi perang antara muslim dan kafir,maka pihak muslim dalam perang itu tak boleh memaksakan agama islam.harus ada beberapa opsi dalam perang itu,yakni:

      Masuk islam
      jika tak mau masuk islam juga,bayar jizyah
      jika tak mau bayar jizyah,maka perangi
      اغْزُوا بِاسْمِ اللَّهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَاتِلُوا مَنْ كَفَرَ بِاللَّهِ اغْزُوا وَلَا تَغُلُّوا وَلَا تَغْدِرُوا وَلَا تَمْثُلُوا وَلَا تَقْتُلُوا وَلِيدًا

      ”Berperanglah atas nama Allah ! di jalan Allah ! Perangilah orang yang kufur kepada Allah ! Berperanglah dan jangan curang, jangan berkhianat, jangan berlaku kejam (dengan memotong hidung dan telinga), dan jangan membunuh anak-anak !

      وَإِذَا لَقِيتَ عَدُوَّكَ مِنْ الْمُشْرِكِينَ فَادْعُهُمْ إِلَى ثَلَاثِ خِصَالٍ أَوْ خِلَالٍ فَأَيَّتُهُنَّ مَا أَجَابُوكَ فَاقْبَلْ مِنْهُمْ وَكُفَّ عَنْهُمْ ثُمَّ ادْعُهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ

      Apabila kamu bertemu dengan kaum musyrikin yang menjadi musuhmu, maka tawarkanlah kepada mereka tiga pilihan, yang mana salah satu diantara tiga tersebut yang mereka pilih, maka terimalah dan janganlah mereka diserang, lalu ajaklah mereka masuk Islam.

      فَإِنْ أَجَابُوكَ فَاقْبَلْ مِنْهُمْ وَكُفَّ عَنْهُمْ ثُمَّ ادْعُهُمْ إِلَى التَّحَوُّلِ مِنْ دَارِهِمْ إِلَى دَارِ الْمُهَاجِرِينَ

      Apabila mereka menerima ajakanmu, maka terimalah dan janganlah mereka diserang. Kemudian ajaklah mereka untuk berpindah dari perkampungan mereka menuju perkampungan orang Muhajirin.

      وَأَخْبِرْهُمْ أَنَّهُمْ إِنْ فَعَلُوا ذَلِكَ فَلَهُمْ مَا لِلْمُهَاجِرِينَ وَعَلَيْهِمْ مَا عَلَى الْمُهَاجِرِينَ

      (Jika mereka mau pindah) Beritahukan kepada mereka bahwa mereka akan mendapatkan hak dan kewajiban yang sama seperti orang-orang Muhajirin.

      فَإِنْ أَبَوْا أَنْ يَتَحَوَّلُوا مِنْهَا فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّهُمْ يَكُونُونَ كَأَعْرَابِ الْمُسْلِمِينَ يَجْرِي عَلَيْهِمْ حُكْمُ اللَّهِ الَّذِي يَجْرِي عَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَكُونُ لَهُمْ فِي الْغَنِيمَةِ وَالْفَيْءِ شَيْءٌ إِلَّا أَنْ يُجَاهِدُوا مَعَ الْمُسْلِمِينَ

      Jika mereka tidak mau pindah dari rumah mereka, maka beritahukanlah kepada mereka bahwa mereka diperlakukan seperti kaum muslimin yang ada di pedalaman dengan diberlakukan hukum Allah atas mereka seperti yang berlaku atas orang-orang mukmin lain tanpa mendapat bagian dari ghanimah dan fa’i, kecuali jika mereka turut berjihad bersama kaum muslimin.

      فَإِنْ هُمْ أَبَوْا فَسَلْهُمْ الْجِزْيَةَ

      Jika mereka tidak mau masuk Islam, maka suruhlah mereka membayar jizyah.

      فَإِنْ هُمْ أَجَابُوكَ فَاقْبَلْ مِنْهُمْ وَكُفَّ عَنْهُمْ

      Jika mereka bersedia, maka terimalah dan janganlah mereka diperangi.

      فَإِنْ هُمْ أَبَوْا فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَقَاتِلْهُمْ

      Apabila mereka menolak, maka mintalah pertolongan kepada Allah dan perangilah mereka !

      وَإِذَا حَاصَرْتَ أَهْلَ حِصْنٍ فَأَرَادُوكَ أَنْ تَجْعَلَ لَهُمْ ذِمَّةَ اللَّهِ وَذِمَّةَ نَبِيِّهِ فَلَا تَجْعَلْ لَهُمْ ذِمَّةَ اللَّهِ وَلَا ذِمَّةَ نَبِيِّهِ

      Apabila kamu mengepung benteng musuh lalu mereka menginginkan agar engkau berikan kepada mereka perlindungan dan jaminan Allah serta Nabi-Nya, maka janganlah engkau berikan kepadanya perlindungan Allah serta Nabi-Nya.

      وَلَكِنْ اجْعَلْ لَهُمْ ذِمَّتَكَ وَذِمَّةَ أَصْحَابِكَ فَإِنَّكُمْ أَنْ تُخْفِرُوا ذِمَمَكُمْ وَذِمَمَ أَصْحَابِكُمْ أَهْوَنُ مِنْ أَنْ تُخْفِرُوا ذِمَّةَ اللَّهِ وَذِمَّةَ رَسُولِهِ

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:38 am

      Tetapi, berilah mereka perlindungan dan jaminan dari kamu sendiri dan pasukanmu. Karena jika kamu berikan perlindungan dan jaminanmu beserta pasukanmu, maka itu lebih ringan resikonya daripada engkau berikan perlindungan danjaminan Allah serta Nabi-Nya.

      وَإِذَا حَاصَرْتَ أَهْلَ حِصْنٍ فَأَرَادُوكَ أَنْ تُنْزِلَهُمْ عَلَى حُكْمِ اللَّهِ فَلَا تُنْزِلْهُمْ عَلَى حُكْمِ اللَّهِ

      Apabila kamu mengepung benteng musuh, lalu mereka ingin agar engkau memberlakukan kepada mereka hukum Allah, maka janganlah engkau berlakukan hukum Allah kepada mereka.

      وَلَكِنْ أَنْزِلْهُمْ عَلَى حُكْمِكَ فَإِنَّكَ لَا تَدْرِي أَتُصِيبُ حُكْمَ اللَّهِ فِيهِمْ أَمْ لَا

      Tetapi, berlakukanlah kepada mereka hukum dari kamu sendiri; karena kamu tidak tahu apakah kamu benar-benar telah memberlakukan hukum Allah kepada mereka atau belum”

      [HR. Muslim no. 1731]

      Jadi dalam perang-perang islam,tak ada SATU OPSI SAJA…MASUK ISLAM,ATAU MATI DAN HARTA NYA DI RAMPAS.itu tak benar…..ada 3 opsi dalam perang islam,,,,,,ajakan masuk islam,jika tak mau maka ajakan tunduk untuk bayar jizyah,jika tak mau,maka terpaksa di perangi.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:39 am

      @sha sha,

      KEDUA : MANA BUKTI SEJARAH NYA RASULULLAH DAN PARA SAHABAT BERPERANG DENGAN TUJUAN MEMAKSA AGAMA,JIKA TAK MAU MASUK ISLAM,SEMUA PRIA,WANITA DAN ANAK-ANAK DI EKSEKUSI MATI DAN HARTA NYA DI RAMPAS?

      Jika hadis yang paling atas yang sedang kita bahas memaksud kan bahwa Rasul dan para sahabat nya berperang dengan tujuan memaksa agama jika tak mau mati dan harta nya di rampas,maka adakah bukti sejarah nya pada Rasulullah dan para sahabat?saya rasa tidak ada.yang ada adalah,setiap perang yang Rasul lakukan setelah ada perintah jihad,selalu ada opsi membayar jzyah.jika mereka tak mau masuk islam,maka mereka bisa ganti membayar jizyah sebagai tunduk menjadi warga negara.dan dengan jizyah itu mereka aman beragama dengan agama nya dengan bebas.prinsip suaka tampa memaksa agama seperti contoh ayat ini:

      At-Taubah:6
      وَإِنْ أَحَدٌۭ مِّنَ ٱلْمُشْرِكِينَ ٱسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَٰمَ ٱللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُۥ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌۭ لَّا يَعْلَمُونَ
      Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.
      Dalam peperangan yang berkecamuk antara muslim dan musyrik,jika ada orang musyrik yang lari ke wilayah muslim,tak mau bereperang di pihak kaum nya,maka negara muslim wajib melindungi orang musyrik itu ke tempat yang aman tampa di paksa melepas kan agama nya.tak ada sejarah nya Rasulullah dan para sahabat memaksakan agama,jika tidak mau islam,maka di bunuh dan harta nya di rampas.yang ada adalah dalam perang islam,jika orang-orang musyrik atau kafir tak mau memeluk islam,mereka tak akan di paksa.mereka hanya di wajib kan membayar jizyah.

      KETIGA : MAKSUD PERKATAAN:AKU DI PERINTAH MEMERANGI MANUSIA SEHINGGA BERSAKSI TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN MUHAMMAD RASULULLAH…..
      Maksud perkataan Rasul di atas adalah perang itu terjadi setelah Rasulullah di perangi oleh orang-orang Musyrik atau kafir.maka ketika Rasul di perangi,maka Rasul pun memerangi balik sebagai pertahanan diri.Yusuf Qardhawi di dalam Fiqih Jihad juga menjelaskan bahwa perang-perang yang dilakukan oleh umat Islam di masa Rasulullah, baik ghazwah maupun sariyah, hampir semuanya didahului oleh penyerangan dari pihak musuh, rencana penyerangan dari pihak musuh (diantaranya dengan memobilisasi kekuatan), atau pengkhianatan pihak musuh (misalnya Yahudi Bani Qainuqa’, Quraidhah, dan Nadhir). Bisa dikatakan bahwa peperangan Rasulullah bersifat difa’iyah (defensif). jadi ketika Rasul di perangi duluan,maka Allah memerintah Rasul memerangi balik mereka,seperti Firman Allah:

      An-Nisa (4) No. Ayat : : 84

      فَقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللّهِ لاَ تُكَلَّفُ إِلاَّ نَفْسَكَ وَحَرِّضِ الْمُؤْمِنِينَ عَسَى اللّهُ أَن يَكُفَّ بَأْسَ الَّذِينَ كَفَرُواْ وَاللّهُ أَشَدُّ بَأْساً وَأَشَدُّ تَنكِيلاً

      4.84. Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri . Kobarkanlah semangat para mu’min (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras siksaan(Nya).

      At-Taubah (9) No. Ayat : : 13

      أَلاَ تُقَاتِلُونَ قَوْماً نَّكَثُواْ أَيْمَانَهُمْ وَهَمُّواْ بِإِخْرَاجِ الرَّسُولِ وَهُم بَدَؤُوكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ أَتَخْشَوْنَهُمْ فَاللّهُ أَحَقُّ أَن تَخْشَوْهُ إِن كُنتُم مُّؤُمِنِينَ

      9.13. Mengapakah kamu tidak memerangi orang-orang yang merusak sumpah (janjinya), padahal mereka telah keras kemauannya untuk mengusir Rasul dan merekalah yang pertama mulai memerangi kamu?. Mengapakah kamu takut kepada mereka padahal Allah-lah yang berhak untuk kamu takuti, jika kamu benar-benar orang yang beriman.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:40 am

      Al-Hajj (22) No. Ayat : : 39

      أُذِنَ لِلَّذِينَ يُقَاتَلُونَ بِأَنَّهُمْ ظُلِمُوا وَإِنَّ اللَّهَ عَلَى نَصْرِهِمْ لَقَدِيرٌ

      22.39. Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah, benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu,

      Al-Hajj (22) No. Ayat : : 40

      الَّذِينَ أُخْرِجُوا مِن دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ إِلَّا أَن يَقُولُوا رَبُّنَا اللَّهُ وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُم بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَصَلَوَاتٌ وَمَسَاجِدُ يُذْكَرُ فِيهَا اسْمُ اللَّهِ كَثِيراً وَلَيَنصُرَنَّ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

      22.40. (yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: “Tuhan kami hanyalah Allah”. Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa,

      Jadi ketika Rasul bersabda: “Aku diperintah untuk memerangi manusia sehingga bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, dan supaya mereka menegakkan shalat dan mengeluarkan zakat. Jika mereka melakukan itu maka darah dan harta mereka mendapat perlindungan dariku,maksud nya ialah: Allah memerintah memerangi manusia yang memerangi Rasulullah terlebih dahulu.ketika Rasul mengadakan serangan balik itu,perang Rasul itu di sertai pula dengan mendakwahi orang-orang musyrik dan kafir yang memerangi beliau.jadi perang itu bukan sekedar perang belaka tampa missi menyebar kan islam.Rasul ketika memerangi balik para agressor,juga di sisipi misi menyebar kan islam.karena itu lah ia di utus.jika kaum musyrik dan kafir itu mau menyerah(karena takut misal nya),lalu mau pelajari islam lalu masuk islam,maka mereka tak akan di ganggu/di bunuh,tak akan ada pembantaian seperti hal nya jepang membantai penduduk kota nangking.,dan harta mereka tak akan di jadikan ghanimah.jika mereka tak mau masuk islam,namun karena takut mereka menyerah dan mau membayar jizyah,maka mereka tak akan di paksa masuk islam.mereka bebas dengan agama nya.harta mereka pun tak akan di ganggu.jika mereka tak mau masuk islam,tak apa-apa,mereka di tawar kan opsi kedua,bayar jizyah,jika tak mau juga,maka perang pun terjadi.jika kafir dan musyrik kalah,maka orang-orang kafir dan musyrik yang terlibat perang,harta nya menjadi ghanimah,ingat,yang hanya terlibat perang dengan kaum muslimin.seperti misal nya seorang tentara musuh terbunuh,maka harta yang ada di badan nya berupa senjata dll menjadi ghanimah.

      Seperti contoh ketika terjadi PEPERANGAN KHAIBAR,Rasul bersabda serupa pada Ali bin Abi Thalib:

      ’Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ’anhu dengan Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam saat beliau menugaskannya menaklukkan Khaibar :

      ”Wahai Rasulullah, atas dasar alasan apa kita memerangi manusia (yaitu ahlul-Khaibar) ?”

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:42 am

      Beliau shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda :

      قاتلهم حتى يشهدوا أن لا إله إلا الله وإن محمداًَ رسول الله، فإذا فعلوا ذلك منعوا منك دماءهم وأموالهم إلا بحقها وحسابهم على الله

      ”Perangilah mereka hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah melainkan Allah dan bahwasannya Muhammad utusan Alah. Jika mereka melakukan hal tersebut, maka mereka menjaga darah dan harta mereka darimu kecuali dengan haknya; dan hisab mereka ada pada Allah”

      [Syarh Shahih Muslim 2/59, Fathul-Baari 1/104, Jaami’ul-Ulum wal-Hikaam no. 8, dan As-Sirah An-Nabawiyyah Ash-Shahiihah 1/323].

      Jika kita memahami hadist di atas secara mentah,maka seakan-akan Nabi menyerbu khaibar karena alasan menyebar kan islam semata.jika mereka tak ucap kan syahadat,maka darah mereka dan harta mereka akan tak di jaga….TENTU TAFSIRAN ITU SALAH…Rasul menyerbu Khaibar karena ADA PENCETUS MULA-MULA NYA.

      Khaibar, adalah sebuah kota besar sekitar delapan barid (sekitar 80 mil) dari Madinah ke arah Syam (utara). Kota ini memiliki benteng-benteng pertahanan cukup kuat, yang merupakan markas besar semua siasat keji yang diarahkan kepada Islam dan kaum muslimin. Dari sinilah upaya mendatangkan pasukan gabungan (Al-Ahzab) untuk menumpas kaum muslimin. Mereka menghasut Bani Quraizhah, mengkhianati perjanjian mereka, selalu berhubungan dengan munafikin Madinah dan beberapa kabilah ‘Arab lainnya yang benci kepada Islam dan muslimin. Akibatnya, kaum muslimin selalu mengalami berbagai ujian dan cobaan silih berganti. William Montgomery Watt menganggap penyebab pertempuran ini adalah Yahudi Bani Nadhir yang menimbulkan permusuhan melawan umat Islam.

      Akhirnya, setelah berhasil menahan bahkan menghentikan gangguan dan ancaman serangan dari musyrikin Quraisy, mulailah diupayakan menghentikan gangguan dan ancaman dari orang-orang Yahudi tersebut,dengan menunduk kan Khaibar.jadi,Rasul menyerbu khaibar karena yahudi khaibar mencoba menghancur kan madinah dan menjegal dakwah islam yang merupakan reformasi kebaikan bagi jazirah arab dan kemanusiaan secara umum.dalam penyerbuan khaibar ini,rasul tak melupakan dakwah islam untuk menyeru penduduk khaibar pada islam.pada akhir nya,penduduk Khaibar tak masuk islam,apakah mereka di bunuh dan di bantai dan di paksa masuk islam?sama sekali tidak,hal itu tak ada sejarah nya,tak ada sejarah nya penduduk khaibar di paksa masuk islam.mereka hanya membayar pajak pada negara islam madinah,ketika mereka menolak masuk islam.

      KEEMPAT : MAKSUD JIKA MEREKA BACA SYAHADAT,SHALAT DAN ZAKAT,MAKA DARAH DAN HARTA MEREKA DALAM PERLINDUNGAN RASUL
      maksud nya adalah,jika dalam peperangan itu mereka masuk islam dengan ucap kan syahadat,salat dan zakat dengan kerelaan sendiri,maka darah mereka terjaga,arti nya tak ada peperangan lagi,dan harta nya tak akan di jadikan ghanimah.jadi hadist itu tak dapat di tafsir kan bahwa mereka di paksa masuk islam,jika tidak mereka di bunuh dan harta nya di rampas.jadi pemaksaan agama secara keras.yang benar adalah,ketika pasukan muslim menyerang balik musuh,mereka di tawar kan 3 pilihan,yakni:masuk islam?jika tak mau bayar jizyah…..jika tak mau juga terpaksa perang di lanjut kan buat menunduk kan musuh.dalam perang itu,di larang membunuh wanita,anak-anak dan kaum sipil yang tak bersenjata,perang itu harus memakai adab perang.jika mereka kalah,maka ada ghanimah yang di ambil dari prajurit2 musuh yang berperang,maka mereka tunduk di bawah negara islam dengan membayar jizyah.mereka tak di tawar kan islam lagi sebab mereka telah menolak,maka mereka wajib membayar jizyah pada negara.jadi,tak ada pemaksaan masuk islam,jika tak masuk islam maka mati dan harta mereka di rampas semua.contoh nya adalah pertempuran Bushra antara Khulafaur rasyidin versus romawi timur,Ketika kedua pasukan telah siap bertempur, Shurahbil menawarkan terlebih dahulu kepada komandan Romawi (seperti yang selalu disampaikan oleh setiap komandan muslim sebelum memulai pertempuran) tiga opsi yaitu masuk Islam, atau berdamai dan membayar jizyah atau perang. Komandan Romawi tetap memilih perang. Pertempuran-pun akhirnya pecah menjelang siang hari..akhir nya pasukan islam mengepung rapat kota Bushra,pimpinan romawi di situ akhir nya menyerah,lalu Khalid bin walid menyetujui penyerahan kota itu asal kan penduduk kota Bushra membayar Jizyah.so..jadi….tak ada pemaksaan agama di sini,jika mereka tak mau masuk islam,mereka tak di paksa,mereka hanya membayar jizyah.dan ketika mereka membayar jizyah,mereka tetap bebas beribadah di gereja-gereja mereka,memelihara adat mereka sendiri dan di bebas kan dari WAJIB MILITER.apakah dengan tidak mau nya penduduk Bushra masuk islam semua mereka di hukum mati dan harta mereka di rampas?tidak….mereka hanya wajib membayar jizyah.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:42 am

      KELIMA : JIKA PUN DALAM PERANG ISLAM,ISLAM MENYERANG DULUAN,DALAM PERANG ISLAM BUKAN 1 OPSI SAJA YAKNI UCAP KAN SYAHADAT,JIKA TIDAK,MATI SEMUA DAN HARTA NYA DI RAMPAS.
      Setiap perang yang tercetus dalam sejarah islam,pasti ADA API PENCETUS NYA MULA-MULA.seperti Rasul menyerbu khaibar,pencetus mula-mula nya adalah Khaibar di jadikan pusat terkuat yahudi buat menghancur kan negara islam madinah.saya rasa para pimpinan islam pada masa lalu pun tak akan berperang tampa ada pencetus nya,mereka pasti akan pikir-pikir sebelum berperang.apalagi jika antara negara muslim dan kafir ada perjanjian damai antara negara.saya mengatakan,adalah terlarang suatu negara islam menyerang negara kafir yang tak menganggu negara muslim.apalagi sudah terikat perjanjian damai antar negara.jika pun pada masa lalu negara islam menyerang suatu wilayah negara kafir yang tak menganggu islam,di karena kan pada masa lalu belum ada perjanjian damai antara negara-negara dunia secara menyeluruh.negara-negara kafir pun pada masa itu menyerang negara mana yang mereka suka untuk di serang,padahal negara itu tak menganggu mereka.penyerangan itu umum nya motif politik dan ekonomi,seperti ingin menguasai pelabuhan rempah-rempah,dan menguasai jalur perdagangan,dst.jika pun islam pada masa lalu menyerang suatu negara kafir karena kepentingan politik dan ekonomi,maka dalam penyerangan itu tak lantas pasukan islam memaksa masuk islam penduduk di negara yang mereka serang.panglima islam jika menguasai negara itu cuma menetap kan jizyah,tak ada pemaksaan masuk islam.pada masa modern ini sudah ada PERJANJIAN PENUH ANTAR BANGSA DUNIA,bahwa agresi antar negara adalah terlarang.maka masa perjanjian damai dunia ini,negara islam terlarang melakukan agresi tampa ada pencetus nya.dalam perang islam,PERJANJIAN DAMAI ANTARA NEGARA MUSLIM DAN NEGARA KAFIR setelah negara kafir itu menghentikan penyerangan dan permusuhan nya.maka dari itu,pada prinsip nya negara muslim akan berperang dengan negara lain,jika di perangi duluan.

      Al-Baqarah (2) No. Ayat : : 193

      وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لاَ تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلّهِ فَإِنِ انتَهَواْ فَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِينَ

      2.193. Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim

      Maka,adalah naif jika suatu negara islam mengobar kan perang terlebih dahulu walau negara kafir itu tak menganggu islam dengan alasan menyebar kan islam.pemahaman seperti itu mengerikan perdamaian dunia dan harus di lurus kan.namun jika pun negara islam menyerang duluan,tak seburuk perang yang di lakukan kaum bar-bar seumpama bangsa mongol.dalam perang islam,terikat adab-adab perang.jika penduduk negri kafir itu tak mau masuk islam,mereka tak di paksa.namun sebagai kewajiban tahlukan,mereka harus membayar jizyah.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:44 am

      KEENAM : HADIST YANG SEDANG KITA BAHAS INI AKAN BERBAHAYA JIKA DI TAFSIR KAN SECARA SALAH DAN PICIK
      Yakni hadist:“Aku diperintah untuk memerangi manusia sehingga bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, dan supaya mereka menegakkan shalat dan mengeluarkan zakat. Jika mereka melakukan itu maka darah dan harta mereka mendapat perlindungan dariku, kecuali karena alasan-alasan hukum Islam. Sedangkan perhitungan terakhir mereka terserah kepada Allah.

      Para teroris khawarij salah paham akan hadist di atas..pikir mereka perang harus selalu di kobar kan sampai seluruh penduduk bumi ini menjadi muslim.jika hadist itu di pahami secara salah seperti itu,maka betapa mengerikan nya dunia ini berkobar perang terus tampa henti atas alasan agama.lantas,di mana kah kedamaian islam di sini?iman tak dapat di paksakan,menjadikan seluruh bumi muslim adalah sangat naif.sebab manusia di beri kebebasan memilih apakah ia akan menyembah Allah yang haq,atau menyembah tikus seperti yang di lakukan hindu tertentu di kuil karni mata.maksud hadist di atas sudah saya jelas kan secara singkat.rasul memerangi manusia karena mereka memerangi beliau duluan.ketika rasul mengadakan serangan balik,Rasul tak melupakan untuk mendakwahi mereka dengan islam.jika mereka menolak,mereka bayar jizyah,jika menolak,perang terpaksa di lanjut kan.ketika musuh kalah,maka jizyah di beban kan kepada mereka.

      Imam Ibnu al-Qayyim rahimahullah mengatakan : “Setelah surat Barâ`ah (at-Taubah) turun, masalah orang kafir terbagi menjadi tiga golongan : kafir harbi (al-muhâribîn), ahlu al-‘ahd dan ahlu adz-dzimmah.[1]KAFIR HARBI.
      Orang kafir harbi adalah seluruh orang musyrik dan Ahli kitab yang boleh diperangi atau semua orang kafir yang menampakkan permusuhan dan menyerang kaum Muslimin. Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimîn rahimahullah menyatakan : “Kafir harbi tidak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan pemeliharaan dari kaum Muslimin.” [2]
      Mereka adalah orang kafir asli yang diperangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

      أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ إِلَّا بِحَقِّ الْإِسْلَامِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ

      “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat dan menunaikan zakat. Apabila mereka telah melakukannya, berarti mereka telah menjaga jiwa dan harta mereka dariku (Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam) kecuali dengan (alasan-red) hak Islam serta hisab mereka diserahkan kepada Allah” [HR al-Bukhâri]

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:45 am

      Golongan ini diperangi, apabila ia atau negaranya telah menampakkan atau menyatakan perang terhadap kaum Muslimin atau kaum Muslimin terlebih dahulu mengumumkan perang terhadap mereka setelah orang-orang kafir ini menolak ajakan kepada Islam.( klik )

      maka hadist yang sedang kita bahas sekarang ini adalah ketika Rasul mengucap kan: “Aku diperintah untuk memerangi manusia sehingga bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. maksud nya perintah perang itu terjadi ketika Rasul di perangi duluan…dan pihak musyrik dan kafir pada saat itu tak mengikat janji damai sedikit pun dengan islam,malah mereka berusaha hancur kan islam.hadist itu tak memaksud kan bahwa Rasul akan memerangi seluruh manusia musyrik dan kafir sampai semua menjadi muslim,jika tidak mau,mereka mati dan semua harta nya di rampas.pada penyerangan khaibar rasul mengucap kan juga sabda seperti itu,orang-orang yahudi khaibar tak mau masuk islam,dan mereka tak di hukum mati semua dan harta nya di rampas semua.mereka hanya di beban kan jizyah,dan menggarap tanah mereka dengan bagi hasil dengan negara islam madinah…so..salah besar jika memaknai hadis Rasul di atas sebagai teladan Rasul memerangi seluruh umat manusia sampai islam semua,jika tidak,maka mereka mati dan harta mereka di rampas semua.jadi hadist di atas tak bisa di jadikan alasan kaum khawarij untuk mengobar kan perang tampa putus sampai seluruh bumi muslim

      KE TUJUH:BAGAI MANA PENDAPAT IBNU HAJAR AL-ASQALANY TENTANG NASAKH NYA HADIST DI ATAS?
      Ibnu hajar berkata soal hadist di atas: hadits ini dinasakh dengan hukum penarikan jizyah dan mu’ahadah. Kedua, hadits ini bersifat umum lalu dikhususkan dengan hadits lain tentang jizyah dan mu’ahadah bahwa keduanya tidak diperangi? JAWAB SAYA: jadi Ibnu hajar menduduk kan hadist yang di ucap kan Rasul di atas sebelum ada nya syariat jizyah dan mu’ahadah.jadi apakah maksud nya sebelum ada syariat jizyah dan mu’ahadah Rasul boleh memaksa masuk islam para kafir dan musyrik dalam perang?saya berkata: itu tidak mungkin….sepanjang sirah Rasul,tak ada dalam perang Rasul di iringi pemaksaan agama pada yang kalah..jika tidak ia akan mati dan harta nya di rampas.Rasul memerangi musyrikin ketika kaum musyrik itu kalah,maka kaum musyrik itu tak di paksa dalam beragama.masuk islam itu secara sukarela.maka ketika Rasulullah bersabda: “Aku diperintah untuk memerangi manusia sehingga bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, dan supaya mereka menegakkan shalat dan mengeluarkan zakat. Jika mereka melakukan itu maka darah dan harta mereka mendapat perlindungan dariku,maka arti nya Rasul memerangi kaum musyrik harbi yang mau menyerang ,namun di sertai pula seruan dakwah untuk masuk islam.jika mereka tak mau,tentu mereka tak di paksa.sebab SURAT BAQARAH AYAT 256 tentang tak boleh ada pemaksaan agama telah ada terlebih dulu sebelum hadist itu di sabda kan Rasul.malah surat baqarah adalah surat yang pertama turun pada priode madinah.para antek FAITHFREEDOM mengatakan pada era Rasulullah,khalid bin walid pernah memaksakan agama pada BANI JADHIMAH.tuduhan itu adalah sembrono.pencetus Khalid bin walid membunuh beberapa orang dari banu Jadhimah,karena khalid bin walid memeliki permusuhan jahiliyah dengan suku ini.berita tindakan Khlaid bin walid ini sampai kepada Rasulullah hingga Rasul sedih dan berkata:””” O Allâh aku tidak bersalah apa yang telah dilakukan Khalid””,lalu Rasul mengirim Ali untuk membayar uang darah pada Banu jadhimah yang di bunuh Khalid saat itu( silahkan anda membaca nya tentang khalid di wikipedia berbahasa inggris di sini , juga di sini ).jadi pembunuhan yang di lakukan Khalid bin walid bukan karena pemaksaan masuk islam,tetapi di picu oleh persoalan masa lalu pada masa jahiliyah antara Khalid dan banu Jadhimah.itupun ketika Rasul tahu apa yang di lakukan Khalid,Rasulullah sangat marah sekali pada tindakan khalid.pada peristiwa banu Jadhimah,khalid baru menjadi Muallaf selama 6 bulan,hingga masih melekat karakter jahiliyah nya yang sadis dan keras.jadi,sepanjang sirah Rasul tidak ada pemaksaan masuk islam dengan ancaman mati dan harta nya di rampas.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 7:45 am

      KEDELAPAN:PAHAMI KONTEKS HADIST DI ATAS,HADIST ITU DI UCAP KAN RASUL KETIKA ITU IA DI KELILINGI PARA KAFIR/MUSYRIK HARBI DI SEKELILING JAZIRAH ARABIA
      Yakni para kafir dan musyrik yang memerangi Rasul dan mau hancur kan islam siang dan malam.dari kelompok kabiilah-kabilah arab dan para yahudi.maka Rasul memerangi mereka dalam rangka mempertahan kan diri dan negara islam yang baru tumbuh itu.kadang Rasul menyerang langsung ke kota benteng mereka karena kota benteng itu di jadikan pusat makar buat musnah kan islam,seperti hal nya KHAIBAR.perihal musyrik yang mengikat perjanjian damai dan menjadi ahli zimmah,Rasul melarang memerangi mereka.ketika Rasul bersabda dan memberi ultimatum pada kafir/musyrik harbi pada masa itu,arti nya beliau di perangi terlebih dahulu.ketika Rasul menyerang balik mereka,Rasul tak melupakan untuk mengajak mereka masuk islam,sebab tujuan itu lah dia di utus.jika tak mau tentu opsi bayar jizyah,jika tak mau pula,maka terpaksa para pengganggu itu di lumpuh kan dengan perang.maka ucapan Rasul yang sedang kita bahas sekarang jangan di tafsiri secara salah.maka sabda Rasul: “Aku diperintah untuk memerangi manusia” ,dengan catatan peperangan itu terjadi ketika Rasul di serang terlebih dahulu.seperti yusuf Qaradhawi katakan di atas bahwa: perang-perang yang dilakukan oleh umat Islam di masa Rasulullah, baik ghazwah maupun sariyah, hampir semuanya didahului oleh penyerangan dari pihak musuh, rencana penyerangan dari pihak musuh (diantaranya dengan memobilisasi kekuatan), atau pengkhianatan pihak musuh (misalnya Yahudi Bani Qainuqa’, Quraidhah, dan Nadhir). Bisa dikatakan bahwa peperangan Rasulullah bersifat difa’iyah (defensif).
      KESIMPULAN
      Maka ketika Rasul bersabda: “Aku diperintah untuk memerangi manusia sehingga bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, dan supaya mereka menegakkan shalat dan mengeluarkan zakat. Jika mereka melakukan itu maka darah dan harta mereka mendapat perlindungan dariku, kecuali karena alasan-alasan hukum Islam. Sedangkan perhitungan terakhir mereka terserah kepada Allah. hadist itu sekali-kali tak mengajarkan pemaksaan agama dengan ancaman bunuh,dan bukan mengajar kan perang tampa batas dengan maksud menyebar kan islam.ketika Rasul di serang duluan,maka beliau mengadakan serangan balik buat mencegah bahaya musuh.dalam perang itu Rasul tak lupa mendakwahi mereka dengan islam,jika mereka tak mau,mereka di tawari menyerah jika takut berperang dan tak mau masuk islam dengan bayar jizyah.maka hadist di atas tak bisa di jadikan dasar tuduhan islam mengajar kan perang tampa batas untuk menjadikan semua manusia muslim,jika tak mau maka di bunuh.semua tuduhan itu tak selaras dengan sejarah dakwah Rasulullah.

      Yunus:99

      وَلَوْ شَآءَ رَبُّكَ لَءَامَنَ مَن فِى ٱلْأَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا ۚ أَفَأَنتَ تُكْرِهُ ٱلنَّاسَ حَتَّىٰ يَكُونُوا۟ مُؤْمِنِينَ

      Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya ?

      Yunus:100

      وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَن تُؤْمِنَ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۚ وَيَجْعَلُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يَعْقِلُونَ

      Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

  41. November 24, 2016 4:55 am

    @muslim “ahyanuar”

    Ketahuilah: “Kafir-dimmi” pun DIPERANGI oleh muhammad, gara-gara mereka ogah masuk islam: Memang begitulah perintah dari rabb-nya kepada muhammad.

    KUTIPAN:
    Abu Dawud dalam sunannya dan al-Baihaqi dalam Dalaailun Nubuwwah meriwayatkan dari jalur Ibnu Ishaq dari Muhammad dari Sa’id atau Ikrimah dari Ibnu Abbas bahwa setelah mengalahkan orang-orang Quraisy pada perang Badar,Rasulullah kembali ke Madinah lalu mengumpulkan orang-orang Yahudi di pasar Bani Qinuqa’.Lalu beliau bersabda: “Wahai orang-orang Yahudi, masuk islamlah kalian sebelum Allah menimpakan kepada kalian apa yang menimpa orang-orang Quraisy.”

    Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad,jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam berperang.Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami,niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pernah bertemu dengan orang-orang seperti kami.”

    SUMBER: HR.Abu Dawud dalam kitabul Kharraj wal Imaarah wal Fai’,no.2607
    DIKUTIP DARI: Buku “Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya ayat Al-Quran” ,halaman 116

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 8:14 am

      @sha sha,

      Ketahuilah: “Kafir-dimmi” pun DIPERANGI oleh muhammad, gara-gara mereka ogah masuk islam: Memang begitulah perintah dari rabb-nya kepada muhammad.
      KUTIPAN dar sumber HR.Abu Dawud dalam kitabul Kharraj wal Imaarah wal Fai’,no.2607
      DIKUTIP DARI: Buku “Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya ayat Al-Quran” ,halaman 116
      ===========================
      ckckckckck makin jauh makin NGASAL kajian lo sha… ckckckck
      ini yg gw sebut DUSTA dan NGIBUL n NGASAL, knp?

      1. gw kasih tau yeee, yang namanya KAFIR itu ada 3 golongan.

      1. Orang kafir harbi (al-muhâribîn)
      2. Orang kafir yang memiliki perjanjian dengan kaum Muslimin (ahlu al-‘ahd)
      3. Orang kafir ahlu dzimmah (adz-dzimmi)

      nah jika lo nyebut kahir dimmi tsb, maka silahkan lo bawakan dimari kisah PERANG nabi Muhammad terhadap kafir dimmi, bisa???? ayo kita kaji bersama… ckckckckck

      2. sumber yg lo bawa adalah sebab turunye ayat ayat AlQuran, lo tau khan kalo AlQuran itu diwahyukan dan turun ketika dan sesuai peristiwa yg dialami nabi Muhammad SAW?? jika lo gk tahu maka lo JELAS sudah BERDUSTA, setuju???? dan sumber lo itu tdk nyambung sama kafir dimmi, ckckckckckck

      lo tau kafir dimmi itu ape??? monggo gw tantang pengetahuan lo disini, gimana???

      dan berikut gw bawakan referensi dan jabaran sebab turunnya ayat ayat AlQuran buat jawab KUTIPAN lo itu :

      Ayat 278
      35. 33 Abu ya’la dalam musnadnya dan ibnu mandah meriwayatkan dari al-kalbi dari abu shaleh dari ibnu abbas, dia berkata,”sampai kepada kami, ayat ini turun pada bani amr bin auf yang berasal dari tsaqif dan bani al-mughirah. Ketika itu bani mughirah mempunyai hutang dari hasil riba kepada orang-orang tsaqif. Ketika allah menaklukkan Mekah untuk Rasul-Nya maka allah membatalkan semua bentuk riba. Kemudian keduanya berselisih dalam masalah pembayaran utang karena hasil riba mereka. Lalu mereka mendatangi attab bin usaid yang ketika itu menjadi Gubernur mekah. Orang Banil mughirah berkata,”kami menjadi orang yang paling sengsara karena riba. Sedangkan Rasulullah telah membatalkan riba dari selain kami”. Bani Amr pun menyahut.’ Kami telah berdamai dengannya (Muhammad) dan telah sepakat bahwa riba kami dan orang selain muslim adalah hak kami. Lalu attab mengabarkan hal itu kepada Rasulullah. Lalu turunlah ayat ini dan ayat setelahnya. Ibnu jarir meriuwayatkan dari ikrimah. Ayat ini turun pada orang-orang tsaqif. Diantara mereka terdapat mas’ud, Habib, rabi’ah dan abdul yala’il, mereka adalah bani Amr dan bani Umair. Ayat 285 Ahmad, muslim dan lainya meriwayatkan dari abu hurairah. Ketika turun ayat … jika kamu nyatakan apa yang ada dalam hatimu…(2:284). Para sahabat pun merasa sedih. Lalu mereka mendatangi rasulullah dan berlutut dihadapan beliau, lalu berkata, ‘telah turun kepadamu ayat ini, sedangkan kami tidak mampu menanggungnya. Maka Rasul saw bersabda, ‘apakah kalian ingin mengatakan seperti perkataan dua ahli kitab sebelum kalian, kami mendengar dan kami melanggarnya? Bahkan katakanlah, kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami ya tuhan kami, kepadamulah tempat kembali (2:285). “ ketika mereka mengucapkan kata-kata tersebut dengan mudah, Allah menurunkan ayat berikutnya (2:286). Muslim dan lainnya meriwayatkan dari ibnu abbas dengan riwayat yang sama. SURAH ALI IMRAN Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dan ar-Rabi’ bahwa pada suatu hari orang- orang Nasrani mendatangi Rasulullah, lalu mereka mendebat beliau dalam masalah Nabi Isa as.. Maka Allah rnenurunkan firman-Nya, “Alif laam miim. Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil.” (Ali Imran: 1-3) Hingga ayat kedelapan puluhan. diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam kitab Dalaailun Nubuwwah. Ibnu Ishaq
      36. 34 berkata, “Muhammad bin Sahl bin Abi Umamah berkata, ‘Ketika orang-orang Najran mendatangi Rasulullah, mereka menanyakan tentang Isa Ibnu Maryam. Maka turun pada mereka pembukaan surah Ali Imran hingga awal ayat kedelapan puluh.’ Ayat 12 Abu Dawud dalam sunannya dan al-Baihaqi dalam Dalaailun Nubuwwah meriwayatkan dari Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Abu Muhammad dari Sa’id atau Ikrimah dari Ibnu Abbas bahwa setelah mengalahkan orang-orang Quraisy pada Perang Badar, Rasulullah kembali ke Madinah lalu mengumpulkan orang- orang Yahudi di pasar Bani Qainuqa’. Lalu beliau bersabda, “Wahai orang-orang Yahudi, masuk Islamlah kalian sebelum Allah menimpakan kepada kalian apa yang menimpa orang-orang Quraisy.” Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad, jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam beperang. Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami, niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pemah bertemu dengan orang-orang seperti kami.” Maka Allah menurunkan ayat ini dan ayat berikutnya Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ikrimah, dia berkata, “Pada Perang Badar, Fankhash, seorang Yahudi, berkata, ‘Jangan sampai Muhammad merasa sombong karena telah membunuh dan mengalahkan orang-orang Quraisy. Karena orang- orang Quraisy itu tidak bisa berperang.’ Maka turunlah ayat 12 surah Ali Imran.” Ayat 23 Ibnu Abi Hatim dan Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Pada suatu hari Rasulullah masuk ke rumah Midras yang di dalamnya terdapat orang-orang Yahudi. Lalu beliau mengajak mereka kepada Allah. Lalu Nu’aim bin Amr dan al-Harits bin Zaid berkata,”Engkau sendiri beragama apa wahai Muhammad?’ Beliau menjawab, ‘Agama Ibrahim.’ Mereka berkata, “Sesungguhnya Ibrahim beragama Yahudi.’ Maka Rasulullah bersabda kepada mereka, ”Mari kita membaca Taurat karena ia ada bersama kita saat ini.’ Namun mereka tidak mau melakukannya. Maka Allah menurunkan ayat ini dan ayat berikutnya. Ayat 26 Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Qatadah, dia berkata, “Kami diberi tahu bahwa Rasulullah meminta kepada Allah untuk menjadikan Raja Romawi dan Persia
      37. 35 sebagai umat beliau.

      NOTE : silahkan lo baca kesemuanya biar ILMU lo masuk.
      sumebr : http://www.slideshare.net/adhevia/asbabun-nuzul-imam-as-suyutiindd

  42. November 24, 2016 5:03 am

    @ muslim “ahyanuar”

    Sha-Sha menulis:
    Hanya orang-orang Pengikut Kristus saja yang belajar pada ajaran KASIH…sampai-sampai diperintahkan untuk mengasihi seteru/musuh segala.

    muslim “ahyanuar” menyahut:
    wkwkwkwkwkwk cuyy kerjaan nye si apulus itu cuma MEMBANTAI dan MEMBUNUH, ape lo sdh baca sejarahnye paulus??? ckckckckckck
    1 Samuel 22
    19 : “Saul juga memerintahkan untuk membunuh seluruh penduduk Nob, kota imam itu; laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi, juga sapi, keledai dan domba, semuanya dihabisi nyawanya.”
    seperti itukah yg lo maksud ajaran KASIH????? hanya otak PEA yg bisa bilang bgitu cuy…
    wkwkwkwkwkwk
    padahal di 1 samuel 22 kondisinya lagi berseteru, wkwkwkwkwkwk apakah di ayat 19 tsb ada ajaran kasih nye??? ckckckckckck
    ASBUN mlulu lo tuhhhhh kalo mau BEGO BEGO in orang jangan dimari cuy…
    lo debat aje sama pendeta pendeta lo di gereja, bisa gk???
    wkwkwkwkwkwk

    PLOTOTIN yg ini sha : 19 : “Saul juga memerintahkan untuk membunuh seluruh penduduk Nob, kota imam itu; laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi, juga sapi, keledai dan domba, semuanya dihabisi nyawanya.”

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Lha? Raja Saul itu memang bukan orang Kristen….
    Lagian: dia memerintahkan membunuh atas kemauan sendiri, bukan wahyu dari TUHAN.

    • ahyanuar permalink
      November 24, 2016 8:53 am

      @sha sha,

      ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
      Lha? Raja Saul itu memang bukan orang Kristen….
      Lagian: dia memerintahkan membunuh atas kemauan sendiri, bukan wahyu dari TUHAN.
      ============================
      ckckckckck BUKAN orang KRISTEAN??? kalo bukan orang kristen napa pake ada kisahnye di bible? ada kepentingan ape??? masa bible mengishakan orang yg gada hubungannye ape lagi dng kekrsitenan??? nahhh kalo die melakukan pembunuhan atas kemauan sendiri knp malah dimaktubkan di kitab yg katanya suci??? gw dh bilang knp bible malah berisikan kisah2 yg berkelakuan bejad bejad sihh??? selain PEZINAH, disini malah PEMBUNUH, anehh.. ckckckckckckck kecuali lo hwarus mengakui bible lo cuma karangan si penulis maka dng otomatis bible lo bukan kitab suci, setuju????

      dan skrng gw akan benturkan betapa SADIS nye upaya yesus menurut bible lo.

      Bunuh yang Tidak Menyembah Yesus

      Ulangan 13:6-9

      (6) Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu, (7) salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi, (8) maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya, (9) tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

      Dapatkah umat Kristiani membuktikan kebenaran ayat tersebut, yaitu membunuh siapa saja diantara manusia yang berbakti kepada tuhan-tuhan lain selain Allah? Bukankah begitu banyak umat beragama yang menyembah kepada ilah-ilah lain selain Allah?

      ((Menyembah kepada Yesus saja termasuk menyembah kepada Tuhan selain Allah, karena Yesus sendiri menyuruh menyembah dan berbakti hanya kepada Allah yang dia sembah. Perhatikan sabda Yesus pada Injil Matius 4:10 sbb :
      Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”))

      monggo….

  43. November 24, 2016 3:50 pm

    @muslim “ahyanuar”

    muslim “ahyanuar” menulis:
    ckckckckck makin jauh makin NGASAL kajian lo sha… ckckckck
    ini yg gw sebut DUSTA dan NGIBUL n NGASAL, knp?

    1. gw kasih tau yeee, yang namanya KAFIR itu ada 3 golongan.

    1. Orang kafir harbi (al-muhâribîn)
    2. Orang kafir yang memiliki perjanjian dengan kaum Muslimin (ahlu al-‘ahd)
    3. Orang kafir ahlu dzimmah (adz-dzimmi)

    nah jika lo nyebut kahir dimmi tsb, maka silahkan lo bawakan dimari kisah PERANG nabi Muhammad terhadap kafir dimmi, bisa???? ayo kita kaji bersama… ckckckckck

    **** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Lha? kan? Sudah dihadirkan hadits-nya? Bahwa muhammad memerangi Orang Yahudi di pasar? Mereka kafir dimmi dikumpulkan buat mendengarkan ANCAMAN dari muhammad, tentu saja orang Yahudi “melawan” karena melihat KEANGKUHAN muhammad itu.

    Silakan baca ulang, baca pelan-pelan ajah biar bisa memahami:
    KUTIPAN:
    Abu Dawud dalam sunannya dan al-Baihaqi dalam Dalaailun Nubuwwah meriwayatkan dari jalur Ibnu Ishaq dari Muhammad dari Sa’id atau Ikrimah dari Ibnu Abbas bahwa setelah mengalahkan orang-orang Quraisy pada perang Badar,Rasulullah kembali ke Madinah lalu mengumpulkan orang-orang Yahudi di pasar Bani Qinuqa’.Lalu beliau bersabda: “Wahai orang-orang Yahudi, masuk islamlah kalian sebelum Allah menimpakan kepada kalian apa yang menimpa orang-orang Quraisy.”

    Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad,jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam berperang.Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami,niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pernah bertemu dengan orang-orang seperti kami.”

    SUMBER: HR.Abu Dawud dalam kitabul Kharraj wal Imaarah wal Fai’,no.2607
    DIKUTIP DARI: Buku “Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya ayat Al-Quran” ,halaman 116
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    muslim “ahyanuar” menulis:
    2. sumber yg lo bawa adalah sebab turunye ayat ayat AlQuran, lo tau khan kalo AlQuran itu diwahyukan dan turun ketika dan sesuai peristiwa yg dialami nabi Muhammad SAW?? jika lo gk tahu maka lo JELAS sudah BERDUSTA, setuju???? dan sumber lo itu tdk nyambung sama kafir dimmi, ckckckckckck

    lo tau kafir dimmi itu ape??? monggo gw tantang pengetahuan lo disini, gimana???
    dan berikut gw bawakan referensi dan jabaran sebab turunnya ayat ayat AlQuran buat jawab KUTIPAN lo itu :

    36. 34 berkata, “Muhammad bin Sahl bin Abi Umamah berkata, ‘Ketika orang-orang Najran mendatangi Rasulullah, mereka menanyakan tentang Isa Ibnu Maryam. Maka turun pada mereka pembukaan surah Ali Imran hingga awal ayat kedelapan puluh.’ Ayat 12 Abu Dawud dalam sunannya dan al-Baihaqi dalam Dalaailun Nubuwwah meriwayatkan dari Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Abu Muhammad dari Sa’id atau Ikrimah dari Ibnu Abbas bahwa setelah mengalahkan orang-orang Quraisy pada Perang Badar, Rasulullah kembali ke Madinah lalu mengumpulkan orang- orang Yahudi di pasar Bani Qainuqa’. Lalu beliau bersabda, “Wahai orang-orang Yahudi, masuk Islamlah kalian sebelum Allah menimpakan kepada kalian apa yang menimpa orang-orang Quraisy.” Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad, jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam beperang. Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami, niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pemah bertemu dengan orang-orang seperti kami.” Maka Allah menurunkan ayat ini dan ayat berikutnya Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ikrimah, dia berkata, “Pada Perang Badar, Fankhash, seorang Yahudi, berkata, ‘Jangan sampai Muhammad merasa sombong karena telah membunuh dan mengalahkan orang-orang Quraisy. Karena orang- orang Quraisy itu tidak bisa berperang.’ Maka turunlah ayat 12 surah Ali Imran.” Ayat 23 Ibnu Abi Hatim dan Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Pada suatu hari Rasulullah masuk ke rumah Midras yang di dalamnya terdapat orang-orang Yahudi. Lalu beliau mengajak mereka kepada Allah. Lalu Nu’aim bin Amr dan al-Harits bin Zaid berkata,”Engkau sendiri beragama apa wahai Muhammad?’ Beliau menjawab, ‘Agama Ibrahim.’ Mereka berkata, “Sesungguhnya Ibrahim beragama Yahudi.’ Maka Rasulullah bersabda kepada mereka, ”Mari kita membaca Taurat karena ia ada bersama kita saat ini.’ Namun mereka tidak mau melakukannya. Maka Allah menurunkan ayat ini dan ayat berikutnya. Ayat 26 Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Qatadah, dia berkata, “Kami diberi tahu bahwa Rasulullah meminta kepada Allah untuk menjadikan Raja Romawi dan Persia

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Lha? Kan? Kutipan Sha-Sha dengan kutipan ente isinya sama saja? Bahwa muhammad mengumpulkan masyarakat Yahudi (Masyarakat awam yang tidak memerangi islam) untuk memaksa mereka supaya masuk islam? Kalau mereka ogah masuk islam akan diperangi seperti orang-orang quraish itu.

    • ahyanuar permalink
      November 25, 2016 3:31 am

      @sha sha,

      **** TANGGAPAN Sha-Sha *****
      Lha? kan? Sudah dihadirkan hadits-nya? Bahwa muhammad memerangi Orang Yahudi di pasar? Mereka kafir dimmi dikumpulkan buat mendengarkan ANCAMAN dari muhammad, tentu saja orang Yahudi “melawan” karena melihat KEANGKUHAN muhammad itu.
      ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
      Lha? Kan? Kutipan Sha-Sha dengan kutipan ente isinya sama saja? Bahwa muhammad mengumpulkan masyarakat Yahudi (Masyarakat awam yang tidak memerangi islam) untuk memaksa mereka supaya masuk islam? Kalau mereka ogah masuk islam akan diperangi seperti orang-orang quraish itu.
      =========================
      ckckckckckck gw jawab sekalin 2 tanggapan lo sha,
      jawaban nya adalah : lo cuma BERPATOKAN pada kutipan hadist tsb, TAPI tidak mau memahami keterangan gw yg sdh gw berikan, apa itu??? yaitu SEBAB SEBAB nya turun wahyu ayat AlQuran, betul??? bahkan lo sendiri nulis…
      “””DIKUTIP DARI: Buku “Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya ayat Al-Quran” ,halaman 116″””
      ckckckckck jadi kalo lo tidak memahami sebab turunnya ayat AlQuran dan cuma berpatokan sama kutipan hadist SAJA, maka gk heran ILMU apapun gak bakal nuntun AKAL lo sha, bener gk????

      nah sumber yg lo bawakan sdh jelas bhw itu berkaitan dng sebab turunnya ayat ayat AlQuran, maka sambungan yg lo kuitp ini…

      Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad,jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam berperang.Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami,niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pernah bertemu dengan orang-orang seperti kami.”

      adalah “Maka Allah menurunkan firman nya, “Katakanlah (Muhammad) kepada orang orang yang kafir, “kamu pasti akan dikalahkan dan digiring ke dalam neraka jahanam. Dan itu seburuk buruk tempat tinggal: sungguh, telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap hadapan. satu golongan berperang dijalan Allah dan yang lain (golongan) kafir yang melihat dengan mata kepala, bahwa mereka (golongan muslim) dua kali lipat mereka. Allah menguatkan dengan pertolongan-Nya bagi siapa yang Dia kehendaki. sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang orang yang mempunyai penglihatan (mata hati) (Ali Imran 12-13)

      dan seterusnya dng sebab sebab ayat AlQuran lainnya…

      silahkan lo cek lagi n baca ulang sumber itu, ckckckckckck

      • November 26, 2016 5:42 am

        @muslim “ahyanuar”

        muslim “ahyanuar” menulis:
        ckckckckckck gw jawab sekalin 2 tanggapan lo sha,
        jawaban nya adalah : lo cuma BERPATOKAN pada kutipan hadist tsb, TAPI tidak mau memahami keterangan gw yg sdh gw berikan, apa itu??? yaitu SEBAB SEBAB nya turun wahyu ayat AlQuran, betul??? bahkan lo sendiri nulis…
        “””DIKUTIP DARI: Buku “Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya ayat Al-Quran” ,halaman 116″””
        ckckckckck jadi kalo lo tidak memahami sebab turunnya ayat AlQuran dan cuma berpatokan sama kutipan hadist SAJA, maka gk heran ILMU apapun gak bakal nuntun AKAL lo sha, bener gk????

        nah sumber yg lo bawakan sdh jelas bhw itu berkaitan dng sebab turunnya ayat ayat AlQuran, maka sambungan yg lo kuitp ini…

        Lalu orang-orang Yahudi itu menyahut, “Wahai Muhammad,jangan engkau merasa sombong karena telah membunuh beberapa orang Quraisy yang tidak berpengalaman dalam berperang.Demi Allah, jika engkau berperang melawan kami,niscaya engkau akan tahu bahwa kami adalah orang-orang yang ahli perang dan engkau tidak pernah bertemu dengan orang-orang seperti kami.”

        adalah “Maka Allah menurunkan firman nya, “Katakanlah (Muhammad) kepada orang orang yang kafir, “kamu pasti akan dikalahkan dan digiring ke dalam neraka jahanam. Dan itu seburuk buruk tempat tinggal: sungguh, telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap hadapan. satu golongan berperang dijalan Allah dan yang lain (golongan) kafir yang melihat dengan mata kepala, bahwa mereka (golongan muslim) dua kali lipat mereka. Allah menguatkan dengan pertolongan-Nya bagi siapa yang Dia kehendaki. sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang orang yang mempunyai penglihatan (mata hati) (Ali Imran 12-13)

        dan seterusnya dng sebab sebab ayat AlQuran lainnya…

        silahkan lo cek lagi n baca ulang sumber itu, ckckckckckck

        ***** TANGGAPAN sha-Sha *****
        Lha-iya…sesuai dengan kutipan yang ente tampilkan itu , bahwa: muhammad mengumpulkan masyarakat-awam Yahudi, masyarakat yang berdagang / berbelanja di pasar, mereka semua dikumpulkan buat dipaksa mendengarkan ANCAMAN muhammad, kalau mereka ogah masuk islam bakalan diperangi kayak nasib orang quraish-mekah itu.

        Melihat KESOMBONGAN muhammad itu yang suka main ancam….maka masyarakat Yahudi melawan….terjadilah perang yang memang dimulai oleh muhammad sebagai pencetusnya.

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 4:39 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN sha-Sha *****
        Lha-iya…sesuai dengan kutipan yang ente tampilkan itu , bahwa: muhammad mengumpulkan masyarakat-awam Yahudi, masyarakat yang berdagang / berbelanja di pasar, mereka semua dikumpulkan buat dipaksa mendengarkan ANCAMAN muhammad, kalau mereka ogah masuk islam bakalan diperangi kayak nasib orang quraish-mekah itu.
        Melihat KESOMBONGAN muhammad itu yang suka main ancam….maka masyarakat Yahudi melawan….terjadilah perang yang memang dimulai oleh muhammad sebagai pencetusnya.
        ========================
        ckckckckck sekali lagi gw tanya di peristiwa tsb lah maka diturunkan nya sebuah ayat AlQuran, betul? nahhh gw tanya surah/ayat apakah itu sha??? TOLONG dijawab?
        ckckckckckckck gw akan terus bertanya MAKSA ke lo ttg case ini sha, CAMKAN itu sha… jika lo masih belum bisa menjawab pertanyaan gw itu, ckckckckckck
        ——————————————
        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Pada ayat-ayat Bible di PL itu banyak ditemukan bahwa : Allah-YHWH adalah ROH (Roh-Kudus)…Allah-YHWH ber-Firman (Yesus jelmaan Firman YHWH)…Roh-Allah hinggap pada para Nabi (Lagi-lagi Roh-Allah = Roh Kudus)….jadi YHWH + FIRMAN-Nya + Roh-Allah adalah SATU TIDAK TERPISAHKAN.
        Alkitab/Bible memang memuat info perbuatan dosa, ada pendosa yang berlaku bejad, membunuh, berzinah, menipu, merampas hak orang lain dst..dsb…Tapi setelah itu DATANGLAH AZAB dari Allah-YHWH menghukum si pendosa.
        ========================
        ckckckck jangan masukin DOGMA/DOKTRIN gereja kalo lagi bahas PL, setuju?
        dan silahkan bawa ayat atau dalil bhw di PL akan menjelma menjadi manusia, sokk monggo…. wkwkwkwk
        —————————————
        ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
        1. Bible PL tidak mengenal Kristen, karena berbeda zaman dengan ke-Kristen-an…
        Konsep TRINITAS sudah hadir di PL dengan menyebutkan bahwa: YHWH adalah pribadi Yang menyelamatkan Yang ber-Firman Yang berwujud Roh…
        Kisah kejahatan di dalam Bible perlu diketahui supaya pembacanya tahu perilaku jahat itu dibenci oleh TUHAN YANG ASLI: YHWH , Allah-Israel alias Yesus Kristus.
        2. Perintah membunuh PENGHASUT atau PROVOKATOR yang membujuk umat Israel supaya menyembah berhala saja berlaku pada zaman PL saja….itupun yang dibunuh hanya PROVOKATOR nya saja, bukan membunuh seluruh bangsa.
        ========================
        1. ckckckckck sebutkan ayat n dalil VALID bhw YHWH akan menjelma dan turun ke dunia, dan ajaran kristen justru ada di era PB yg dimana pencetusnya adalah paulus dari tarsus dan sbg pencetus kekristenan serta konsep trinitas, betul???
        2. dipertanyaan gw yg lalu tidak sedang bertanya si provokator atau si penghasut nya apakah sdh dibunuh ape belum, betul??? tapi gw bertanya “Dapatkah umat Kristiani membuktikan kebenaran ayat tersebut, yaitu membunuh siapa saja diantara manusia yang berbakti kepada tuhan-tuhan lain selain Allah? Bukankah begitu banyak umat beragama yang menyembah kepada ilah-ilah lain selain Allah?”

        ((Menyembah kepada Yesus saja termasuk menyembah kepada Tuhan selain Allah, karena Yesus sendiri menyuruh menyembah dan berbakti hanya kepada Allah yang dia sembah. Perhatikan sabda Yesus pada Injil Matius 4:10 sbb :
        Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”))

        paham????

      • November 29, 2016 6:51 am

        @ muslim “ahyanuar”

        Sha-Sha menulis:
        Lha-iya…sesuai dengan kutipan yang ente tampilkan itu , bahwa: muhammad mengumpulkan masyarakat-awam Yahudi, masyarakat yang berdagang / berbelanja di pasar, mereka semua dikumpulkan buat dipaksa mendengarkan ANCAMAN muhammad, kalau mereka ogah masuk islam bakalan diperangi kayak nasib orang quraish-mekah itu.
        Melihat KESOMBONGAN muhammad itu yang suka main ancam….maka masyarakat Yahudi melawan….terjadilah perang yang memang dimulai oleh muhammad sebagai pencetusnya.

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        ckckckckck sekali lagi gw tanya di peristiwa tsb lah maka diturunkan nya sebuah ayat AlQuran, betul? nahhh gw tanya surah/ayat apakah itu sha??? TOLONG dijawab?
        ckckckckckckck gw akan terus bertanya MAKSA ke lo ttg case ini sha, CAMKAN itu sha… jika lo masih belum bisa menjawab pertanyaan gw itu, ckckckckckck

        ******** TANGGAPAN Sha-sha ******
        Lha-iya? SETELAH muhammad MENGANCAM orang Yahudi yang berada di pasar itu, kemudian MENYUSULLAH TURUN AYAT ALQURAN ITU (surah Ali Imran 12-13 ) buat menunjang ancaman muhammad terhadap orang Yahudi yang berbelanja di pasar.

        Kan? ente sendiri yang menghadirkan kutipan asbabun-nuzul dari surah Ali Imran 12-13 itu? ente yang mengutip tapi malah bertanya lagi pake niatan MEMAKSA pula kepada Sha-Sha? Aneh!
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        Sha-Sha menulis:
        Pada ayat-ayat Bible di PL itu banyak ditemukan bahwa : Allah-YHWH adalah ROH (Roh-Kudus)…Allah-YHWH ber-Firman (Yesus jelmaan Firman YHWH)…Roh-Allah hinggap pada para Nabi (Lagi-lagi Roh-Allah = Roh Kudus)….jadi YHWH + FIRMAN-Nya + Roh-Allah adalah SATU TIDAK TERPISAHKAN.

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        ckckckck jangan masukin DOGMA/DOKTRIN gereja kalo lagi bahas PL, setuju?
        dan silahkan bawa ayat atau dalil bhw di PL akan menjelma menjadi manusia, sokk monggo…. wkwkwkwk

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
        Allah-YHWH sudah merencanakan diriNya akan menjelma menjadi MANUSIA Yang ribuan tahun kemudian lahir dengan nama Yesus….sudah dinubuatkan di PL:

        1. Kitab Nabi Yesaya:
        7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel

        2. Kitab Nabi Mikha:
        5:1 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        Sha-Sha menulis:
        1. Bible PL tidak mengenal Kristen, karena berbeda zaman dengan ke-Kristen-an…
        Konsep TRINITAS sudah hadir di PL dengan menyebutkan bahwa: YHWH adalah pribadi Yang menyelamatkan Yang ber-Firman Yang berwujud Roh…
        Kisah kejahatan di dalam Bible perlu diketahui supaya pembacanya tahu perilaku jahat itu dibenci oleh TUHAN YANG ASLI: YHWH , Allah-Israel alias Yesus Kristus.
        2. Perintah membunuh PENGHASUT atau PROVOKATOR yang membujuk umat Israel supaya menyembah berhala saja berlaku pada zaman PL saja….itupun yang dibunuh hanya PROVOKATOR nya saja, bukan membunuh seluruh bangsa.

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        1. ckckckckck sebutkan ayat n dalil VALID bhw YHWH akan menjelma dan turun ke dunia, dan ajaran kristen justru ada di era PB yg dimana pencetusnya adalah paulus dari tarsus dan sbg pencetus kekristenan serta konsep trinitas, betul???
        2. dipertanyaan gw yg lalu tidak sedang bertanya si provokator atau si penghasut nya apakah sdh dibunuh ape belum, betul??? tapi gw bertanya “Dapatkah umat Kristiani membuktikan kebenaran ayat tersebut, yaitu membunuh siapa saja diantara manusia yang berbakti kepada tuhan-tuhan lain selain Allah? Bukankah begitu banyak umat beragama yang menyembah kepada ilah-ilah lain selain Allah?”

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Allah-YHWH akan turun ke dunia menjelma menjadi Manusia, sudah dinubuatkan oleh nabi-nabi PL (Yesaya 7:14 ; Mikha 5:1) Baca ulang penjelasan Sha-Sha di atas itu.

        2. Perintah MEMBUNUH PROVOKATOR tukang hasut itu turun pada zaman Musa, berlaku pada zaman Musa…jadi kalau pada zaman Musa ternyata ada orang tukang-hasut, pasti orang itu dibunuh.
        Kalau pada zaman PB perintah itu sudah tidak berlaku lagi sudah disempurnakan dengan HUKUM KASIH oleh TUHAN Yesus.
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        muslim “ahyanuar” menulis:
        ((Menyembah kepada Yesus saja termasuk menyembah kepada Tuhan selain Allah, karena Yesus sendiri menyuruh menyembah dan berbakti hanya kepada Allah yang dia sembah. Perhatikan sabda Yesus pada Injil Matius 4:10 sbb :
        Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”))

        paham????

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Kalau ente bilang menyembah Tuhan Yesus itu menyembah kepada “tuhan” selain “alloh-swt” wah itu betul sekali ….Karena: Kami mustahil menyembah “alloh-swt” tuhan-islam itu….MUSTAHIL.

        ente mungutip Injil Matius 4:10
        4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah YHWH, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

        Nah sudah jelas kalau Tuhan Yesus memerintahkan iblis supaya menyembah YHWH Allah Yang Sejati itu, sedangkan YHWH menjelmakan diri menjadi Manusia YESUS.
        Jadi: iblis diperintahkan menyembah YESUS….
        Paham slim?

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 7:39 am

        @sha sha,

        ******** TANGGAPAN Sha-sha ******
        Lha-iya? SETELAH muhammad MENGANCAM orang Yahudi yang berada di pasar itu, kemudian MENYUSULLAH TURUN AYAT ALQURAN ITU (surah Ali Imran 12-13 ) buat menunjang ancaman muhammad terhadap orang Yahudi yang berbelanja di pasar.
        Kan? ente sendiri yang menghadirkan kutipan asbabun-nuzul dari surah Ali Imran 12-13 itu? ente yang mengutip tapi malah bertanya lagi pake niatan MEMAKSA pula kepada Sha-Sha? Aneh!
        =======================
        ckckckckck itu artinya lo TIDAK membaca n NYIMAK penjelasan sebab turunya ayat AlQuran yg gw bawakan, betul??? jika lo baca maka silahkan lo sebutkan semuanya disini dan silahkan tangkap apa point nya, bisa??? padahal yg gw bawakan penjelasan diatas sdh ada jawaban nya, tapi gw pengen liat sampai mana lo me NYIMAK penjelasan tsb, ayooo cari apa sebab nye sha? ckckckck lagi pula Nabi Muhammad gak tiba tiba n tanpa alasan yg tiba tiba mencaci si yahudi saat itu, silahkan cari alasannya, bisa gk?? dan gw MAKSA lo itu biar kliatan apakah lo menyimak dan memahami nya atau sekedar lewat saja, setuju gk??? jika sdh dapat alasan dan sebab nya maka monggo sekalian jabarkan dimari…
        wkwkwkwkwkwkwk
        ———————————–
        ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
        Allah-YHWH sudah merencanakan diriNya akan menjelma menjadi MANUSIA Yang ribuan tahun kemudian lahir dengan nama Yesus….sudah dinubuatkan di PL:
        1. Kitab Nabi Yesaya:
        7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel
        2. Kitab Nabi Mikha:
        5:1 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
        =======================
        ckckckckck justru yg merencanakan tuhan akan menjelma ke dunia rupa manusia adalah si paulus yg mati dipenggal sha,,,, konsep tuhan menjelma adalah konsep paganisme murni, knp kok bisa? bisa krn sejarah mencatat agama pahanisme sebelum kristen ada sdh eksis duluan, bahkan sama sama lahir dari perawan suci, tgl lahir yg sama dan misi yg sama utk menebus dosa manusia, dll. apa lo sdh baca sejarahnye???
        1. apakah tuhan dilahirkan seorang perempuan??? persis kyk konsep paganisme sebelumnya khan sha, bener gk??? ckckckck lalu darimana nya dia turun dari surga???? wkwkwkwkwk makin belepotan aje kahn tuhhh ilmu lo… ckckckckck
        kalo tuhan lo mampu menjelam jadi manusia, apa baiknya langsung saja menjelma jadi manusia yg tanpa harus pake proses dilahirkan perempuan??? sama persis khan kyk khrisna tuhan nya hindu… ckckckckckck aya aya waeee…
        2. disini jelas bhw yesus hanya untuk kaum bani israel saja, betul??? jadi yesus memang buat sirael saja sesuai yg dia klaim sendiri. ckckckckck jadi tidak ada istimewanya sama sekali keleessss wkwkwkwkwk
        ————————————
        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Allah-YHWH akan turun ke dunia menjelma menjadi Manusia, sudah dinubuatkan oleh nabi-nabi PL (Yesaya 7:14 ; Mikha 5:1) Baca ulang penjelasan Sha-Sha di atas itu.
        2. Perintah MEMBUNUH PROVOKATOR tukang hasut itu turun pada zaman Musa, berlaku pada zaman Musa…jadi kalau pada zaman Musa ternyata ada orang tukang-hasut, pasti orang itu dibunuh.
        Kalau pada zaman PB perintah itu sudah tidak berlaku lagi sudah disempurnakan dengan HUKUM KASIH oleh TUHAN Yesus.
        =========================
        1. tuhan lo salah konsep dalam memiliki penjelmaan, coba lo pikirn dehhh…
        a. mau menjelma aje pake dilahirkan
        b. tuhan meneruskan kitab musa wkwkwkwkwkw
        c. tuhan disunat, masa iaa siiii
        d. jadi manusia buat nebus dosa
        1. tuhan bapak paling KEJAM
        2. disalib teriak teriak ckckckck
        3. umat kristen umat PALING MALAS, DUSTA, penuh KHAYALAN dan BUTA ILMU.

        2. wkwkwkwkwk segala bentuk aturan dan hukum di taurat musa DIBUANG dan dianggap TIDAK berlaku hanya krn PB ala paulus dkk ckckckckckc kalo yg namanya KASIH itu dosa manusia udah saja diampuni tanpa ada PERTUMPAHAN DARAH sgala macem kellessss
        dan lagi pula si yesus sendiri ber IKRAR bhw dia menggenapi hukum taurat musa, dan dia sering menyebut tuhan nya sendiri tanpa mengaku ngaku tuhan nya adalah bagian dari dirinya atau dirinya bagian hakiki ketuhanan Ilahi. ckckckckck

        semua jawaban lo cuma KORBAN gereja murni sha…. itu artinya lo blm MAMPU ber ILMU sama agama lo sendiri, jika mampu silahkan lo sebutkan perintah yesus yg lo jalani, gimana?

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 7:47 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Kalau ente bilang menyembah Tuhan Yesus itu menyembah kepada “tuhan” selain “alloh-swt” wah itu betul sekali ….Karena: Kami mustahil menyembah “alloh-swt” tuhan-islam itu….MUSTAHIL.
        ente mungutip Injil Matius 4:10
        4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah YHWH, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
        Nah sudah jelas kalau Tuhan Yesus memerintahkan iblis supaya menyembah YHWH Allah Yang Sejati itu, sedangkan YHWH menjelmakan diri menjadi Manusia YESUS.
        Jadi: iblis diperintahkan menyembah YESUS….
        Paham slim?
        ======================
        ckckckckkcck ini menundukan lo NGASAL dalam membaca pertanyaan gw wkwkwkwk
        rupanya demen dibilang tak ber ILMU, krn memang lo sdh sompal akal sehat nye, padahal si yesus bilang pergunakan AKAL SEHAT mu, ckckckckck
        ((Menyembah kepada Yesus saja termasuk menyembah kepada Tuhan selain Allah, karena Yesus sendiri menyuruh menyembah dan berbakti hanya kepada Allah yang dia sembah. Perhatikan sabda Yesus pada Injil Matius 4:10 sbb :
        Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”))
        dan alibi BODOH lo adalah

        “”Nah sudah jelas kalau Tuhan Yesus memerintahkan iblis supaya menyembah YHWH Allah Yang Sejati itu, sedangkan YHWH menjelmakan diri menjadi Manusia YESUS.
        Jadi: iblis diperintahkan menyembah YESUS….
        Paham slim?””

        sudah jelas dan nyata bhw lo merupakan KORBAN GEREJA sha…
        jangan lo ambil kesimpulan waee lahhh bawakan kata kata yesus murni tanpa harus menafsirkan sama diri lo semata, wkwkwkwkwk bocah SD juga bisa baca ayat tsb keelleessss ckckckckck

        gw lg mikir : “yesus nyuruh iblis buat nyembah Tuhan, sementara orang yng nyuruh nye dianggap tuhan krn lagi menjelma”

        #1000% PAGANISME

  44. November 24, 2016 4:15 pm

    @ muslim “ahyanuar”

    Sha-Sha menulis:
    Lha? Raja Saul itu memang bukan orang Kristen….
    Lagian: dia memerintahkan membunuh atas kemauan sendiri, bukan wahyu dari TUHAN.

    muslim “ahyanuar” menyahut:
    ckckckckck BUKAN orang KRISTEAN??? kalo bukan orang kristen napa pake ada kisahnye di bible? ada kepentingan ape??? masa bible mengishakan orang yg gada hubungannye ape lagi dng kekrsitenan??? nahhh kalo die melakukan pembunuhan atas kemauan sendiri knp malah dimaktubkan di kitab yg katanya suci??? gw dh bilang knp bible malah berisikan kisah2 yg berkelakuan bejad bejad sihh??? selain PEZINAH, disini malah PEMBUNUH, anehh.. ckckckckckckck kecuali lo hwarus mengakui bible lo cuma karangan si penulis maka dng otomatis bible lo bukan kitab suci, setuju????

    ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
    Ya memang betul, bahwa: Raja Saul itu BUKAN ORANG KRISTEN, dia hidup pada zaman PL, sedangkan Ke-Kristen-an ada pada zaman PB.
    Kisah-sejarah Raja Saul ada di dalam Bible kitab para Nabi di PL itu, sejarah hidupnya diabadikan oleh Nabi Samuel.

    Perlakuan jahat dan bejad tetap dicatat oleh para Nabi dan Rasul supaya menjadi PEMBELAJARAN dan PERINGATAN bahwa perbuatan itu sungguh dibenci oleh Allah-YHWH.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    muslim “ahyanuar” menulis:
    dan skrng gw akan benturkan betapa SADIS nye upaya yesus menurut bible lo.

    Bunuh yang Tidak Menyembah Yesus

    Ulangan 13:6-9

    (6) Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu, (7) salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi, (8) maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya, (9) tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    TAURAT ULANGAN itu BUKAN AJARAN KRISTEN…HUKUM TAURAT diturunkan oleh Allah-YHWH kepada Nabi Musa ketika Bani Israel mengembara di padang gurun Sinai. Isi HUKUM TAURAT terkesan keras karena memanglah Bani Israel itu bangsa yang tengil, tegar-tengkuk, kepala-batu, suka memberontak, maka dibutuhkan HUKUM YANG KERAS buat mengendalikan kedurhaka-an nya.

    Harap dipahami pula, bahwa TAURAT ULANGAN 13:6-9 adalah PERINTAH membunuh PROVOKATOR, TUKANG HASUT, yang menghasut bangsa Israel supaya menyembah berhala saja….
    Sedangkan bangsa yang terseret oleh hasutan si PROVOKATOR itu tidak dibunuh .
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    muslim “ahyanuar” menulis:
    Menyembah kepada Yesus saja termasuk menyembah kepada Tuhan selain Allah, karena Yesus sendiri menyuruh menyembah dan berbakti hanya kepada Allah yang dia sembah. Perhatikan sabda Yesus pada Injil Matius 4:10 sbb :
    Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    ente ngomong kayak gitu karena ente tidak tahu bahwa : Yesus adalah jelmaan Allah-YHWH sendiri….

    ente menyinggung-nyinggun Injil Matius pasal 4 itu….Sha-Sha hadirkan lebih utuh: Simak

    Injil Matius:
    Matius 4:1-11 PERCOBAAN DI PADANG GURUN
    4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
    4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
    4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
    4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”
    4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
    4:6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”
    4:7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”
    4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
    4:9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”
    4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
    4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

    APA YANG TERLIHAT?
    Bahwa ternyata: iblis mengetahui dan bahkan mengenal kalau Yesus itu adalah ANAK-ALLAH (Mat 4:3 ; 4:6 )

    Mengapa iblis tidak berkata: “Jika Engkau Rasul dan Nabi”??? Tapi iblis berkata: “Jika Engkau Anak-Allah”???

    Bahwa ternyata iblis mengetahui kalau Yesus sebagai Anak-Allah akan mampu menyulap batu menjadi roti (Mat 4:3)

    Bahwa ternyata iblis juga mengetahui kalau Yesus terjun dari ketinggian yang mematikan , akan ada malaikat yang menangkapNya sehingga tubuhNya tidak terbentur bumi (Mat 4:6)

    Dan ternyata Yesus memerintahkan supaya iblis menyembah Yesus saja (Mat 4:10)…karena: Yesus adalah JELMAAN ALLAH-YHWH.
    Kalau dihadirkan ayatnya akan terlihat begini:

    4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah YHWH, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

    Nah , tidak ada perintah untuk menyembah “alloh-swt”…..jelas kan?

    • ahyanuar permalink
      November 25, 2016 3:43 am

      @sha sha,

      ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
      Ya memang betul, bahwa: Raja Saul itu BUKAN ORANG KRISTEN, dia hidup pada zaman PL, sedangkan Ke-Kristen-an ada pada zaman PB.
      Kisah-sejarah Raja Saul ada di dalam Bible kitab para Nabi di PL itu, sejarah hidupnya diabadikan oleh Nabi Samuel.
      Perlakuan jahat dan bejad tetap dicatat oleh para Nabi dan Rasul supaya menjadi PEMBELAJARAN dan PERINGATAN bahwa perbuatan itu sungguh dibenci oleh Allah-YHWH.
      ==============================
      ckckckckck dengan segala kisah di PL saja sudah membuktikan bahwa ajaran dan konsep TRINITAS maupun tuhan MENJELMA TIDAK ada ditemukan bahwa tidak ada dalil dan ayat nya, betul??? jika prilaku PERZINAHAN dan PEMBUNUHAN ada di bible lo itu, maka gw gk salah omong bhw kitab lo mengandung prilaku prilaku yag BEJAD, baik PEMBUNUHAN maupun PERZINAHAN dll, setuju??? nahh maka kalo sdh begini apakah lo yakin ayat sb merupakan firman tuhan atau karangan si penulis saja??? ckckckckck
      ———————————————–
      ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
      TAURAT ULANGAN itu BUKAN AJARAN KRISTEN…HUKUM TAURAT diturunkan oleh Allah-YHWH kepada Nabi Musa ketika Bani Israel mengembara di padang gurun Sinai. Isi HUKUM TAURAT terkesan keras karena memanglah Bani Israel itu bangsa yang tengil, tegar-tengkuk, kepala-batu, suka memberontak, maka dibutuhkan HUKUM YANG KERAS buat mengendalikan kedurhaka-an nya.
      Harap dipahami pula, bahwa TAURAT ULANGAN 13:6-9 adalah PERINTAH membunuh PROVOKATOR, TUKANG HASUT, yang menghasut bangsa Israel supaya menyembah berhala saja….
      Sedangkan bangsa yang terseret oleh hasutan si PROVOKATOR itu tidak dibunuh .
      ===============================
      1. sekali lagi gw katakan di PL manapun TIDAK ada konsep atau sebut nama agama KRISTEN, konsep TRINITAS maupun tuhan menjelma menjadi manusia, jadi… PL hanya berkisahkan prilaku prilaku BEJAD dan hanya buku sejarah saja, betul??? maka kalo ini dinyatakan sbg ayat/firman tuhan, gw kembali bertanya, apakah ayat ayat tsb RUTIN dibacakan pendeta ke jemaat gereja???? ckckckckc
      2. sekali lagi lo cuma BERPATOKAN pada kutipan ulangan 13:6-9 SAJA, tanpa mau menjawab pertanyaan gw …
      “””Dapatkah umat Kristiani membuktikan kebenaran ayat tersebut, yaitu membunuh siapa saja diantara manusia yang berbakti kepada tuhan-tuhan lain selain Allah? Bukankah begitu banyak umat beragama yang menyembah kepada ilah-ilah lain selain Allah?”””

      gimana????

      • November 26, 2016 6:32 am

        @ muslim “ahyanuar”

        Sha-Sha menulis:
        Ya memang betul, bahwa: Raja Saul itu BUKAN ORANG KRISTEN, dia hidup pada zaman PL, sedangkan Ke-Kristen-an ada pada zaman PB.
        Kisah-sejarah Raja Saul ada di dalam Bible kitab para Nabi di PL itu, sejarah hidupnya diabadikan oleh Nabi Samuel.
        Perlakuan jahat dan bejad tetap dicatat oleh para Nabi dan Rasul supaya menjadi PEMBELAJARAN dan PERINGATAN bahwa perbuatan itu sungguh dibenci oleh Allah-YHWH.

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        ckckckckck dengan segala kisah di PL saja sudah membuktikan bahwa ajaran dan konsep TRINITAS maupun tuhan MENJELMA TIDAK ada ditemukan bahwa tidak ada dalil dan ayat nya, betul??? jika prilaku PERZINAHAN dan PEMBUNUHAN ada di bible lo itu, maka gw gk salah omong bhw kitab lo mengandung prilaku prilaku yag BEJAD, baik PEMBUNUHAN maupun PERZINAHAN dll, setuju??? nahh maka kalo sdh begini apakah lo yakin ayat sb merupakan firman tuhan atau karangan si penulis saja??? ckckckckck

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        Pada ayat-ayat Bible di PL itu banyak ditemukan bahwa : Allah-YHWH adalah ROH (Roh-Kudus)…Allah-YHWH ber-Firman (Yesus jelmaan Firman YHWH)…Roh-Allah hinggap pada para Nabi (Lagi-lagi Roh-Allah = Roh Kudus)….jadi YHWH + FIRMAN-Nya + Roh-Allah adalah SATU TIDAK TERPISAHKAN.

        Alkitab/Bible memang memuat info perbuatan dosa, ada pendosa yang berlaku bejad, membunuh, berzinah, menipu, merampas hak orang lain dst..dsb…Tapi setelah itu DATANGLAH AZAB dari Allah-YHWH menghukum si pendosa.
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

        Sha-sha menulis:
        TAURAT ULANGAN itu BUKAN AJARAN KRISTEN…HUKUM TAURAT diturunkan oleh Allah-YHWH kepada Nabi Musa ketika Bani Israel mengembara di padang gurun Sinai. Isi HUKUM TAURAT terkesan keras karena memanglah Bani Israel itu bangsa yang tengil, tegar-tengkuk, kepala-batu, suka memberontak, maka dibutuhkan HUKUM YANG KERAS buat mengendalikan kedurhaka-an nya.
        Harap dipahami pula, bahwa TAURAT ULANGAN 13:6-9 adalah PERINTAH membunuh PROVOKATOR, TUKANG HASUT, yang menghasut bangsa Israel supaya menyembah berhala saja….
        Sedangkan bangsa yang terseret oleh hasutan si PROVOKATOR itu tidak dibunuh .

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        1. sekali lagi gw katakan di PL manapun TIDAK ada konsep atau sebut nama agama KRISTEN, konsep TRINITAS maupun tuhan menjelma menjadi manusia, jadi… PL hanya berkisahkan prilaku prilaku BEJAD dan hanya buku sejarah saja, betul??? maka kalo ini dinyatakan sbg ayat/firman tuhan, gw kembali bertanya, apakah ayat ayat tsb RUTIN dibacakan pendeta ke jemaat gereja???? ckckckckc
        2. sekali lagi lo cuma BERPATOKAN pada kutipan ulangan 13:6-9 SAJA, tanpa mau menjawab pertanyaan gw …
        “””Dapatkah umat Kristiani membuktikan kebenaran ayat tersebut, yaitu membunuh siapa saja diantara manusia yang berbakti kepada tuhan-tuhan lain selain Allah? Bukankah begitu banyak umat beragama yang menyembah kepada ilah-ilah lain selain Allah?”””

        gimana????

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha ******
        1. Bible PL tidak mengenal Kristen, karena berbeda zaman dengan ke-Kristen-an…
        Konsep TRINITAS sudah hadir di PL dengan menyebutkan bahwa: YHWH adalah pribadi Yang menyelamatkan Yang ber-Firman Yang berwujud Roh…

        Kisah kejahatan di dalam Bible perlu diketahui supaya pembacanya tahu perilaku jahat itu dibenci oleh TUHAN YANG ASLI: YHWH , Allah-Israel alias Yesus Kristus.

        2. Perintah membunuh PENGHASUT atau PROVOKATOR yang membujuk umat Israel supaya menyembah berhala saja berlaku pada zaman PL saja….itupun yang dibunuh hanya PROVOKATOR nya saja, bukan membunuh seluruh bangsa.

    • ahyanuar permalink
      November 25, 2016 4:06 am

      @sha sha,

      ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
      ente ngomong kayak gitu karena ente tidak tahu bahwa : Yesus adalah jelmaan Allah-YHWH sendiri….
      ente menyinggung-nyinggun Injil Matius pasal 4 itu….Sha-Sha hadirkan lebih utuh: Simak
      Injil Matius:
      Matius 4:1-11 PERCOBAAN DI PADANG GURUN
      4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
      4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
      4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
      4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”
      4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
      4:6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”
      4:7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”
      4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
      4:9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”
      4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
      4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.
      APA YANG TERLIHAT?
      Bahwa ternyata: iblis mengetahui dan bahkan mengenal kalau Yesus itu adalah ANAK-ALLAH (Mat 4:3 ; 4:6 )
      Mengapa iblis tidak berkata: “Jika Engkau Rasul dan Nabi”??? Tapi iblis berkata: “Jika Engkau Anak-Allah”???
      Bahwa ternyata iblis mengetahui kalau Yesus sebagai Anak-Allah akan mampu menyulap batu menjadi roti (Mat 4:3)
      Bahwa ternyata iblis juga mengetahui kalau Yesus terjun dari ketinggian yang mematikan , akan ada malaikat yang menangkapNya sehingga tubuhNya tidak terbentur bumi (Mat 4:6)
      Dan ternyata Yesus memerintahkan supaya iblis menyembah Yesus saja (Mat 4:10)…karena: Yesus adalah JELMAAN ALLAH-YHWH.
      Kalau dihadirkan ayatnya akan terlihat begini:
      4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah YHWH, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
      Nah , tidak ada perintah untuk menyembah “alloh-swt”…..jelas kan?
      ===============================
      ckckckckckck cuma KORBAN GEREJA yg bisa bilang “”Yesus adalah jelmaan Allah-YHWH sendiri””” fakta itu sha…. !!! dan PARAH nya di ayat bible bible lo si yesus malah selalu bertuhan kan 1 Tuhan YME, jelas termaktub di bible lo, ckckckckck
      nah kalo lo bawa ayat lengkap Matius, maka akan timbul pertanyaan seperti ini, :
      1. tuhan di cobai iblis??? tuhan macam apa itu??? padahal iblis yg nyiptain tuhan pula, betul? jelaskan beserta data valid kitabiahnya.
      2. tuhan puasa??? buat ape??? nahh kalo si yesus saja masih bisa berpuasa, lantas lo yg katanya pengikutnye apakah lo puasa persis seperti yg yesus lakukan???
      (faktanya umat kristen adalah umat PEMALAS dan MUNAFIK)
      3. Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” jika yesus mengaku sbg Tuhan, maka harusnya yesus bilang “setiap firman yang keluar dari mulut ku” betul???
      4. APA YANG TERLIHAT?? ckckckck harusnya lo FOKUS apa yg dikatakan oleh yesus, “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” kata tsb diperjelas oleh yesus “kepada Dia sajalah” jadi ini bukti nyata bhw yesus bukan tuhan, paham??? TAPI aneh nya lo cuma BERPATOKAN sama perkataan IBLIS saja, ckckckckckck aneh ada umat tapi yg di denger malah perkataan IBLIS bukan si yesus nye,, wkwkwkwkwk PARAH lo sha…
      kemudian lo lebih percaya perkataan IBLIS dengan istilah “anak allah” ckckckck
      penyebutan anak allah itu sdh bejubel disebutin di bible lo, knp lo gk mengkajinya sha???
      wkwkwkwkwk kalo lo mau adil, harusnye jg Melkisedek berhak dijadikan sbg tuhan, betul??? ckckckckckc

      • November 26, 2016 6:49 am

        @muslim “ahyanuar”

        muslim “ahyanuar” menulis:
        ckckckckckck cuma KORBAN GEREJA yg bisa bilang “”Yesus adalah jelmaan Allah-YHWH sendiri””” fakta itu sha…. !!! dan PARAH nya di ayat bible bible lo si yesus malah selalu bertuhan kan 1 Tuhan YME, jelas termaktub di bible lo, ckckckckck
        nah kalo lo bawa ayat lengkap Matius, maka akan timbul pertanyaan seperti ini, :
        1. tuhan di cobai iblis??? tuhan macam apa itu??? padahal iblis yg nyiptain tuhan pula, betul? jelaskan beserta data valid kitabiahnya.
        2. tuhan puasa??? buat ape??? nahh kalo si yesus saja masih bisa berpuasa, lantas lo yg katanya pengikutnye apakah lo puasa persis seperti yg yesus lakukan???
        (faktanya umat kristen adalah umat PEMALAS dan MUNAFIK)
        3. Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” jika yesus mengaku sbg Tuhan, maka harusnya yesus bilang “setiap firman yang keluar dari mulut ku” betul???
        4. APA YANG TERLIHAT?? ckckckck harusnya lo FOKUS apa yg dikatakan oleh yesus, “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” kata tsb diperjelas oleh yesus “kepada Dia sajalah” jadi ini bukti nyata bhw yesus bukan tuhan, paham??? TAPI aneh nya lo cuma BERPATOKAN sama perkataan IBLIS saja, ckckckckckck aneh ada umat tapi yg di denger malah perkataan IBLIS bukan si yesus nye,, wkwkwkwkwk PARAH lo sha…
        kemudian lo lebih percaya perkataan IBLIS dengan istilah “anak allah” ckckckck
        penyebutan anak allah itu sdh bejubel disebutin di bible lo, knp lo gk mengkajinya sha???
        wkwkwkwkwk kalo lo mau adil, harusnye jg Melkisedek berhak dijadikan sbg tuhan, betul??? ckckckckckc

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Lha? Yang dicobai iblis itu adalah MANUSIA….yaitu MANUSIA YESUS,….yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH….sedangkan Allah-YHWH sendiri tetap tinggal dan bersemayam di dalam Sorga.

        2. Tuhan Yesus berpuasa buat menghadapi UJIAN/PENCOBAAN oleh iblis….artinya: Tuhan Yesus bisa menang kendati diuji dalam keadaan lemah akibat berpuasa berkepanjangan 40hari 40 malam tanpa berbuka lho.

        3. Ya sama saja….Allah-YHWH itulah Yesus sendiri sebagai jelmaanNya…kalau Tuhan Yesus bilang: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” MAKSUDNYA: Setiap Firman yang keluar dari mulut Yesus sebagai YHWH itu.

        4. Tuhan Yesus memerintahkan iblis supaya menyembah YHWH , Allah Yang Mahakuasa….bukan memerintahkan menyembah “alloh-swt”
        Kemudian: YHWH itulah yang menjelma menjadi MANUSIA YESUS itu….jadi bisa diartikan : iblis wajib menyembah Tuhan Yesus (Karena Yesus adalah jelmaan YHWH)

        DAN TERNYATA: iblis benar-benar menyembah TUHAN Yesus selaku ANAK-ALLAH-YHWH: Peristiwa itu ter-rekam dalam Injil

        Injil Lukas:
        8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.
        8:28 Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku.”
        8:29 Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.
        8:30 Dan Yesus bertanya kepadanya: “Siapakah namamu?” Jawabnya: “Legion,” karena ia kerasukan banyak setan.
        8:31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.
        8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
        8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.

        ~~~~~~~~~~~

        Kalau Melkisedek sih hanya manusia biasa…bukan “tuhan”, dia seorang Raja Salem, merangkap sebagai “Imam-Allah”

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 4:55 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Lha? Yang dicobai iblis itu adalah MANUSIA….yaitu MANUSIA YESUS,….yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH….sedangkan Allah-YHWH sendiri tetap tinggal dan bersemayam di dalam Sorga.
        2. Tuhan Yesus berpuasa buat menghadapi UJIAN/PENCOBAAN oleh iblis….artinya: Tuhan Yesus bisa menang kendati diuji dalam keadaan lemah akibat berpuasa berkepanjangan 40hari 40 malam tanpa berbuka lho.
        3. Ya sama saja….Allah-YHWH itulah Yesus sendiri sebagai jelmaanNya…kalau Tuhan Yesus bilang: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” MAKSUDNYA: Setiap Firman yang keluar dari mulut Yesus sebagai YHWH itu.
        4. Tuhan Yesus memerintahkan iblis supaya menyembah YHWH , Allah Yang Mahakuasa….bukan memerintahkan menyembah “alloh-swt”
        Kemudian: YHWH itulah yang menjelma menjadi MANUSIA YESUS itu….jadi bisa diartikan : iblis wajib menyembah Tuhan Yesus (Karena Yesus adalah jelmaan YHWH)
        ==========================
        1. ckckckckckckck tetep aje yg lo sebutkan adalah KONSEP AJARAN gereja lo, bukan ajaran si yesus, wkwkwkwk pake berasumsi pribadi dewek bae (yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH) ckckckckckckck cuy kalo dia tuhan maka harusnye dia gk perlu menggenapi hukum taurat nya nabi Musa A.S, betul??? udeh aje dia bikin ajaran baru, setuju gk???
        2. yg namanya berpuasa maka berati dia ada kebiasaan MAKAN, lalu pertanyaan gw sejak kapan tuhan bisa makan??? masa tuhan diuji oleh iblis, masuk akal kah??? nahhh kalo yesus saja bisa berpuasa, apakah lo bisa berpuasa kyk dia buat sekedar menghormati dia???? inget tanpa berbuka lohhh sha… wkwkwkwkwkw
        3. cuyyy yg namanya nabi dimana mana punya misi dan di berikan kelebihan masing2 oleh tuhan bahkan mendaptkan wahyu dan pengajaran dari tuhan, lalu si yesus pun slalu bilang sembah lah Allah kita, Allah itu esa dan bahkan si iblis diperintahkan yesus utk menyembah Allah saja, nahh kalo si yesus itu tuhan yg menjelma, apa susah nye dia ngaku sendiri bhw dia adalah tuhan??? mukjijat sdh yesus lakukan sekian banyak nya masa utk sekedar ngaku tuhan saja tidak bisa? itu artinya dia hanya utusan/nabi Allah untuk kaum bani israel. paham???
        4. nahhh kalo si yesus merintahin iblis biar menyembah Allah saja maka bukan berarti si yesus sendiri adalah tuhan, paham gk siii??? ckckckckck dan kalo lo masih belum NGEH dama tuhan Islam bernama Allah SWT maka lo TIDAK memahami agama samawi, mau sampe kapan lo gk mau tau agama samawi??? makan tuhhh DOGMA gereja…wkwkwk
        kemudian lo bilang : YHWH itulah yang menjelma menjadi MANUSIA YESUS itu….jadi bisa diartikan : iblis wajib menyembah Tuhan Yesus (Karena Yesus adalah jelmaan YHWH)
        yang artinya itu DOGMA/DOKTRIN murni dari gereja n pendeta lo cuyyy… lo sama sekali BUKAN pengikut sejati yesus, knp? krn lo lo pada cuma mengikuti perintah pemuka agama lo saja, terbukti bhw NATAL dan ibadah hari MINGGU hanya berdasarkan perintah dari pemuka agama lo doank, bahkan lo dng JUJUR bilang memang TIDAK ADA PERINTAHNYA dari tuhan, wkwkwkwkwkwwkwk

      • November 29, 2016 7:08 am

        @muslim “ahnyanuar:

        muslim “ahyanuar” menulis:
        1. ckckckckckckck tetep aje yg lo sebutkan adalah KONSEP AJARAN gereja lo, bukan ajaran si yesus, wkwkwkwk pake berasumsi pribadi dewek bae (yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH) ckckckckckckck cuy kalo dia tuhan maka harusnye dia gk perlu menggenapi hukum taurat nya nabi Musa A.S, betul??? udeh aje dia bikin ajaran baru, setuju gk???
        2. yg namanya berpuasa maka berati dia ada kebiasaan MAKAN, lalu pertanyaan gw sejak kapan tuhan bisa makan??? masa tuhan diuji oleh iblis, masuk akal kah??? nahhh kalo yesus saja bisa berpuasa, apakah lo bisa berpuasa kyk dia buat sekedar menghormati dia???? inget tanpa berbuka lohhh sha… wkwkwkwkwkw
        3. cuyyy yg namanya nabi dimana mana punya misi dan di berikan kelebihan masing2 oleh tuhan bahkan mendaptkan wahyu dan pengajaran dari tuhan, lalu si yesus pun slalu bilang sembah lah Allah kita, Allah itu esa dan bahkan si iblis diperintahkan yesus utk menyembah Allah saja, nahh kalo si yesus itu tuhan yg menjelma, apa susah nye dia ngaku sendiri bhw dia adalah tuhan??? mukjijat sdh yesus lakukan sekian banyak nya masa utk sekedar ngaku tuhan saja tidak bisa? itu artinya dia hanya utusan/nabi Allah untuk kaum bani israel. paham???
        4. nahhh kalo si yesus merintahin iblis biar menyembah Allah saja maka bukan berarti si yesus sendiri adalah tuhan, paham gk siii??? ckckckckck dan kalo lo masih belum NGEH dama tuhan Islam bernama Allah SWT maka lo TIDAK memahami agama samawi, mau sampe kapan lo gk mau tau agama samawi??? makan tuhhh DOGMA gereja…wkwkwk
        kemudian lo bilang : YHWH itulah yang menjelma menjadi MANUSIA YESUS itu….jadi bisa diartikan : iblis wajib menyembah Tuhan Yesus (Karena Yesus adalah jelmaan YHWH)
        yang artinya itu DOGMA/DOKTRIN murni dari gereja n pendeta lo cuyyy… lo sama sekali BUKAN pengikut sejati yesus, knp? krn lo lo pada cuma mengikuti perintah pemuka agama lo saja, terbukti bhw NATAL dan ibadah hari MINGGU hanya berdasarkan perintah dari pemuka agama lo doank, bahkan lo dng JUJUR bilang memang TIDAK ADA PERINTAHNYA dari tuhan, wkwkwkwkwkwwkwk

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. TUHAN Yesus MENGGENAPI HUKUM TAURAT dengan cara MENYEMPURNAKANNYA sehingga JAUH LEBIH SEMPURNA dibanding sebelum digenapi.

        2. TUHAN bisa makan koq ente merasa heran? hihihi….
        Kayaknya ente kagum kepada “tuhan” yang tidak mampu makan ya? hihihi….

        3. TUHAN Yesus berfirman: Sembahlah BAPA (MaksudNya: YHWH) Yang adalah Roh itu….jadi mustahil memerintahkan menyembah “tuhan” tapi bentuknya “zat”…MUSTAHIL

        4. TUHAN Yesus ber-hak memerintah / menyuruh-nyuruh supaya iblis menyembah YHWH Allah Asli itu…karena: Tuhan Yesus adalah jelmaan YHWH sendiri.

        Tentang NATAL: Natal hanya sebagai sarana MENGENANG bahwa pada 2000 tahun silam YHWH pernah menjelma menjadi MANUSIA YESUS….datang ke Bumi…. itu saja koq

        Tentang ber-Gereja pada Hari Minggu: Ber-ibadah boleh pada hari apa saja koq, kalau kebetulan orang Kristen ber-ibadah pada Hari Minggu itu karena: Tuhan Yesus bangkit mengalahkan MAUT terjadi pada Hari Minggu, hari yang terkesan istimewa.

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 7:59 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. TUHAN Yesus MENGGENAPI HUKUM TAURAT dengan cara MENYEMPURNAKANNYA sehingga JAUH LEBIH SEMPURNA dibanding sebelum digenapi.
        2. TUHAN bisa makan koq ente merasa heran? hihihi….
        Kayaknya ente kagum kepada “tuhan” yang tidak mampu makan ya? hihihi….
        3. TUHAN Yesus berfirman: Sembahlah BAPA (MaksudNya: YHWH) Yang adalah Roh itu….jadi mustahil memerintahkan menyembah “tuhan” tapi bentuknya “zat”…MUSTAHIL
        4. TUHAN Yesus ber-hak memerintah / menyuruh-nyuruh supaya iblis menyembah YHWH Allah Asli itu…karena: Tuhan Yesus adalah jelmaan YHWH sendiri.
        Tentang NATAL: Natal hanya sebagai sarana MENGENANG bahwa pada 2000 tahun silam YHWH pernah menjelma menjadi MANUSIA YESUS….datang ke Bumi…. itu saja koq
        Tentang ber-Gereja pada Hari Minggu: Ber-ibadah boleh pada hari apa saja koq, kalau kebetulan orang Kristen ber-ibadah pada Hari Minggu itu karena: Tuhan Yesus bangkit mengalahkan MAUT terjadi pada Hari Minggu, hari yang terkesan istimewa.
        =========================
        1. cuyyy yang namanya menggenapi itu ya melanjutkan dan melengkapi hukum taurat, kalo tiba tiba yesus putus asa krn manusia nya bebal dan dia memutuskan mati disalib maka hrs nya dia tidak perlu teriak teriak atau dipaksa ketika disalib, nyatanya apa sha??? dan rupanya putus asa nya si yesus ternyata ala nya si palus biar kyk bunglon penjilat sama kaum yahudi dan romawi, ckckckckckck jadi yg namanya menggenapi maka segala hukum taurat tetap dijalankan bahkan yesus bilang tidak utk meniadakannya jadi apanya yg sempurna? sempurna karna kematiannya buat nebus dosa lo lo pada??? itu konsep PAGAN tauuuu… amit amit dahhh
        2. dewa khrisna dilahirkan, bisa makan dll jadi tuhan lo mau sama kyk konsep agama mana lagi sha??? gw gk heran tapi gw heran sama OTAK lo lo pada, paham??
        3. ckckckckck masih bawa kata “zat” lo bahas kata zat dari dulugk kelar kelar, knp? krn penjelasan nya tanpa lo mau TERIMA, yg ada lo cuma KABUR disana sini, betul? jika lo gk merasa kabur maka silahkan lo pilih diblog mana yg prnh lo bahas kata zat tsb, bawakan dimari, gimana???
        4. cuyyy kalo dia PD saat itu atau PD sama siapaun, apa susahnye dia bilang (narasi gw ubah) “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah padaku, Allahmu, dan hanya kepada aku sajalah engkau berbakti!” betul gk??? ckckckck
        lahhh kalo natal sekedar mengenang saja mah kahn ttp harus ada dalil nye sha, betul? atas dalil n perintah siapa mengenang?? lalu ibadah hari minggu juga kudu ada dalil n perintahnye siapa, betul??? ape lo gk malu si yesus mensucikan sabat, lo ngikutin siapa hayooo???? gereja khan????? wkwkwkwkwk

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 5:09 am

        @sha sha,

        DAN TERNYATA: iblis benar-benar menyembah TUHAN Yesus selaku ANAK-ALLAH-YHWH: Peristiwa itu ter-rekam dalam Injil
        Injil Lukas:
        8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.
        8:28 Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku.”
        8:29 Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.
        8:30 Dan Yesus bertanya kepadanya: “Siapakah namamu?” Jawabnya: “Legion,” karena ia kerasukan banyak setan.
        8:31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.
        8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
        8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.
        ========================
        ckckckckck sebutkan ayat mana yg dinyatakan iblis MENYEMBAH si yesus, baca baik baik tuhh???? jangan cuma NGASAL n berkesimpulan sendiri doank….
        gimana kalo gw bawakan
        Lukas 8:21
        “Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku 1 ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya. l ”

        jelas disitu bahwa yesus selalu menggunakan kata Allah yg memang tuhan nya dia sendiri, jadi kalo si yesus tuhan maka harusnya dia pake kata “firmanku” betul??? jadi sejak kapan ada pernyataan pihak lain dianggap kesatuan 1 pribadi????
        ———————————-
        Kalau Melkisedek sih hanya manusia biasa…bukan “tuhan”, dia seorang Raja Salem, merangkap sebagai “Imam-Allah”
        ==========================
        lahhhh si yesus kan juga manusia, betul??? nihhhh kata kata lo…

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Lha? Yang dicobai iblis itu adalah MANUSIA….yaitu MANUSIA YESUS,….yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH….sedangkan Allah-YHWH sendiri tetap tinggal dan bersemayam di dalam Sorga.

        jadi yesus maupun melkisedek SAMA SAMA manusia khan, betul???
        sama sama disebut anak tuhan dan tak berkesudahan, ckckckckck sekalian aje melkisedek jadi tuhan cuyyy biar rame konsep tuhan lo jadi ada 4 sosok dahhhh wkwkwkwkwk

      • November 29, 2016 7:34 am

        @ muslim “ahyanuar”

        Sha-sha menulis:
        DAN TERNYATA: iblis benar-benar menyembah TUHAN Yesus selaku ANAK-ALLAH-YHWH: Peristiwa itu ter-rekam dalam Injil
        Injil Lukas:
        8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.
        8:28 Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku.
        8:29 Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.
        8:30 Dan Yesus bertanya kepadanya: “Siapakah namamu?” Jawabnya: “Legion,” karena ia kerasukan banyak setan.
        8:31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.
        8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
        8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas

        muslim “ahyanuar” menyahut:
        ckckckckck sebutkan ayat mana yg dinyatakan iblis MENYEMBAH si yesus, baca baik baik tuhh???? jangan cuma NGASAL n berkesimpulan sendiri doank….

        ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
        Lha? Kondisi JATUH TERSUNGKUR sembari MEMOHON-MOHON BELAS KASIHAN itulah yang memaknai bahwa iblis pun MENYEMBAH TUHAN YESUS.
        ~~~~~~~~~~~~~~~~

        muslim “ahnyanuar” menulis:
        gimana kalo gw bawakan
        Lukas 8:21
        “Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku 1 ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya. l ”

        jelas disitu bahwa yesus selalu menggunakan kata Allah yg memang tuhan nya dia sendiri, jadi kalo si yesus tuhan maka harusnya dia pake kata “firmanku” betul??? jadi sejak kapan ada pernyataan pihak lain dianggap kesatuan 1 pribadi????

        ***** TANGGAPAN sha-sha *****
        Lha? Yang ente kutip kan Injil BAHASA INDONESIA? Sedangkan LAI menerjemahkan menjadi “Allah”
        Padahal dalam bahasa aslinya : Disebtut / tersebut “Elah” atau “Eloah” atau “alaha”

        Peshita Lukas 8:21
        – ܗܘܿ ܕܹ݁ܝܢ ܥܢܵܐ ܘܸܐܡܲܪ ܠܗܘܿܢ ܗܵܠܹܝܢ ܐܸܢܘܿܢ ܐܸܡܝ ܘܲܐܚܲܝ ܐܲܝܠܹܝܢ ܕ݁ܫܵܡܥܝܼܢ ܡܸܠܬ݂ܵܐ ܕ݁ܲܐܠܵܗܵܐ ܘܥܵܒ݂ܕ݁ܝܼܢ ܠܵܗ
        Luke 8:21 – hū dēn ᶜənā wemmar ləhon hālēn ᵓennon ᵓem waḥay ᵓaylēn dəšāmᶜīn melṯā dălāhā wəᶜāḇdīn lāh .
        ~~~~~~~~~~~~~

        muslim “ahyanuar menulis:
        lahhhh si yesus kan juga manusia, betul??? nihhhh kata kata lo…

        ***** TANGGAPAN Sha-Sha *****
        1. Lha? Yang dicobai iblis itu adalah MANUSIA….yaitu MANUSIA YESUS,….yaitu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH….sedangkan Allah-YHWH sendiri tetap tinggal dan bersemayam di dalam Sorga.

        jadi yesus maupun melkisedek SAMA SAMA manusia khan, betul???
        sama sama disebut anak tuhan dan tak berkesudahan, ckckckckck sekalian aje melkisedek jadi tuhan cuyyy biar rame konsep tuhan lo jadi ada 4 sosok dahhhh wkwkwkwkwk

        ***** TANGGAPAN sha-sha *****
        Ya beda dong slim…
        Yesus itu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH
        Kalau Melkisedek hanya manusia biasa.

      • ahyanuar permalink
        November 29, 2016 8:13 am

        @sha sha,

        ***** TANGGAPAN Sha-sha *****
        Lha? Kondisi JATUH TERSUNGKUR sembari MEMOHON-MOHON BELAS KASIHAN itulah yang memaknai bahwa iblis pun MENYEMBAH TUHAN YESUS.
        ========================
        ckckckck makanya gw bilang lo manusia TAK BERILMU sha, knp?? coba lo pikirin sendiri aje tuh…
        wkwkwkwkwk sejak kapan ada orang jatuh tersungkur lali memohon mohon belas kasihan dianggap menyembah????? gw saranin lo SEKOLAH lagi sono, ulangi lagi sekolah SMP lo sha, bila perlu lo cari sekolah SMP tinglatan yg bagusan n mahal, bisa?? ckckckckck
        jadi kalo menurut lo cara itu dianggap menyembah maka OTAK lo harus dipertanyakan sama ahli kejiwaan, sini gw periksa kejiwaan lo, gw kan ahli jiwa…. wkwkwkwkwk

        nabi nabi semua nya memaafkan keleessssckckckkcckck
        baru kali ini gw denger ada cara jatuh tersungkur dan memohon mohon belas kasih dianggap nyembahhh wkwkwkwkwk gokillll dasar KORBAN GERJA akut lo sha….
        ———————————–
        ***** TANGGAPAN sha-sha *****
        Lha? Yang ente kutip kan Injil BAHASA INDONESIA? Sedangkan LAI menerjemahkan menjadi “Allah”
        Padahal dalam bahasa aslinya : Disebtut / tersebut “Elah” atau “Eloah” atau “alaha”
        =====================
        cuyyyy disitu jelas si yesus nyebut nama Allah versi LAI, dan kalo pun yesus nyebut kata Elah dan Eloah apakah menunjukan bhw dia itu tuhan??? nahhh knp skrng lo menghindari versi LAI, padahal jelas penggunaan kata Allah saja LAI sdh NGIBUL, knp? yaaa seperti yg gw bilang kata Allah hanya ada di umat Islam, betul????
        dan gw kutip dari bahasa indonesia pun tetep ada kata Allah sha, emang gw salah kutip kah??? ckckckckckck
        ————————————-
        ***** TANGGAPAN sha-sha *****
        Ya beda dong slim…
        Yesus itu MANUSIA JELMAAN ALLAH-YHWH
        Kalau Melkisedek hanya manusia biasa.
        =========================
        bedanya si yesus pake dilahirkan sementara melkisedek gk dilahirkan jadi hebatan siapa hayooo???? dan melkisedek jauh lebih unggul dan sdh hidup duluan sebelum si yesus, jadi mau nuhanin siapa hayooo???? oia cari dan sebutkan ayat mana yg menyatakan bhw yesus sendiri bilang bahwa “aku adalah tuhan, maka sembahlah aku” atau “aku adalah YHWH, maka sembahlah aku saja” ckckckckckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: