Skip to content

4 Upaya Menjadi Orang yang Bertaqwa di bulan Ramadhan

August 15, 2010

بسم الله الر حمن الر حيم

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS. 2:183)

Allah mewajibkan kepada orang-orang yang beriman menjalankan ibadah saum, agar mereka menjadi orang-orang yang bertaqwa. Yang perlu kita perhatikan disini adalah, ternyata selain menjadi orang yang beriman, kita juga harus berupanya agar diri kita ini termasuk orang-orang yang bertaqwa. Allah menjelaskan dalam surat Yunus:62-63 mengenai ke istimewaan orang yang beriman lagi bertaqwa. Allah menyatakan bahwa mereka adalah para wali Allah; tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.

Apa yang akan mereka peroleh?

Allah mengabarkan kepada kita tentang mereka dalam ayat selanjutnya, bahwa bagi mereka itu berita gembira di dalam kehidupan dunia dan di akhirat. Tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.

Upaya apa yang harus kita laksanakan, agar kita termasuk orang yang beriman dan bertaqwa?

Ada 4 ciri orang-orang yang bertaqwa yang Allah jelaskan dalam surat Ali-Imran ayat 134-136; yang harus kita perhatikan khususnya saat kita menjalani ibadah saum di bulan Ramadhan. Karena insya Allah, jika kita bisa melaksanakannya,  maka tujuan saum akan kita peroleh. Yaitu agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa.

1. mereka berinfak baik di waktu lapang maupun sempit.

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:261)

الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى ۙ لَّهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Rabb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 2:262)

Berinfak di waktu lapang maupun di waktu sempit perlu kita perhatikan jika kita ingin menjadi orang yang bertaqwa. Dan perlu kita ingat bahwa berinfaq di bulan Ramadhan, jauh lebih baik dari pada kita berinfak di bulan yang lainnya. Karena jika seseorang beramal saleh di bulan Ramadhan, maka Allah akan memberikan ganjarannya lebih besar dari pada biasanya. itulah mengapa orang yang beriman sangat merindukan bulan Ramadhan.

وَمَثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ وَتَثْبِيتًا مِّنْ أَنفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍ بِرَبْوَةٍ أَصَابَهَا وَابِلٌ فَآتَتْ أُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ فَإِن لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Dan perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat. (QS. 2:265)

2. menahan amarah.

Banyak sekali gangguan dalam hidup ini, baik perbuatan maupun ucapan yang menyakitkan kita. Ini adalah ujian bagi kita.

Untuk menjadi orang yang bertaqwa, kita harus berusaha untuk senantiasa menahan amarah, apalagi jika kita sedang saum di bulan Ramadhan, kita harus terus berusaha menjaga diri dari hawa nafsu kita.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ya Rabb kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan tolonglah kami atas orang-orang kafir.

3. memaafkan kesalahan orang

Memaafkan kesalahan itu sungguh terasa berat, kecuali bagi mereka yang bertaqwa. Manusia yang baik itu bukan yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi orang yang baik itu mereka yang segera sadar, memohon ampun atas kesalahannya seraya tidak mengulanginya. Karena itu, jika datang kepada kita orang yang menyakiti dan menganiaya diri kita, kemudian meminta maaf kepada kita di bulan Ramadhan khususnya, maka memaafkan itu lebih baik bagi kita. Sebagai upaya agar kita menjadi orang yang bertaqwa.

4. apabila mereka mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat kepada Allah lalu memohon ampun atas dosa-dosa mereka, dan mereka tidak meneruskan perbuatannya itu, sedang mereka mengetahui.

Demikianlah; dan Allah menjelaskan bahwa barang siapa yang bisa melaksanakan 4 hal ini, maka balasannya ialah ampunan dari Allah, dan surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya.

5 Comments leave one →
  1. August 17, 2010 5:41 am

    nomor 2 yaitu menahan amarah.

    Memang berat sekali, banyak sekali gangguan di bulan Ini yang menjengkelkan. Tapi untuk meraih cita-cita menjadi orang yang beriman dan bertaqwa(menjadi wali Allah), kita harus sanggup menahan amarah.

    • Muslim permalink
      August 22, 2010 8:32 am

      رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

  2. August 23, 2011 5:43 am

    terkadang
    kita lepas kendali..

  3. September 9, 2011 8:40 am

    artikel yang sangat menarik, semoga ini bisa menjadi amal jariyah buat anda

    • Budi Muhammad Natsir permalink*
      October 1, 2011 3:22 am

      amin ya Allah. terimakasih do’a dan dukungannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: