Skip to content

Merdeka Bulan Puasa

August 17, 2010
tags:

بسم الله الر حمن الر حيم

Perlu kita ingat bahwa, dahulu Rasulallah dan para sahabatnya walaupun jumlah mereka masih sedikit, tetapi mereka berhasil mengalahkan musuh mereka dalam perang Badar di bulan Ramadhan. Begitu pula dengan peristiwa futuh Makkah. Peristiwa tersebut terjadi saat bulan Ramadhan.

Dan jangan lupa bahwa kemerdekaan yang diraih pada 17 Agustus 1945 pun, diraih pada bulan Ramadhan. Jadi jika benar-benar ingin merayakannya, maka tanggal 17 Agustus 2010 adalah hari yang tepat karena pada tanggal 17 Agustus 2010 ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, walau pun tanggalnya berbeda.

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari memperingati hari kemerdekaan RI ini?

Merdeka adalah bebasnya kita dari musuh kita yaitu para penjajah yang telah berbuat sewenang-wenang di bumi Indonesia ini dan menjadikan penduduknya berpecah belah, menindas sebagian golongan dari mereka, dan mereka berbuat kerusakan.

Namun kita harus ingat,  sebenarnya setelah hari kemerdekaan itu diraih oleh orang tua kita dahulu, mereka masih punya musuh yang nyata. Musuh yang nyata bagi mereka dan bagi kita semua itu adalah setan.

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا ۚ إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka anggaplah ia musuh, karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. (QS. 35:6)

Ingatlah bahwa setan inilah yang menginginkan agar kita ini bermusuh-musuhan melalui khamar dan judi. Dan setan inilah yang menghalangi kita dari mengingat Allah dan shalat. Seperti dalam ayat berikut:

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. 5:91)

Mengapa hal ini perlu kita perhatikan khususnya di bulan Ramadhan? Karena kita harus ingat bahwa bulan Ramadhan adalah bulan dimana musuh kita dibelenggu. Apa yang harus kita lakukan saat musuh sedang tidak berdaya?

Di bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu. Maka yang harus kita lakukan adalah menyusun kekuatan dan memperbaiki diri dengan bertaqwa kepada Allah, jangan sampai saat setan kembali bebas nanti, kita tertipu olehnya sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua orang tua kita Adam dan istrinya dari “surga”.

Selain dengan ketaqwaan juga kita harus banyak berdoa, berlindung kepada Allah dari godaannya.

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 7:200)

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طَائِفٌ مِّنَ الشَّيْطَانِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُم مُّبْصِرُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat. (QS. 7:201)

Semoga kita bisa meraih kemerdekaan. Merdeka dari perbuatan-perbuatan setan yang menjajah.

2 Comments leave one →
  1. Biαng Kαlα permalink
    December 15, 2015 4:44 am

    ϑαrί λƅυ Hυrαirαɧ rα, Ϻυɧαϻϻαϑ ƅ℮rsαƅϑα:
    “SYAITAN-SYAITAN DIBELENGGU ραϑα ƅυlαn RAMADHAN.” (HR.Ϻυѕlίϻ,1793)

    nape justru di bulan penuh berkah itu orang islam yg beribadah puasa banyak menghadapi godaan…??

    Siapakah yg menggoda orang puasa di saat syaitan dikarantina ya om…??

    • December 29, 2015 8:04 am

      Mungkin belum diketahui apa maksudnya.
      Mungkin tak semua mengimani HRM, 1793.
      Masih banyak kemungkinan yg bukan spt itu.

      Salam Damai!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: