Skip to content

Apa yang mereka sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepada mereka; maka mintahlah rezki itu di sisi Allah, dan beribadahlah kepada-Nya dan bersyukurlah kepada-Nya

September 21, 2010

بسم الله الر حمن الر حيم

إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللَّهِ لَا يَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَابْتَغُوا عِندَ اللَّهِ الرِّزْقَ وَاعْبُدُوهُ وَاشْكُرُوا لَهُ ۖ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

  • Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta 1147. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; maka mintahlah rezki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan. (QS. 29:17)
  • .

    Orang-orang yang sedang mencari pekerjaan, atau orang-orang yang mau berdagang, tentunya ada diantara mereka itu yang kebingungan. Bingung harus dagang apa atau bingung harus bekerja di mana dan sebagainya. Selain itu mereka juga takut rugi. Demikianlah, karena sebagai manusia, mereka tidak tahu urusan gaib. Dan jika mereka mengetahuinya, tentulah mereka akan memperoleh keuntungan yang banyak dan tidak akan disentuh oleh keburukan.

    Maka tiba-tiba ada di antara mereka yang pergi ke dukun/paranormal untuk mengetahui nasib mereka. Seolah-olah mereka mengetahui apa yang baik bagi anda dan apa yang buruk bagi anda di masa yang akan datang.

    Dahulu ada di antara Jin yang menduduki beberapa tempat di langit untuk mendengarkan. Maka celakalah bagi para setan yang mencuri dengar.

    Agar kita tidak tersesat dalam urusan ini, mari kita perhatikan terlebih dahulu beberapa pernyataan dari perkataan Jin yang diabadikan dalam al-Qur’an berikut:

    وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

    وَأَنَّهُمْ ظَنُّوا كَمَا ظَنَنتُمْ أَن لَّن يَبْعَثَ اللَّهُ أَحَدًا

    وَأَنَّا لَمَسْنَا السَّمَاءَ فَوَجَدْنَاهَا مُلِئَتْ حَرَسًا شَدِيدًا وَشُهُبًا

    وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ ۖ فَمَن يَسْتَمِعِ الْآنَ يَجِدْ لَهُ شِهَابًا رَّصَدًا

    وَأَنَّا لَا نَدْرِي أَشَرٌّ أُرِيدَ بِمَن فِي الْأَرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا

    1. Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan. (QS. 72:6)
    2. Dan sesungguhnya mereka (jin) menyangka sebagaimana persangkaan kamu, bahwa Allah sekali-kali tidak akan membangkitkan seorang pun, (QS. 72:7)
    3. dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, (QS. 72:8)
    4. dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang 1525 barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (QS. 72:9)
    5. Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Rabb mereka menghendaki kebaikan bagi mereka. (QS. 72:10)

    Sebagai manusia, hendaklah kita bertawakal kepada Allah saja. Bagi-Nya-lah segala apa yang di langit dan di bumi. Sesungguhnya apa yang mereka sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepada mereka.

    Dan jika anda bingung dalam memilih usaha apa yang baik bagi anda, maka shalatlah dan mintahlah rezki itu di sisi Allah, dan beribadahlah kepada-Nya dan bersyukurlah kepada-Nya.

    Selamat bekerja.

    One Comment leave one →
    1. August 23, 2011 5:35 am

      artikelnya bagus
      & penuh makna…:)

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: