Skip to content

Beberapa Petunjuk Dalam Menggapai Cita-cita

January 22, 2011

بسم الله الر حمن الر حيم

Sodara-sodara, sebagai muslim seharusnya kita punya suatu cita-cita. Yaitu dengan tujuan agar keadaan kita di masa depan lebih baik dari pada sekarang ini. Dan ketahuilah, seseorang hari ini disebut sukses apa bila hari ini dia lebih baik dari hari kemaren.

Contoh: “Iedul-Adha kemaren saya tidak Qurban karena saya tidak punya dan tidak mampu membeli hewan Qurban. Maka saya punya cita-cita bahwa saya akan melaksanakannya pada Iedul Adha yang akan datang.”

Contoh lainnya: “Tahun ini saya ingin punya toko untuk jualan di pinggir jalan raya”

Kita bisa memiliki cita-cita seperti itu atau yang lebih besar dari itu. Maka yang harus kita ketahui adalah bagai mana cara kita menggapainya?

Karena apa yang mereka sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepada mereka; maka yang harus kita lakukan dalam menggapainya ialah:

1.  Carilah rezki disisi Allah, karena Allah-lah yang menciptakan manusia dan Allah-lah yang memberi rezki kepada mereka

2. Beribadahlah kepada Allah.

Perhatikanlah ayat berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

  • Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendo’a apabila ia berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. 2:186)
  •  

    Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa jika kita memohon sesuatu kepadaNya maka kita harus memenuhi segala perintahnya. Makanya kita harus beribadah pada-Nya. karena tidaklah Allah menciptakan kita kecuali untuk beribadah.

    3. Bersyukurlah kepada-Nya.

    Setelah kita berusaha mencari rezki disisi-Nya dan beribadah pada-Nya maka yang ketiga bersyukur kepada-Nya.

    وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

  • Dan takala Rabbmu mema’lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. 14:7)
  •  

    Demikianlah, dan dalam menggapai cita-cita ini, kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Harus berusaha mencari Rezki dan beribadah agar Allah mengabulkan keinginan kita dan bersyukur kepada-Nya agar Allah menambah ni’mat kepada kita.

    Hadirin, namun sebelumnya kita harus berfikir terlebih dahulu tentang keinginan kita. Apakah kita hanya bercita-cita agar mendapatkan kebaikan dunia, atau agar mendapat kebaikan di akhirat?

    مَّن كَانَ يُرِيدُ ثَوَابَ الدُّنْيَا فَعِندَ اللَّهِ ثَوَابُ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ سَمِيعًا بَصِيرًا

  • Barangsiapa yang menghendaki pahala dunia, maka disisi Allah-lah pahala dunia dan akhirat. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. 4:134)
  • Apakah ada orang yang beribadah kepada Allah karena menginginkan kebaikan di dunia ini?

    Mari kita perhatikan contoh Do’a orang yang menginginkan kebaikan dunia ini setelah melaksanakan ibadah haji dalam ayat berikut:

    فَإِذَا قَضَيْتُم مَّنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ

  • Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang mendo’a: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. (QS. 2:200)
  • Hanya memberi tahu bahwa jika cita-cita kita adalah mengharapkan kebaikan dunia maka hasilnya akan seperti ini:

    مَن كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ

  • Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. (QS. 11:15)
  • أُولَـٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ

  • Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan (QS. 11:16)
  • Demikianlah bahwa, jika kita ingin pahala di dunia ini maka Allah akan mendatangkannya. Dan jika kita ingin mendapatkan pahala di Akhirat maka Allah pun akan mendatangkannya. Maka fikirkanlah terlebih dahulu tentang apa sebenarnya yang kita harapkan?!.

    Dan hadirin, tentu  yang lebih baik adalah kita mengharapkan kebaikan di dunia ini dan juga kebaikan di akherat. Yaitu dengan cara berjuang di jalan Allah, seperti para Nabi yang Allah anugerahkan kepada mereka pahala mereka di dunia dan kelak di akherat karenanya.

    perhatikanlah ayat berikut:

    وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَن تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُّؤَجَّلًا ۗ وَمَن يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَن يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

  • Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (QS. 3:145)
  • وَكَأَيِّن مِّن نَّبِيٍّ قَاتَلَ مَعَهُ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا لِمَا أَصَابَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا وَمَا اسْتَكَانُوا ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

  • Dan berapa banyak nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (QS. 3:146)
  • وَمَا كَانَ قَوْلَهُمْ إِلَّا أَن قَالُوا رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

  • Tidak ada do’a mereka selain ucapan: “Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-berlebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (QS. 3:147)
  • فَآتَاهُمُ اللَّهُ ثَوَابَ الدُّنْيَا وَحُسْنَ ثَوَابِ الْآخِرَةِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

  • Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS. 3:148)
  • 8 Comments leave one →
    1. January 26, 2011 5:57 pm

      Terima kasih pelajarannya,…salam dari pekalongan.

    2. F.o.Y permalink
      January 31, 2011 10:15 am

      jika keinginan tercapai\gagal solatnya jangan berhenti ya!. Pak Teguh, salam juga dari saya.

    3. August 23, 2011 5:26 am

      thank’s untuk
      ilmunya…:)

    4. February 19, 2012 2:20 pm

      @Budi

      Ini salah satu kiat kita supaya tak gampang di PHK:
      “Siapapun yg memaksa mu berjalan sejauh satu mil,
      Berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.”

      Salam Damai!

    5. akuqzero permalink
      March 30, 2012 8:26 am

      Reblogged this on akuqzero and commented:
      dreams come true

    6. April 7, 2012 6:05 am

      Budi!
      Teruslah bermain bola!

    7. August 18, 2015 3:04 am

      Bud, apa artinya “bahagian ini, tiadalah …”
      … Maka di antara manusia ada orang yang mendo’a:
      “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia”,
      dan tiadalah baginya bahagian di akhirat.
      [QS. 2:200]

      Salam Damai!

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: