Skip to content

Allah akan menguji anda untuk mengetahui apakah anda orang yang benar atau pendusta?

October 13, 2012

بسم الله الر حمن الر حيم

Hadirin, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya berkata “saya beriman” sedangkan mereka tidak diuji, dan nanti akan ketahuan siapa diantara kita yang benar dan siapa diantara kita yang berdusta.

Adapun ujian yang akan diberikan kepada kita itu ada dua. Pertama Ujian yang “baik” seperti dikaruniai istri, anak-anak, harta yang banyak, perhiasan dari emas dan perak, kendaraan pilihan, hewan ternak  dan sawah ladang. dan yang kedua adalah ujian yang “buruk” seperti diiuji dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan dengan ujian inilah nanti ketahuan siapa diantara kita yang benar dan siapa diantara kita yang berdusta.

Contohnya adalah ujian yang diterima Nabi Sulaiman. Allah menguji Nabi sulaiman dengan memberi kekayaan, kekuasaan kekuatan dan kepintaran. maka apakah Nabi sulaiman bersyukur atas apa yang telah Allah anugerahkan baginya, atau kufur seperti Qorun dan firaun?. Jika bersyukur akan ditambah dan jika kufur maka azab Allah sangatlah pedih. Dan alhamdulillah, Nabi sulaiman adalah Nabi yang taat dan patut menjadi contoh bagi siapapun diantara kalian yang saat ini sedang diuji dengan diberi kekuasaan.

Contoh lainnya adalah ujian yang diterima nabi Ayyub. Allah menguji Nabi Ayyub dengan penyakit. Dan Allah menyembuhkan beliau setelah berdo’a. Dan kisah Nabi Ayyub ini dapat menjadi contoh bagi siapa saja diantara kalian yang saat ini sedang sakit. Agar kita bersabar.

Hadirin, baik dan buruk adalah ujian bagi kita. Tentunya diantara kita ada yang lulus, dan ada yang gagal dalam menghadapinya.

4 Comments leave one →
  1. Biαngkαlα permalink
    December 14, 2015 5:44 pm

    JUDUL ARTIKEL: ‘Allah akan menguji anda untuk mengetahui apakah anda orang yang benar atau pendusta?’

    Bukankah Allah Maha Tahu om…mosok buat mengetahui apakah gue orang yg bener apa pendusta kudu di uji…gak maha tahu dunk…??
    Tanpa di uji juga Allah ude tahu siape gue kok tulkagak…!!

    Setahu gue Allah menguji kite adalah buat menempa dan membentuk kite agar lebih teruji dan tahan uji.

  2. January 24, 2016 12:40 pm

    Itulah Ujiannya Bianglala..ketika didepan kita ada perbuatan dosa apa Kebaikan anda memilih yang mana, ketika anda diberikan Materi berlebihan untuk foya, maksiat apa untuk kebaikan apa derma.. ketika kita diberi kesengsaraan…kita memilih bersabar apa marah, apa berbuat dosa, semuanya bisa kagak kita melewatinya dengan sabar dan ikhlas dan tentunya dengan pilihan yang benar menurut ajaranNya, itulah ujian Harian kita, Ujian Moral, Ujian Bathin, Ujian Prilaku, Karena semakin kita bisa menjawab tantangan dengan benar menurut Ajaran Allah Sang Maha Pencipta, semakin tinggi nilai kita dihadapanNya, karena Allah menyukai Manusia Yang sabar, ikhlas, dan berbudi pekerti baik (jujur dan welas asih). Itulah Nilai apabila ingin dekat dengan Sang Pencipta…
    Allah Maha Tahu … benar adanya anda berbuat Dosa apa kebaikan tidak akan ada secuil yang terlewatkan oleh Allah Swt… Justru Nilai yang anda dapat menjadi pembeda anda layak diposisi mana..Nilai A, B, C,D, E Dst….dihadapanNya.. Itulah Ujian Keimanan, Ketaatan, Kepatuhan.. Terhadap Allah Swt, Sebetulnya Kita itu mengikuti perintahNya Kagak…Dan Manusia diberikan Kehendak Bebas untuk memilih Jadi…silaahkan Pilih…dipilih… dipiliiiiiiiiihhhhh….

    • February 25, 2016 6:39 am

      Tapi begitulah manusia, Sob!
      Dr banyak pilihan tertarik pd yg dilarang.
      Spt Adam dan Hawa yg tak kurang buah di Taman.
      Tapi mereka terbujuk memilih yg dilarang oleh Allah.

      Salam Damai!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: