Skip to content

3 ayat yang wajib dijadikan pegangan oleh semua orang yang beriman dalam berjamaah

October 5, 2016

وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعً۬ا وَلَا تَفَرَّقُواْ‌ۚ وَٱذۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ إِذۡ كُنتُمۡ أَعۡدَآءً۬ فَأَلَّفَ بَيۡنَ قُلُوبِكُمۡ فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِۦۤ إِخۡوَٲنً۬ا وَكُنتُمۡ عَلَىٰ شَفَا حُفۡرَةٍ۬ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنۡہَا‌ۗ كَذَٲلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَـٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَہۡتَدُونَ (١٠٣) وَلۡتَكُن مِّنكُمۡ أُمَّةٌ۬ يَدۡعُونَ إِلَى ٱلۡخَيۡرِ وَيَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ‌ۚ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ (١٠٤) وَلَا تَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ تَفَرَّقُواْ وَٱخۡتَلَفُواْ مِنۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلۡبَيِّنَـٰتُ‌ۚ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيمٌ۬ (١٠٥

Hadirin ini adalah 3 ayat yang penting untuk kita hafidz dan insya Allah saya akan menulis beberapa artikel yang berkenaan dengan ayat2 tersebut. apa bila masih ada umur. dan saya berharap semua orang yang beriman yang mengenal 3 ayat ini, mereka nantinya bisa menjadi orang-orang yang memilki jiwa yang senantiasa suka untuk mendamaikan manusia dalam urusan mereka.

apapun saran hadirin tentang 3 ayat ini saya akan senang membacanya,

11 Comments leave one →
  1. foy permalink
    October 5, 2016 5:29 am

    Upaya untuk mempersatukan Ummat dan mendamaikan manusia dalam urusan mereka.
    artikel-artikel seperti itu harus ada. insya Allah bermanfaat

  2. a Adam permalink
    October 5, 2016 5:44 am

    كَانَ ٱلنَّاسُ أُمَّةً۬ وَٲحِدَةً۬ فَبَعَثَ ٱللَّهُ ٱلنَّبِيِّـۧنَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ وَأَنزَلَ مَعَهُمُ ٱلۡكِتَـٰبَ بِٱلۡحَقِّ لِيَحۡكُمَ بَيۡنَ ٱلنَّاسِ فِيمَا ٱخۡتَلَفُواْ فِيهِ‌ۚ وَمَا ٱخۡتَلَفَ فِيهِ إِلَّا ٱلَّذِينَ أُوتُوهُ مِنۢ بَعۡدِ مَا جَآءَتۡهُمُ ٱلۡبَيِّنَـٰتُ بَغۡيَۢا بَيۡنَهُمۡ‌ۖ فَهَدَى ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لِمَا ٱخۡتَلَفُواْ فِيهِ مِنَ ٱلۡحَقِّ بِإِذۡنِهِۦ‌ۗ وَٱللَّهُ يَهۡدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ صِرَٲطٍ۬ مُّسۡتَقِيمٍ
    mungkin harus diawali dengan pembahasan tentang ayat yang serupa dengan ini, ayatnya banyak dan hampir mirip. dan mungkin harus menjelaskan tentang beberapa penyebab perpecahan seperti penyakit dengki dan juga solusinya atau obatnya.

    • foy permalink
      October 5, 2016 6:00 am

      jujur saja, kalo punya kemampuan dan keberanian kita bahas saja tentang masalah yang hadir di indonesia, tapi musti hati2 juga dalam merangkai kata,

    • budi M permalink*
      October 5, 2016 6:58 am

      😉 mungkin pembahasan ayat dulu ya

  3. bud permalink*
    October 5, 2016 3:52 pm

    memang sekarang ini zaman dimana silaturahmi itu mudah dilakukan lewat blog misalnya, saya sendiri jadi banyak kenalan disini, belum di blog yang lain. kenal dengan beberapa orang yang ilmu atau pengalamannya saya kira bisa sangat bermanfaat untuk ummat.

    saya ingin kenal lebih dekat dengan orang 2 yang suka berbagi ilmu di blog ini, bahkan kalo bisa sampai maen kerumah mereka bila perlu. yang saya bayangkan, mereka yang berbagi ilmu walau hanya dengan berkomentar, saya lihat mereka itu seperti sedang menanam sesuatu yang hasilnya akan mereka rasakan cepat atau lambat. dan hasil yang akan mereka peroleh saya kira tak kalah hebatnya dengan orang yang bersedekah dengan uang. asal niatnya karena Allah dan apa yang disampaikan adalah ajaran yang benar

    jadi saya kira ayat 104 nya bisa kita amalkan disini. insya Allah

    adapun ayat 105-nya ini saya hanya bisa berharap, kita yang hadir di sini tidak termasuk di dalam golongan tersebut

    betul a, adam, mungkin saya harus fikirkan kedepan, tentang beberapa ayat yang membahas tentang masalah perdamaian manusia. PR besar ummat islam nih kayanya

    • October 6, 2016 12:23 pm

      saya kira untuk contoh kasus walaupun tidak dibahas secara rinci juga ga jadi masalah, yang terpenting kita harus berusaha menjelaskan kepada mereka inti dari ke 3 ayat tersebut supaya mereka dapat bersikap yang baik. saat mereka hidup bermasyarakat di lingkungan sosial masing2 atau di organisasi mereka masing masing.

    • October 6, 2016 12:29 pm

      pak ustadz saya mau tanya nih kan di tempat saya kalo ada yang meninggal suka ada tahlilan dan ada juga yang nggak tahlilan. itu gimana sih sikap yang gak tahlilan kalo mereka diundang?

      • Budi Muhammad N permalink*
        October 6, 2016 1:05 pm

        beribadahlah sesuai dengan ilmu yang kita fahami, itu butuh proses,
        yang tahlilan jangan marah kalo orang yang diundang tidak hadir.

        jika di samping kita ada anak kecil misalnya anak yang berumur 6 tahun, dan di samping kita ada juga orang tua yang umurnya misalnya sudah 40 tahun yang baru masuk islam. jika kita melihat mereka ada melakukan gerakan solat yang berbeda dengan kita, atau mereka salah saat membaca ayat2 al-Qur’an. maka kita jangan mengutuk mereka. ini yang saya maksud beribadah sesuai dengan yang kita fahami.

        begitu pula dengan sikap kita terhadap orang-orang disekitar kita, ber prasangka baik dulu aja, anggap mereka belum tau apa yang sudah kita tau. itu butuh proses

    • LOL permalink
      October 6, 2016 12:36 pm

      eh a. Adam…
      nih di tempat sayah juga sama, gimana nih pak ustadz, masalah solawat, solawatnya katanya ada yang harus pake sayyidina dan pendapat yang lain jangan pake sayyidina. tolong jelaskan sikap saya harus gimana kalo ngobrol dengan mereka?

      • Budi Muhammad N permalink*
        October 6, 2016 1:22 pm

        sikap kita saat ngobrol bareng biasa aja, kalo mereka bertanya jawab. kalo tidak bisa jawab atau tidak tau dalilnya lebih baik diam.

        sayyidina itu suatu penghormatan, yah untuk penghormatan tidak apa 2 menurut saya, tapi tidak semuanya kata sayyidina itu boleh kita pakai. seperti dalam kalimat sahadat dalam adzan, Ash-hadu anna Muhammadan Rasulullah. pas melafadzkan Muhammadnya di situ tidak boleh diawali dengan sayyidina.
        yah seperti itulah kira 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: